Logo Logo

Kenali Apa Itu Eksfoliasi dan Caranya Agar Kulit Sehat

Selain paparan sinar matahari, kulit juga bisa kusam karena tidak pernah dieksfoliasi lho. Lantas, apa itu eksfoliasi? Cek jawabannya di sini!

Permasalahan kulit seperti kusam, bruntusan dan wajah belang emang normal terjadi ya, Teman Senka. Soalnya, kulit memang mengalami regenerasi setiap 28 hari, dan bersamaan dengan itu menyebabkan sel kulit mati menumpuk di pori-pori wajah. Kabar baiknya, kamu bisa menjadikan kulitmu terbebas dari masalah itu dan membuatnya cerah merona dengan melakukan eksfoliasi. Lantas, apa itu eksfoliasi? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk, Teman Senka!

Apa Itu Eksfoliasi?

Berasal dari kata exfoliating yang berarti pengelupasan, eksfoliasi adalah tahapan pengangkatan sel kulit mati dari lapisan teratas kulit yang penting dilakukan secara berkala. Mengapa hal ini penting dilakukan? Pasalnya, kulit manusia memproduksi sekitar 500 juta sel setiap harinya, sehingga sel kulit mati tersebut perlu dieksfoliasi agar proses peremajaan tidak terhambat dan sel kulit baru terbentuk.    

Meskipun  terkesan menyakitkan karena kata ‘mengelupas’, but no worries, Teman Senka! Sebab, proses eksfoliasi ini tidak akan mengiritasi kulit apabila dilakukan dengan benar kok. Sesudahnya, bila proses pengelupasan alias regenerasi berjalan lancar, pori-pori wajah jadi bebas dari debu, kotoran, dan polusi yang menyumbat pori-pori. Alhasil, wajah jadi terlihat lebih sehat dan cerah deh.

Tips Eksfoliasi yang Benar

Walaupun bermanfaat bagi kesehatan kulit, Teman Senka perlu mengetahui cara eksfoliasi yang tepat guna meminimalisir risiko iritasi pada wajah. 

1. Cek Kondisi Kulit

Yang terpenting sebelum melakukan eksfoliasi adalah cek kondisi kulit, Teman Senka. Kalo kulit wajah lagi ada jerawat meradang dan luka, baiknya hentikan eksfoliasi terlebih dahulu dan tunggu hingga kondisi kulit membaik.  Kalau dipaksakan, nanti skin barrier kulit jadi rusak dan potensi breakout malah membesar. Tentunya, kamu nggak mau kan punya permasalahan kulit akibat nggak sabaran eskfoliasi?

2. Pilih Produk Eksfoliasi Sesuai Tipe Kulit

Setelah mengecek kondisi kulit, hal yang perlu Teman Senka ketahui selanjutnya adalah memilih produk eksfoliasi sesuai jenis kulit. Sebab, ada banyak jenis eksfoliasi yang beredar di pasaran. Mulai dari scrub, toner dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA), hingga krim yang ada retinol di dalamnya.

3. Hindari Eksfoliasi Terlalu Sering

Sudah punya produk eksfoliasi yang tepat? Kini saatnya buat jadwal rutin eksfoliasi agar kulit nggak over exfoliating, Teman Senka! Normalnya, jadwal eksfoliasi ini ditentukan dari kondisi kulit. Untuk kulit sensitif, kering dan kusam, disarankan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali seminggu. Sedangkan, bila tipe kulitmu normal, kombinasi dan beminyak, coba lakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu pakai produk yang aman digunakan oleh kulit. 

4. Eksfoliasi Wajah dengan Benar

Dalam mengeksfoliasi kulit wajah, Teman Senka perlu menyesuaikannya dengan jenis produk. Bila produk yang digunakan berupa scrub, disarankan untuk mengusap dengan membentuk gerakan melingkar di wajah selama 30 detik dan bilas menggunakan air hangat. Nah, kalau produknya berupa cairan yang dituang di atas kapas, hindari menggosok terlalu kencang supaya kulit nggak lecet dan iritasi ya!

Rekomendasi Produk Eksfoliasi dari Senka

1. Senka Perfect Whip Clay

Mampu mengangkat kotoran di pori-pori wajah, facial foam yang memiliki 5X Brightening Power dan Mineral White Clay ini cocok digunakan bila Teman Senka ingin membersihkan kulit secara mendalam dan maksimal tanpa khawatir terasa ketarik. Soalnya, kandungan White Cocoon Essence dan Double Hyaluronic Acid di dalamnya buat kulit bersih, cerah, namun tetap lembap. Aman digunakan bagi pemilik kulit berminyak sekalipun.

2. Senka Perfect Whip Berry Bright

Kalau varian pembersih wajah dari Senka yang satu ini cocok banget untuk kamu yang ingin mendapatkan kulit cerah bersih. Diformulasikan dengan Mixed Berries (Cranberry & Rapsberry) yang kaya antioksidan dan Japanese Yoshino Cherry Extract, Perfect Whip Berry Bright bisa membantumu mendapatkan rona merah alami (healthy blush) di wajah berkat kemampuan red beads-nya dalam deep cleansing kulit dari sel kulit mati dan kotoran lainnya. So, kulit terlihat bersih dan cerah merona deh!

3. Senka Perfect Whip Acne Care

Kalau produk yang satu ini cocok banget digunakan bagi pemilik kulit berminyak dan kombinasi. Diperkaya dengan kandungan Salicylic Acid yang masuk dalam kategori eksfoliator kimia, Beta Hidroxy Acid (BHA), varian Perfect Whip Acne Care ini mampu mengeksfoliasi kotoran, sel kulit mati, dan minyak di pori-pori wajah. Tak hanya itu, kandungan Kyoto Chamomile Extract-nya juga kaya antioksidan dan antibakteri lho. Sehingga, kerusakan pada kulit dapat dicegah dan terhindar dari iritasi.

Itu dia penjelasan terkait apa itu eksfoliasi beserta tips eksfoliasi yang benar agar wajah jadi bersih dan terbebas dari iritasi. Gimana? Gampang, kan? Biar hasilnya optimal, pastikan kamu melakukannya secara rutin sesuai petunjuk yang Senka berikan ya, Teman Senka!

Oh ya, bila masih ada pertanyaan seputar eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati, bisa langsung DM Senka Indonesia untuk mendapatkan cara perawatan kulit dan rekomendasi produknya. Namun, jika kamu ingin mendapatkan produk yang sudah Senka sebutkan sebelumnya, kamu bisa mengunjungi Senka Official Store atau melakukan pembelian secara offline di Indomaret, Alfamart, Watsons, Guardian, dan masih banyak lagi. Let’s give your skin a healthy glow by cleansing your face with Senka’s products!

Glosarium:

  • Alpha Hydroxy Acid (AHA): Kandungan bahan aktif yang sering ditemukan dalam produk kecantikan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati.
  • Retinol: Bahan perawatan kulit yang ada di produk kecantikan untuk mengobati permasalahan kulit berjerawat.
  • BHA: Senyawa asam yang membantu pengelupasan sel kulit mati (eksfoliasi)