Logo Logo

Apa Itu Sebum dan Mengapa Dibutuhkan?

Sering kali sebum atau minyak alami wajah dinilai sebagai pemicu masalah kulit. Tapi, apakah benar begitu? Yuk, ketahui apa itu sebum dan manfaatnya di sini!

Apa Itu Sebum dan Mengapa Dibutuhkan?

Kalau kamu excited tiap dengar info seputar perawatan kulit, pasti udah familiar dengan sebum dong. Istilah yang kerap muncul di deskripsi produk perawatan kulit ini seringkali dianggap sebagai pemicu permasalahan kulit. Padahal, sebum punya peran penting untuk kulit, lho. Agar lebih paham tentang apa itu sebum, yuk simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Sebum

Pada dasarnya, sebum adalah zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit (sebacea) dan berwarna kekuningan. Minyak alami kulit ini terdiri dari beragam komponen, yakni asam lemak, squalene, kolesterol, dan wax ester.

Umumnya, produksi sebum akan meningkat saat seseorang mengalami pubertas akibat perubahan hormon. Pada pria, hormon yang mempengaruhi peningkatan sebum adalah hormon androgen, sedangkan pada wanita dipengaruhi oleh dua hormon, yakni androgen dan progesteron. 

Manfaat Sebum

Sebagai minyak alami, sebum memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit, di antaranya:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Tahukah kamu,bahwa sebum mampu mengunci kelembapan kulit agar tetap elastis? Minyak alami yang kerap jadi pelumas ini ternyata berguna untuk menjaga kulit wajah agar tetap kenyal dan elastis loh, Teman Senka! 

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Seperti yang udah kita ketahui bersama, salah satu komponen penyusun sebum adalah squalene yang terdiri dari trigliserida dan ester lilin, serta berasal dari kelenjar minyak sebaceous pada kulit. Nah, squalene ini terbukti mampu melindungi kulit dari efek jahat sinar ultraviolet (UV) loh. Dengan begitu, secara nggak langsung, sebum juga berguna untuk mencegah Teman Senka dari efek penuaan dini setelah beraktivitas di luar ruangan seharian.

3. Mencegah Pertumbuhan Bakteri di Kulit

Karena letaknya di lapisan terluar kulit, sebum juga dapat berfungsi sebagai salah satu benteng pertahanan alami dari serangan bakteri, lho. Zat berminyak berwarna kekuningan ini ternyata dapat menjaga pH alami kulit agar tetap berada pada kisaran normal, yakni pH 4,5-6,0. Nah, apabila kadar pH normal, bakteri dan jamur pun jadi ogah nongkrong di kulit kita, hihi!

Akibat Sebum Berlebih

Meskipun memiliki beragam manfaat yang baik bagi kulit, kamu tetap perlu menyeimbangkan kadar sebum agar tetap dalam batas normal. Bila kadar sebum terlalu sedikit, kulitmu akan kering dan rentan terkena penuaan dini. Sedangkan, kalau produksi sebum berlebihan dan disertai dengan penumpukan sel kulit mati, maka pori-pori wajah akan tersumbat dan memicu bakteri untuk berkembang di sekitar folikel rambut. Apalagi kalau dibiarkan gitu aja, lama-lama kulit akan meradang dan jerawat pun timbul. Tentunya, nggak mau kan hal ini terjadi pada kulit wajahmu? 

Nah, salah satu cara supaya kadar minyak di wajah tetap normal adalah memilih facial wash yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan.

Senka face wash bisa jadi pilihan yang tepat untuk merawat berbagai jenis kulit wajah karena memiliki banyak varian yang bisa digunakan perempuan Indonesia. Selain punya busa berlimpah yang nyaman digunakan, produk Senka juga bebas dari animal test dan paraben, sehingga bisa dipakai untuk pemilik kulit sensitif sekali pun. 

Apabila masih bingung memilih varian Senka yang tepat, nggak usah khawatir! Kamu bisa kunjungi Ask Senka atau DM ke Instagram Senka Indonesia untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.