Logo Logo

Ingin Tampil Glowing? ini 9 Buah yang Bagus untuk Kulit!

Siapa sangka, mengonsumsi buah penuh nutrisi bisa membuat kulit kita sehat dan cerah merona. Yuk, cek daftar buah yang bagus untuk kulit pada artikel ini!

Pernah dengan kalimat "you are what you eat"? Yes, nggak hanya berlaku untuk tubuh  saja, tapi kalimat ini berlaku juga untuk kesehatan kulit wajah kita, lho. Apabila makanan yang kita konsumsi bergizi dan penuh nutrisi, otomatis kulit pun pasti ikut ternutrisi dari dalam dan terpancar dari luar kecantikannya. Salah satunya adalah mengonsumsi buah yang bagus untuk kulit. Apa saja jenis buahnya? Langsung simak di bawah ini!

 

1. Tomat

Tomat menjadi buah pertama yang Senka rekomendasikan untuk kulitmu. Selain rasanya yang segar, buah tomat juga memiliki banyak banget manfaat yang bisa didapatkan oleh kulit kita nih, Teman Senka!

  • Pertama, buah tomat mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam dengan kandungan kalium dan vitamin C yang dimilikinya.
  • Kedua, kandungan likopen dalam tomat juga mampu berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh untuk menjaga kulit tetap awet muda dan terhindar dari berbagai kerusakan kulit.
  • Terakhir, tomat memiliki sifat astringen yang mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga kulit terhindar dari masalah jerawat, komedo hitam dan komedo putih.

 

2. Pepaya

Selain terkenal dapat membantu masalah pencernaan, pepaya juga memiliki banyak kandungan penuh nutrisi yang baik untuk kulit seperti vitamin A, C, K dan E, beragam vitamin B, kalsium, fosforus, kalium dan magnesium. Berbagai kandungan dalam buah pepaya ini saling bekerja sama dalam meningkatkan elastisitas kulit serta mengurangi garis halus dan kerutan sehingga kulit menjadi awet muda. Selain itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang mampu mencegah penuaan dan peradangan pada kulit.

 

3. Jeruk

Selain terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi sehingga dapat mencerahkan kulit wajah, ternyata buah jeruk memiliki banyak fungsi baik lainnya untuk kulit! Di antaranya adalah melembapkan kulit dengan minyak alami yang terkandung di dalamnya, mengangkat sel kulit mati dan mengeringkan jerawat karena mengandung asam sitrat yang baik bagi kulit, serta kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sehingga proses penuaan dini pada kulit terhambat.

 

4. Kiwi

Jika kamu ingin memiliki kulit kenyal, kencang serta awet muda, salah satu buah yang bisa kamu konsumsi adalah kiwi. Ya, buah asal Selandia Baru yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi untuk bantu meningkatkan produksi protein kolagen pada kulit. Dengan memiliki protein kolagen yang cukup, maka kulit juga akan terjaga kekencangan dan kelembapannya, sehingga tampak awet muda. Selain itu, kiwi juga mengandung asam lemak omega 3, yang dapat mencegah infeksi pada kulit.

 

5. Semangka

Buah yang bagus untuk kulit selanjutnya adalah semangka. Buah menyegarkan mampu melembapkan dan mengencangkan kulit dengan kandungan air yang tinggi di dalamnya, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti kulit kering, kusam, dan kendur dengan kandungan karoten yang terkandung di dalamnya.

 

6. Pisang

Buah pisang sangat terkenal kemampuannya dalam membantu nyeri ulu hati akibat penyakit lambung. Siapa sangka, buah berwarna cerah satu ini juga kaya akan vitamin A, B, C serta zinc dan kalium yang memiliki segudang manfaat bagi kulit. Di antaranya adalah mencerahkan, melembapkan, mencegah minyak berlebih muncul pada kulit, serta melawan infeksi bakteri dan mencegah timbulnya jerawat.

 

7. Apel

Pernah dengar istilah “One apple a day, keeps the doctor away”? Ternyata, selain mampu mencegah berbagai penyakit pada tubuh, buah apel juga sangat bagus untuk kesehatan kulit kita, Teman Senka! Apel mengandung vitamin C serta kadar air yang sangat tinggi untuk menjaga kulit kita agar tetap cerah, lembap, dan kenyal.

 

8. Alpukat

Yes, you read it right! Selain memiliki kandungan lemak baik yang tinggi, alpukat juga kaya akan vitamin C dan E yang dapat menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit tampak cerah merona. Nggak hanya itu, Teman Senka. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari sinar UV yang bisa sebabkan penuaan pada kulit.

 

9. Delima

The last but not least, delima. Dikenal dengan nama lain yaitu pomegranate, buah berwarna merah cerah ini memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kulit karena berbagai kandungan di dalamnya.

  • Pertama, buah delima dipercaya dapat mencegah munculnya garis halus dengan kandungan asam ellagic asam punicic di dalamnya.
  • Kedua, buah delima memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk mencerahkan wajah.
  • Ketiga, buah delima mampu mencegah timbulnya jerawat serta menyembuhkan penyakit kulit eksim dan psoriasis, dan bahkan melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker kulit, karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

 

 

Wow! Banyak banget ya Teman Senka, manfaat sembilan buah di atas yang baik untuk kulit kita! Coba Teman Senka ingat-ingat lagi deh, apakah Teman Senka sudah cukup mengonsumsi buah setiap hari untuk menjaga tubuh dan kulit kita tetap sehat? Jika jawabannya ya, maka tetap lanjutkan! Namun, jika belum, tidak ada kata terlambat untuk memulai hal baik kok, Teman Senka! Hihi.

 

Oh ya, Senka Indonesia mau ngingetin, selain mengonsumsi buah dan makanan tinggi vitamin dan nutrisi, beristirahat yang cukup, serta rajin olahraga, merawat tubuh dari luar juga sama pentingnya, ya! Beberapa rutinitas yang wajib kamu lakukan setiap hari di antaranya adalah melakukan double cleansing dan menggunakan sunscreen, agar kulit terhindar dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo, kulit kering, dan lainnya. Nah, untuk memenuhi rutinitas double cleansing-mu, kamu bisa memilih rangkaian produk Senka yang tersedia dalam banyak varian, nih! Senka memiliki sederet makeup remover serta facial foam yang lembut di kulit untuk menjaga kulitmu agar tetap bersih, lembut, dan cerah. Dan, kabar baiknya, kamu nggak perlu khawatir kebingungan mencari produk Senka mana yang tepat, karena kamu bisa mengetahuinya langsung dengan mengkonsultasikannya di Ask Senka!