Logo Logo

Tanpa Efek Samping, Ini Dia 9 Cara agar Kulit Putih

Punya kulit putih memanglah idaman. Tak jarang, banyak orang mencoba kiat instan tanpa memikirkan efeknya. Supaya aman, cek cara agar kulit putih di sini!

Kalau ditanya soal skin goals, memiliki kulit yang putih berseri dan sehat seperti wanita Jepang, ialah impian bagi banyak perempuan, khususnya di Indonesia. Namun sayangnya, paparan sinar matahari dan polusi yang cukup tinggi di Indonesia berpotensi memicu permasalahan kulit, seperti kusam, menggelap, dan belang. Supaya warna kulit tetap cerah dan rata, lalu harus bagaimana ya? 

Tenang aja. Setelah membaca cara agar kulit putih dan sehat yang telah Senka buat, kamu bisa kok mencegah dan mengatasi masalah tersebut dan segera mendapatkan kulit idamanmu. Yuk, langsung simak cara selengkapnya di bawah ini!

1. Bersihkan Wajah secara Rutin

Cara agar kulit putih adalah memperhatikan kebersihan kulit dengan rutin melakukan double cleansing. Ini penting dilakukan, sebab double cleansing mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah dengan menyeluruh. Untuk memulainya, pertama-tama gunakanlah makeup remover dan lanjutkan dengan pemakaian pembersih wajah yang lembut  sesuai dengan tipe kulitmu ya! 

Sebagai opsi, kamu bisa pakai varian Perfect Whip Vibrant White dari Senka yang mampu mencerahkan kulit. Diperkaya dengan Fuji Sakura Essence, facial foam Senka ini mampu mengontrol produksi melanin di wajah, sehingga bintik hitam tersamarkan.

2. Pakai Toner

Setelah dibersihkan, kamu bisa mempersiapkan kulit wajahmu agar siap menerima rangkaian skincare dengan pakai toner nih, Teman Senka. Selain membersihkan, fungsi toner ini juga mampu menutrisi kulit sekaligus melembapkan. Hasilnya, kulit wajah jadi bersih, lembut, dan cerah.

3. Aplikasikan Pelembap

Cara agar kulit putih berikutnya adalah mengaplikasikan pelembap. Pilihlah pelembap dengan kandungan yang mampu mencerahkan sekaligus melembapkan kulit wajah, seperti Niacinamide dan Gliserol. Biar hasilnya maksimal, oleskan pelembapnya setelah mandi atau mencuci wajah ya, Teman Senka.

Pro tip, kulit yang sedikit basah lebih mudah dalam menyerap kandungan pada skincare.

4. Pilih Kandungan Skincare dengan Aloe Vera

Dikenal mampu menyembuhkan berbagai permasalahan kulit, salah satu manfaat aloe vera adalah membantu proses regenerasi sel berkat kandungan polysaccharides dan carboxypeptidase. Supaya nggak bingung dalam memilih, kamu bisa pakai sheet mask Senka Aqua White Mask - Soothing White yang didalamnya terdapat ekstrak aloe vera dan active brightening. Selain itu, silk cocoon essence alaminya pun bisa bikin kulit lebih putih dan cerah secara instan, lho. 

5. Eksfoliasi Wajah secara Berkala

Cara agar kulit putih yang terpenting adalah melakukan eksfoliasi wajah secara berkala. Kamu bisa pakai eksfoliasi berbentuk scrub atau yang mengandung AHA/BHA sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Tujuannya agar kotoran dan sel kulit mati yang menghambat proses regenerasi sel kulit dan membuatnya tampak gelap terangkat sempurna.  

6. Batasi Paparan Sinar Matahari

Meskipun udah paham tentang efek buruk sinar UV bagi kulit, terkadang sulit ya bagi kita untuk membatasi diri untuk beraktivitas di bawah sinar matahari. Apalagi bila Teman Senka tipikal orang yang aktif bergerak dan sering berada di luar rumah. Potensi kulit menggelap jadi lebih besar deh. Biar nggak makin belang, oleskan tabir surya atau sunscreen saat ke luar rumah ya, Teman Senka. Psst, ingat, butuh waktu lama untuk mengembalikan kulit yang belang. So, mulai sekarang, rutin pakai sunscreen ya!

7. Ubah Pola Makan

Pola makan berdampak pada kondisi kulit lho, Teman Senka. Bila kamu jarang mengonsumsi makanan sehat, maka kulit pun akan cenderung terlihat kusam dan kurang segar. Supaya kulit putih berseri, cukupi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan kaya Vitamin C, seperti kiwi, tomat, jeruk dan mangga. Selain itu juga, sayuran yang mengandung vitamin A diantaranya wortel, brokoli, dan bayam ke dalam asupan makanan harianmu ya.

8. Olahraga

Berikutnya, cara agar kulit putih adalah berolahraga secara rutin. Nggak hanya baik bagi tubuh, olahraga bermanfaat bagi kecantikan kulit berkat kemampuannya dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh. Biar nggak terasa berat, kamu bisa memilih jenis olahraga yang disukai dan lakukanlah secara rutin minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30 menit. 

9. Tidur yang Cukup

Tahukah Teman Senka, tidur yang cukup dapat membuat kulit terlihat putih dan lembap? Hal ini karena saat tidur di malam hari, sel kulit melakukan regenerasi dan menciptakan kolagen, sehingga kulit menjadi ternutrisi. Ditambah lagi, aliran darah yang lancar saat beristirahat membuat nutrisi tersebut tersalurkan dengan baik ke seluruh kulit. Apabila kamu ingin kulit lebih putih dan sehat, cukupi kebutuhan tidur selama 7-9 jam setiap harinya ya, Teman Senka. 

Nah, itu dia sembilan cara agar kulit putih yang bisa kamu terapkan. Cukup sederhana, bukan? Namun, bila dilakukan secara rutin, kamu pun dapat merasakan hasilnya. Makanya, yuk mulai perhatikan kesehatan kulitmu dengan pakai produk berbahan dasar alami, terapkan pola hidup sehat, serta tidur yang cukup biar mendapatkan #PerfectlyRenewedSkin seutuhnya! Hihi.

Glosarium:

  1. Makeup Remover: Produk pembersih yang berfungsi untuk menghilangkan warna pada kosmetik dan kotoran di wajah. 
  2. Gliserol: Senyawa yang mampu meningkatkan kelembapan kulit
  3. Polysaccharides: atau polisakarida, merupakan komponen alami pada kulit yang mampu mengikat dan menjaga kelembapan wajah.