Logo Logo

Basic Skincare untuk Pemula, Apa Saja Sih?

Masih baru dalam menggunakan skincare? Yuk, ketahui basic skincare untuk pemula agar kulit tetap sehat di sini!

Kulit yang sehat merupakan idaman banyak orang, termasuk remaja. Makanya, penting sekali untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini supaya kulit terawat saat tua nanti. Bagi kamu yang baru mulai menggunakan skincare, yuk ketahui tahapan basic skincare routine di sini!

Apa Itu Basic Skincare?

Ada banyak sekali metode penggunaan skincare yang terkenal, mulai dari 10 step skincare, CSM, dan masih banyak lagi. Nah, bagi pemula, dianjurkan untuk memulai rutinitas dengan basic skincare dulu, supaya mengetahui dasarnya dulu baru dilanjutkan dengan menambahkan produk sesuai dengan kebutuhan kulit. Lantas, basic skincare itu apa sih? 

Basic skincare adalah rangkaian perawatan wajah paling dasar untuk kebutuhan kulit, jenis apapun. 

Mengapa Basic Skincare Penting?

Menjawab pertanyaan di atas, basic skincare itu penting banget, terutama bagi remaja. Soalnya dengan mengetahui basic skincare kamu membangun fondasi kulit yang kuat agar terlindungi dari permasalahan kulit. Selain itu, penggunaan skincare dari paling dasar membuat pengaplikasian produk jadi lebih sederhana, sehingga kamu tidak membutuhkan banyak produk. Cukup pakai produk yang dibutuhkan kulitmu, lalu tambahkan yang lain jika ada keluhan baru.     

Mengenal CTMP, Tahapan Basic Skincare untuk Pemula

Setelah mengetahui apa itu basic skincare dan alasannya, yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah urutan basic skincare untuk pemula. Nah, sebenarnya, step by step-nya nggak banyak kok, cukup empat aja. 

Untuk memudahkan kamu, ada empat step basic skincare mudah yang sudah Senka rangkum untuk kamu terapkan, yaitui CTMP: Cleansing, Toning, Moisturizing, Protecting.

1. Cleansing    

Senka yakin kamu udah tahu dong apa itu double cleansing? Yup, metode pembersihan wajah secara maksimal ini dimaksudkan untuk mengangkat makeup dan kotoran yang sudah menempel di wajah setelah seharian beraktivitas. 

Nah, kalau begitu, apakah cukup cuci muka pakai air saja? Jawabannya, tentu saja tidak, Teman Senka. Kamu perlu membersihkan wajah pakai first cleanser agar minyak, debu, kotoran, dan makeup terangkat, baru deh dibersihkan kembali pakai second cleanser. Nah, karena butuh dua kali pembersihan, makanya dinamakan double cleansing. Untuk rekomendasi skincare untuk double cleansing, kamu bisa intip deretan varian facial wash ini ya!

2. Toning

Urutan basic skincare untuk pemula berikutnya adalah pakai toner. Guna toner di sini adalah untuk membersihkan pori-pori dan sel kulit mati setelah mencuci wajah, menyeimbangkan pH kulit, dan mempersiapkan kulit untuk menyerap skincare selanjutnya dengan optimal.

Kalau kulitmu rentan berjerawat, Senka sarankan untuk memakai toner yang bersifat anti-inflamasi, sehingga peradangan pada jerawat dapat berkurang. Selain itu, penggunaan toner juga membantu kulit dalam menerima kandungan skincare berikutnya.

3. Moisturizing

Toner sudah diaplikasikan, sekarang kamu bisa melanjutkan ke tahap moisturizing atau melembapkan kulit. Tahapan ini perlu dilakukan nggak hanya untuk kulit kering, tetapi untuk kulit berminyak pun juga perlu dijaga juga kelembapan. Selain itu, lapisan perlindungan kulit (skin barrier) perlu terhidrasi supaya dapat berfungsi secara optimal dalam menghalau radikal bebas. 

Untuk jenis pelembap yang digunakan, Teman Senka bisa menyesuaikannya dengan jenis kulit. Bila kulitmu berminyak, kombinasi, dan berjerawat disarankan untuk menggunakan pelembap bertekstur gel yang mudah meresap ke dalam kulit. Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, bisa menggunakan moisturizer bertekstur cream dengan kandungan seperti, Hyaluronic Acid dan Ceramide yang mampu mengunci kelembapan kulit lebih optimal.

4. Protecting

Nah, ini adalah tahap hal terakhir yang nggak boleh dilupakan, yaitu melindungi kulitmu dengan sunscreen, Teman Senka! Soalnya, saat beraktivitas baik di luar, maupun di dalam ruangan, kulit dapat terpapar sinar UV A dan UV B. Apabila kulit wajahmu terpapar sinar matahari terus-menerus tanpa perlindungan, akibatnya kulit bisa mengalami tanda-tanda penuaan, seperti kusam, keriput, dan sebagainya. Untuk itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA++ agar wajah terlindungi secara optimal setiap harinya.

Nah, sekarang udah tahu kan apa saja urutan basic skincare untuk pemula? Kalau hal yang dasar sudah terpenuhi dan merasa butuh produk lainnya, kamu bisa mulai menambahkan satu per satu dalam rangkaian skincare-mu. Kenapa satu per satu? Supaya kulit wajahmu bisa perlahan menerima dan tidak kaget saat meresponnya. Kamu bisa cari urutan pemakaian skincare terlebih dahulu agar tidak keliru dan pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit. Sehingga, kulit jadi bersih maksimal, sehat, dan lembap alami. Let’s reach our skin goals and get #PerfectlyRenewedSkin together, Teman Senka!

Glosarium:

  • CSM: Chizu Saeki Method adalah teknik pengompresan wajah menggunakan hydrating toner.
  • Hyaluronic Acid: Asam hialuronat yang berfungsi untuk melembapkan kulit. 
  • Ceramide: Lemak atau lipid alami yang akan mempertahankan skin barrier agar tetap lembap.