Logo Logo

Cara Awet Muda Secara Alami yang Wajib Diketahui!

Ingin mendapatkan kulit wajah yang sehat dan awet muda? Ketahui dan aplikasikan cara awet muda secara alami berikut ini, yuk!

Kulit wajah yang terlihat awet muda adalah impian banyak orang, khususnya perempuan. Faktanya, impian itu bisa jadi kenyataan apabila kamu dapat melakukan beberapa cara awet muda secara alami di bawah ini. Seperti apa caranya? Yuk, simak langsung di bawah ini, Teman Senka.


1. Perbanyak Minum Air Putih 

Tahukah, Teman Senka? Bahwa 50%-70% massa tubuh kita terdiri atas cairan, yang artinya kondisi dan kelembapan kulit akan ikut berdampak apabila kadar air dalam tubuh tidak tercukupi. Nah, cara membuat wajah awet muda yang pertama ini adalah memastikan kamu telah mengonsumsi air putih sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Dengan memiliki kulit yang terjaga kelembapannya, kulit akan terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan kulit kering. Adapun masalah lainnya yang bisa muncul apabila kulitmu kering, seperti penuaan dini yang memunculkan garis-garis halus, keriput, dan lainnya.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuhmu ya, Teman Senka!Kamu bisa mengetahui kebutuhan kadar air untuk tubuhmu dengan mengukur berdasarkan berat badan dan kegiatan yang dilakukan. Supaya, kulit tetap terhidrasi, kencang, dan tampak awet muda. 


2. Teratur Berolahraga 

Kita semua tentu tahu bahwa untuk mendapatkan kulit dambaan, tidak cukup dari luar saja. Setelah mengonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh, berolahraga dengan teratur juga termasuk ke dalam cara membuat wajah awet muda, Teman Senka. Karena dengan berolahraga, akan membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ vital dan kulit, meningkat. Apabila sirkulasi darah lancar, seluruh organ tubuh pun akan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Sehingga kulit otomatis akan tampak merona dan bercahaya. Selain itu, rutin berolahraga juga mampu memperkecil kerusakan kolagen di dalam tubuh sehingga kulit tetap tampak kencang dan awet muda. 


3. Rajin Membersihkan Wajah 

Ketiga, cara awet muda secara alami adalah dengan rajin membersihkan wajah. Ya,  membersihkan wajah bisa dibilang sebagai cara menjaga kesehatan kulit dari luar paling utama. Setelah kamu beraktivitas seharian, wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak ditempeli oleh debu, kotoran, dan lainnya. Apabila kamu malas membersihkan wajahmu, lambat laun kulitmu akan menjadi kusam, kering, munculnya jerawat, dan masalah kulit lainnya. Jadi, ingat untuk selalu membersihkan kulit wajahmu, terutama setelah beraktivitas seharian, dengan metode double cleansing.

Sebelumnya, pastikan kamu menggunakan facial cleanser dan facial foam yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya, Teman Senka! Selain itu, lakukan gerakan lembut saat membersihkan wajah. Karena tak jarang, kita cenderung tidak sabar atau terlalu bersemangat saat membersihkan wajah sehingga terjadi friksi atau gesekan yang keras antara telapak tangan dan kulit wajah. Apabila hal tersebut diteruskan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah kita, seperti kasar, bertekstur, kemerahan, hingga iritasi. Ugh, nggak banget! 

Kabar baiknya, facial foam Senka Perfect Whip memiliki whip yang besar dan padat. Hal ini berfungsi untuk mengurangi friksi atau gesekan antara telapak tangan dan wajah, serta membersihkan permukaan kulit wajah secara mendalam.


4. Pakai Skincare 

Setelah melakukan ketiga cara awet muda secara alami di atas, kamu bisa memaksimalkannya dengan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan tipe kulitmu. Kamu bisa melengkapi rangkaian perawatan wajahmu dengan toner, serum,moisturizer, dan lainnya yang berfungsi untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Untuk menjaga kulit wajahmu tetap awet muda,  kamu bisa memilih skincare yang mengandung anti-aging agents, seperti retinol, collagen, ginseng, atau niacinamide, sesuai dengan kebutuhan kulitmu. 

Plus, jangan lupa juga untuk selalu mengenakan sunscreen setiap harinya, ya! Karena sunscreen juga berperan penting untuk menjaga kulit wajahmu dari paparan sinar UV berlebih yang bisa menurunkan elastisitas kulit dan memunculkan penuaan dini.




5. Hindari Stress 

Jika kamu sudah melakukan keempat cara awet muda secara alami di atas, selamat ya! Hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga kondisi kulit selanjutnya adalah mengurangi stres. Karena tidak hanya memengaruhi mental saja, tetapi juga akan memengaruhi kondisi fisik kita. Ketika stres, tubuh kita akan merespon dan menyebabkan terganggunya sistem imun. Sehingga tubuh jadi rentan akan infeksi dan kerusakan sel tubuh, seperti gangguan pencernaan dan penuaan dini (cepat kendur, keriput, kusam, kering, dan lainnya).

Hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari dan mengurangi stres, ialah refreshing sejenak. Jauhkan diri dari kegiatan atau hal-hal yang membuatmu stres dengan  melakukan me time secara rutin. Contohnya, melakukan hobi, baca buku, menonton series/film favorit, memanjakan wajah dengan menggunakan sheet mask, atau hal menyenangkan lainnya agar kamu terhindar dari rasa stress. 

Yup, itu dia kelima cara awet muda secara alami yang bisa kamu lakukan, Teman Senka. Meskipun terlihat mudah, tapi kamu perlu pastikan untuk melakukannya dengan rutin, ya! Supaya, kulit wajahmu dapat terjaga kesehatannya dalam jangka waktu yang lama. Because, having youthful skin is possible for everyone! Hihi.