Logo Logo

8 Cara Membersihkan Make Up, Ampuh dan Bersih!

Kulit berjerawat bisa timbul akibat malas membersihkan makeup lho! Sebelum terlambat, kenali cara membersihkan make up yang benar di sini.

Ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat? Mudah saja kok, Teman Senka! Paastikan setiap beraktivitas dan menggunakan riasan langsung membersihkannya dengan tuntas. Gimana caranya? Yuk, lihat cara membersihkan make up selengkapnya di sini.

1. Pastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

First thing first, Teman Senka perlu memastikan bahwa kedua tangan telah dicuci bersih sebelum mulai membersihkan wajah. Tangan yang kotor bisa membawa kotoran ke kulit kamu dan memancing munculnya bakteri yang menyebabkan beragam masalah kulit. 

Beri sedikit sabun pada telapak tanganmu, lalu gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan gerakan melingkar. Jangan lupa, pastikan kedua punggung tangan dan sela jari digosok hingga bersih. Terakhir, kunci ujung jari secara bergantian, bilas pakai air mengalir dan keringkan tangan pakai permukaan kain yang bersih. Baru deh kamu bisa melanjutkan cara membersihkan make up berikutnya!

2. Hapus Pakai Make Up Remover

Cara membersihkan make up yang tepat ialah dengan double cleansing (teknik membersihkan muka sebanyak dua kali). Kamu dapat mengawalinya dengan penggunaan make up remover yang lembut sesuai preferensi atau jenis kulit, seperti water-based cleanser, oil-based cleanser, dan milk-based cleanser. Lalu, tuangkan make up remover ke cotton bud atau kapas dan usap ke seluruh area wajah hingga tuntas.

Psst, bagi kamu yang bingung dalam memilih produk make up remover berdasarkan jenisnya, Senka Indonesia menyediakan varian produk yang bisa kamu pilih, yaitu: 

  • Water-based cleanser: A.L.L. Clear Water Vibrant White (normal to sensitive skin) dan A.L.L. Clear Water Anti Shine (normal to oily skin). 
  • Oil-based cleanser: A.L.L. Clear Oil dan A.L.L. Clear Oil Whip (all skin types).
  • Sheet cleanser: Senka A.L.L Clear Sheet (all skin types). Cleansing wipes atau tisu pembersih wajah dari Senka ini memiliki kemampuan dalam membersihkan kotoran dan make up (termasuk yang waterproof sekalipun).

3. Steam Pakai Uap

Make up sudah dibersihkan? Ini saatnya kamu steam pakai uap agar pori-pori wajah terbuka, Teman Senka. Kalau kamu nggak punya alat untuk steam, kamu bisa siapkan baskom berisi air hangat, lalu tundukkan wajah di atas baskom selama satu hingga dua menit. 

Meskipun mengeluarkan usaha ekstra, uap dari air hangat tersebut akan membuka pori-pori wajahmu, sehingga kamu lebih gampang untuk membersihkan wajah dari debu dan sisa make up. Pro tips, tuang beberapa tetes lavender essential oil untuk memberikan efek tenang dan relaksasi. 

4. Bersihkan Wajah Pakai Facial Wash

Tak cukup hanya dibersihkan dengan first cleanser alias make up remover, kamu juga perlu mencuci wajahmu dengan facial wash lembut. Cara membersihkan make up ini disebut double cleansing atau pembersihan ganda, yang terdiri dari dua jenis pembersih wajah untuk mengangkat bekas make up, minyak, dan kotoran pada wajah. Sehingga, kulit wajahmu benar-benar bersih dan terhindar dari masalah kulit yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran dan/atau bakteri.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan lembap alami, kamu bisa percayakan facial wash dari Senka Indonesia. Terdapat beragam varian facial wash yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis kulit wajah. Salah satunya adalah Senka Perfect Whip, facial cleanser nomor 1 di Jepang selama 14 tahun berturut-turut! Apabila kamu bingung dengan teknik pembersihannya, kamu bisa cek video di bawah ini.

5. Bilas Wajah Pakai Air

Setelah mengusapkan facial wash pada wajah, sekarang saatnya kamu membilasnya. Sebaiknya, gunakan air hangat (bukan panas) untuk membilas wajahmu. Air hangat memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di wajah. Hal inilah yang membantu nutrisi dan darah tersalurkan dengan baik ke seluruh sel-sel kulit dan tentunya menjaga kulit tetap sehat. Selain itu, paparan air hangat juga dapat merelaksasi otot-otot di sekitar wajah dan membantu melancarkan pori-pori kulit, sehingga menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.

Lalu, apakah tidak baik menggunakan air dingin? Sebenarnya tidak masalah Teman Senka, asal jangan terlalu dingin juga. Air dingin juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan tekstur kulit dan menyusutkan pori-pori. Namun, kembali lagi kamu bisa sesuaikan kembali sesuai dengan kebutuhanmu ya!

6. Keringkan Pakai Handuk 

Mungkin sebagian besar dari Teman Senka merasa bahwa ini hal sepele. Namun, apabila keliru dan terus-menerus dilakukan justru akan mengakibatkan kulit wajah menjadi rusak. Agar tekstur wajah terjaga, keringkan wajahmu bukan dengan diusap/digosok, melainkan ditepuk-tepuk secara lembut. Sehingga, tidak cepat muncul keriput dan garis-garis halus. Selain itu,  pastikan juga menggunakan handuk bersih dan lembut atau tisu khusus wajah.

Psst, apabila kamu hendak melanjutkan skincare routine, sebaiknya biarkan kulit tetap semi-basah atau lembap, karena dengan begitu kulit pun juga akan terjaga kelembapannya dan tidak kaget ketika menerima skincare.

7. Aplikasikan Toner

Sebenarnya poin ini opsional, tapi akan lebih baik dilakukan. Dengan mengaplikasikan toner, dapat membantu menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel setelah proses pembersihan. Selain itu, toner juga dapat membantu mengurangi penetrasi kotoran dan bahkan membantu menghilangkan klorin dan mineral yang ada dalam air keran. Namun, hal ini juga tergantung ingredients dari toner yang kamu pilih, ya.

8. Pakai Sheet Mask

Setelah dibersihkan, nutrisi kulitmu dengan menggunakan sheet mask. Essence di dalam sheet mask mengandung antioksidan yang baik bagi kulit, sehingga skin barrier terjaga, dan wajah jadi tampak lembap. 

Itu dia delapan cara membersihkan make up dengan tepat yang bisa kamu lakukan agar kulit wajahmu tetap bersih dan terjaga kesehatannya. Apabila kamu tertarik untuk mencari make up remover dan facial wash dari Senka Indonesia, bisa langsung kunjungi Senka Official Store dan nikmati varian favoritmu dengan penawaran spesial!

Glosarium:

  • Water-based Cleanser: Produk pembersih berbahan dasar air yang dapat membersihkan wajah.
  • Oil-based Cleanser: Produk pembersih wajah berbahan dasar minyak yang membantu dalam mengangkat kotoran, debu, serta makeup waterproof
  • Skin Barrier: Lapisan terluar kulit yang melindungi kulit dari faktor risiko kerusakan, seperti sinar UV, debu, kotoran, dsb.