Logo Logo

Ketahui Apa Itu Collagen dan Manfaatnya bagi Kulit Wajah

Dikenal baik untuk merawat wajah, collagen mampu meningkatkan elastisitas sehingga kulit jadi lembap dan kenyal. Lantas, apa itu collagen? Cek infonya di sini, yuk!

Kalau kamu skincare enthusiast, pasti nggak asing dong ya dengan collagen. Namun, tahu ngak sih kalau kandungan yang sering terdapat pada produk perawatan kulit ini ternyata ada di tubuh kita juga, lho. Biar kamu makin paham, yuk, ketahui apa itu collagen pada artikel ini.

Apa Itu Collagen

Pada dasarnya, kolagen (collagen) ini merupakan jenis protein berserat, berjumlah banyak dan nggak gampang larut yang menyokong tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat. Ibaratnya nih, collagen ini menyerupai ‘lem’ yang ada di pembuluh darah, gigi, dan kornea mata, yang gunanya untuk merekatkan tubuh jadi satu kesatuan utuh. 

Selain sebagai perekat, collagen ini juga bisa memperkuat tulang, mempercepat regenerasi sel yang terluka, serta melenturkan jaringan tendon dan kulit. Kalau collagen tercukupi, kulit jadi kencang dan lentur deh!

Manfaat Collagen untuk Wajah

Teman Senka kan sudah tau ya apa itu collagen. Nah, sekarang kita bahas manfaatnya bagi wajah, yuk! Di antaranya adalah:

1. Menghaluskan Kulit

Punya kulit yang halus jadi impian banyak orang. Begitu juga dengan Teman Senka, bukan? Nah, makanya penting banget untuk memenuhi kebutuhan collagen sebagai komponen terpenting di lapisan dermis kulit. Sebab, seiring bertambahnya usia, kadar collagen di wajah pun berkurang dan membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Kalau hal tersebut terjadi, tekstur kulit jadi semakin terlihat jelas deh. 

2. Mengurangi Kerutan

Tahukah, Teman Senka? Seiring bertambahnya usia, produksi collagen di tubuh jadi berkurang, lho! So, nggak usah heran kalo kulit jadi terasa kering dan timbul tanda penuaan dini, yakni keriput dan garis halus. Soalnya manfaat collagen salah satunya adalah menjaga kekenyalan kulit agar kerutan di wajah dapat berkurang. 

Untuk memenuhi asupannya, Teman Senka bisa mengonsumsi suplemen secara konsisten, menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung collagen, seperti Perfect Whip Collagen In dari Senka atau mengonsumsi makanan berikut ini.

3. Menghidrasi Kulit

Ingin kulit lembut saat disentuh? Well, kamu perlu menstimulasi tubuh agar mampu memproduksi collagen sendiri, Teman Senka. Sebab, collagen bermanfaat dalam menjaga hidrasi kulit wajah sehingga nggak gampang kering. Kalau kulit terhidrasi, pastinya permasalahan kulit, seperti gatal, iritasi, kemerahan, dan pecah-pecah bisa teratasi dengan mudah.

4. Memudarkan Bekas Jerawat

Punya bekas jerawat emang annoying banget ya, Teman Senka. Selain bikin kusam, bekas jerawat ini juga mengganggu penampilan, sehingga kepercayaan diri pun berkurang. 

The good news is, collagen dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Hal ini karena kandungan asam amino, serta protein di dalamnya bantu jaga lapisan epidermis kulit, sehingga bekas jerawat jadi tersamarkan deh.

4 Tanda Wajah Kekurangan Collagen    

1. Terlihat Kusam

Teman Senka, wajah yang kekurangan collagen ditandai dengan tampilan kulit kusam lho. Hal ini terjadi karena protein yang bertugas menjaga lapisan kulit agar tetap kenyal dan cerah kehilangan efektivitasnya. Sehingga, wajah jadi menggelap dan terlihat nggak fresh.

2. Timbul Bintik Hitam

Tanda wajah kekurangan collagen berikutnya adalah timbul bintik hitam atau kecokelatan di area wajah. Ini disebabkan oleh rusaknya protein kulit akibat paparan sinar matahari berlebih, hormon, atau gaya hidup yang kurang sehat yang memicu timbulnya flek atau bintik hitam di wajah. 

3. Ada Garis Halus

Bila kulit wajah kekurangan collagen, maka tekstur kulit akan kehilangan elastisitasnya dan memicu timbulnya garis halus di wajah. Kemunculan ini terjadi oleh berkurangnya produksi collagen yang membentuk jaringan ikat. Bila hal tersebut terjadi, tekstur kulit pun menipis dan mudah kering, sehingga tanda penuaan dini pun terlihat jelas. 

4. Gampang Breakout

Nah, kalau pengurangan protein (collagen) sudah terlalu banyak, permasalahan kulit wajah, seperti jerawat, kering, dan iritasi bisa terjadi akibat berkurangnya produksi minyak alami pada wajah, Teman Senka. 

Itu dia penjelasan apa itu collagen beserta manfaat dan tanda wajah kekurangan collagen yang perlu Teman Senka ketahui. Supaya kulit tetap lembap dan glowing, jangan lupa masukan makanan sumber collagen dalam menu harianmu, menerapkan gaya hidup sehat, serta rutin menggunakan skincare dari Senka yang mengandung collagen ya, Teman Senka. 

Kamu bisa dapatkan semua produk Senka di Senka Official Store yang tersedia di berbagai e-commerce, mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada atau bisa mengunjungi offline Store di Alfamart, Indomaret, Watson, dan lainnya. Last but not least, enjoy your me time and have a great day ahead, Teman Senka.