Logo Logo

Penting! Ketahui 4 Bahaya Paraben untuk Wajah

Cegah sebelum terlambat! Pastikan kamu mengetahui bahaya paraben untuk wajah di artikel ini!

“Tenang aja produk kecantikan ini udah paraben-free, kok! Jadi, aman banget untuk kulit!”

 

Tak asing dengan kalimat di atas? Setelah dikatakan oleh banyak orang, kita cenderung merasa aman dan percaya begitu saja tanpa mencari tahu secara jelas apa arti sebenarnya. Well, nggak bisa disalahkan juga karena memang kekuatan dari ‘word of mouth’ sangatlah luar biasa. Supaya kamu tahu apa arti sebenarnya, yuk simak artikel ini sampai habis mengenai paraben dan bahaya dari paraben untuk wajah!

 

Apa itu paraben?

 

Paraben atau p-hydroxybenzoic acid merupakan salah satu zat kimia yang bisa dibilang memiliki fungsi serupa dengan bahan pengawet yang sudah banyak digunakan dalam produk pembersih dan kecantikan. Mengapa? Karena dengan adanya paraben ini dapat membuat produk kecantikan menjadi tidak cepat kedaluwarsa. Biasanya paraben ini ditemui pada produk seperti sabun, sampo, deodoran, pasta gigi, sunscreen, pelembap, lipstik, dan lain-lain.

 

Fungsi paraben

 

Well, paraben sendiri sudah banyak digunakan sebagai pengawet karena mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme, seperti bakteri, lumut, dan jamur yang mungkin berkembang dalam suatu produk. Di mana, memang kebanyakan produk yang menggunakan bahan ini biasanya disimpan di dalam kamar mandi yang lembap. Untuk itu, tak heran banyak perusahaan kosmetik memasukkan kandungan ini dalam produk mereka agar mencegah produk cepat rusak akibat kelembapan.

 

Fun fact, produk yang menggunakan paraben biasanya bisa bertahan lebih dari 2 tahun, lho. Lama juga ya, Teman Senka! Tapi, dengan fungsi seperti disebutkan diatas sepadan nggak sih dengan bahayanya? Yuk, simak bahaya paraben untuk wajah selengkapnya di bawah ini!

 

Bahaya paraben untuk wajah

1. Iritasi kulit

Bahaya paraben bagi kulit yang pertama ialah bisa mengakibatkan kulit menjadi lebih sensitif apabila digunakan terus-menerus. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih rentan mengalami masalah, seperti kemerahan, iritasi, dan gatal. Bisa dibilang ini adalah salah satu efek jangka pendek apabila menggunakan produk yang mengandung paraben.

 

2. Kanker payudara

Untuk hal ini sebenarnya masih menjadi bahan studi lanjutan, Teman Senka. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa efek jangka panjang pemakaian paraben adalah kanker payudara. Dilansir dari 100percentpure.com, diungkap bahwa paraben dapat meniru aktivitas hormon estrogen dalam sel-sel tubuh. Nah, aktivitas estrogenik inilah yang dikaitkan dengan beberapa bentuk dari kanker payudara. Di mana estrogen merupakan hormon wanita yang memiliki peran kontroversial, yaitu dalam proses pertumbuhan payudara normal dan pertumbuhan sel kanker, serta membelahnya.

 

3. Mengganggu kesuburan

Selanjutnya, telah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa paraben meniru aktivitas hormon estrogen. Nah, hal ini juga menjadi masalah pada proses kerja hormon dalam tubuh. Akibatnya, sistem reproduksi, gangguan menstruasi, dan gangguan fertilitas pun menjadi terganggu. Beberapa sumber juga sempat menyebutkan bahwa paraben ini berpotensi mengakibatkan munculnya berbagai komplikasi kehamilan, seperti bayi lahir prematur dan janin yang memiliki berat badan rendah.

 

4. Alergi

Bahaya paraben untuk wajah keempat, ialah alergi. Ketika menggunakan produk yang mengandung paraben tak jarang terjadi alergi seperti gatal, ruam kemerahan, kering dan bersisik, bengkak, nyeri dan melepuh atau seperti terbakar. Masalah-masalah tersebut rentan terjadi terutama bagi pemilik kulit wajah sensitif, penderita eksim, dan psoriasis.

 

 

Nah itu dia empat bahaya paraben untuk wajah yang perlu kamu ketahui, Teman Senka! Semoga dengan informasi di atas kamu jadi bisa lebih teliti dan bijak saat memilih produk skincare, ya! Perlu dicatat, paraben memang memiliki risiko yang tidak baik untuk wajah, akan tetapi hal tersebut terjadi apabila digunakan dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, apabila kamu memang ingin menghindari hal di atas, sebaiknya memilih produk kosmetik dan skincare yang paraben-free, contohnya Senka Indonesia.

 

Tidak hanya paraben-free, seluruh produk pembersih Senka Indonesia juga mampu membersihkan dengan lembut dan membuat kulit wajah tetap lembap alami, lho! Bagi Teman Senka yang masih baru ingin mencoba dan masih bingung memilih varian Senka yang mana, kamu bisa kunjungi Ask Senka untuk mendapatkan rekomendasi skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu, kok. Selamat mencoba!