Logo Logo

Simak! Ini 8 Cara Eksfoliasi Wajah di Rumah agar Kulit Sehat

Tak perlu pergi ke klinik kecantikan, kamu sekarang bisa mengeksfoliasi wajah di rumah dengan mudah, lho. Yuk, cek cara eksfoliasi wajah yang benar di sini!

Memiliki kulit kusam dan bertekstur memang menyebalkan ya. Selain bikin nggak pede, makeup jadi susah di-blend karena ada permukaan kulit wajah yang kasar. Nah, kabar baiknya, ternyata kamu bisa mengatasinya dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, Teman Senka!

Tapi perlu diingat bahwa eksfoliasi tak boleh dilakukan asal-asalan. Apabila eksfoliasi yang dilakukan keliru, dapat membuat kulit jadi iritasi dan bahkan dehidrasi akibat kadar kelembapannya berkurang. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara yang tepat agar tidak timbul iritasi pada kulit. Terus, gimana sih caranya? Simak 8 cara eksfoliasi wajah di rumah agar kulit sehat berikut, yuk!

Cara Eksfoliasi Wajah

Mungkin belum banyak yang tau, tapi ada dua cara eksfoliasi wajah yang bisa kamu aplikasikan di rumah, yakni fisik dan kimiawi. Untuk pengangkatan sel kulit mati dengan cara fisik, kerap menggunakan spons dan scrub. Sementara, cara eksfoliasi wajah dengan kimiawi menggunakan bahan kimia yang mampu meluruhkan sel kulit mati tanpa gesekan berlebih. Untuk detailnya, kamu bisa baca artikel ini hingga habis ya, Teman Senka. 

1. Pilih Produk Eksfoliasi Sesuai Tipe Kulit

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin mengeksfolasi wajah adalah memilih produk eksfoliasi sesuai jenis kulit. Untuk eksfoliator bertipe scrub, direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak, kombinasi dan normal. Sedangkan, untuk tipe kulit sensitif dan kering, disarankan menggunakan produk dengan kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA) atau pakai Glycolic Acids, Salicylic Acids, atau Retinoid apabila kulitmu rentan berjerawat.

2. Eksfoliasi Wajah dengan Lembut

Sudah memilih jenis eksfoliator untuk wajah? Langkah berikutnya adalah, ambil produk secukupnya sambil usap dengan gerakan memutar. Ingat, terapkan tahapan ini secara perlahan agar pori-pori wajahmu tidak cedera. Setelah dieksfoliasi selama 30 detik, segera bilas wajahmu menggunakan air hangat dan ikuti cara eksfoliasi wajah berikutnya ya, Teman Senka.

3. Bilas Wajah dengan Air Hangat

Selanjutnya, cara eksfoliasi wajah yang perlu kamu lakukan adalah membilas wajah dengan menggunakan air hangat. Pastikan bahwa air yang digunakan suhunya benar-benar hangat ya, bukan panas yang dapat ditolerir oleh kulit. Air hangat berguna untuk melancarkan peredaran darah, sekaligus membuka pori-pori wajah. Setelah itu, baru deh usap permukaan wajah dengan air dingin hingga benar-benar bersih agar pori-pori menutup kembali. 

4. Keringkan Wajah secara Perlahan

Habis dibilas, cara eksfoliasi wajah berikutnya adalah mengeringkan wajah dengan handuk, Teman Senka. Pastikan bahwa handuk yang akan kamu gunakan bersih, permukaannya lembut, dan hanya diperuntukkan bagi wajah saja. Ini penting dilakukan agar kotoran atau debu dari handuk tidak terbawa saat permukaan kulit telah selesai dieksfoliasi. 

5. Bersihkan Wajah Pakai Facial Wash

Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa bersihkan wajah setelah proses eksfoliasi pakai facial wash dari Senka, Teman Senka. Kamu bisa pakai varian Perfect White Clay yang mampu membersihkan kulit wajah secara menyeluruh sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Cara pakainya pun mudah banget. Cukup basuh wajah pakai air hangat. Ambil 2 cm produk Senka, beri air sebanyak 1 sendok teh, dan putar dengan gerakan memutar hingga busanya besar, padat, dan melimpah. Baru deh aplikasikan ke wajah. 

6. Aplikasikan Produk yang Menghidrasi

Setelah menerapkan cara eksfoliasi wajah di atas, segera aplikasikan produk yang menghidrasi kulit agar tidak kering dan iritasi. Kamu bisa pakai sheet mask dari Senka, seperti Senka Perfect Skin Fit Mask HydratingEX Sea Grape atau Senka Perfect Aqua Bouncy Mask Bouncy Moist yang mampu melembapkan sekaligus menutrisi secara maksimal, sehingga iritasi kulit akibat produk eksfoliasi dapat segera teratasi.

7. Pakai Sunscreen

Tak cukup pakai pelembap, kamu juga perlu menggunakan sunscreen setelah eksfoliasi. Sebab, lapisan kulit mati yang telah terkikis dari permukaan kulit membuat wajah jadi rentan terhadap sinar matahari. Makanya, jangan sampai skip mengaplikasikan sunscreen agar kulit terlindungi dari iritasi dan sunburn ya, Teman Senka. 

8. Terapkan Jadwal Eksfoliasi

Rutin melakukan eksfoliasi memanglah penting tapi kamu tetap perlu mempertimbangkan produk eksfoliasi, tipe dan permasalahan kulit yang kamu miliki, Teman Senka. Bila eksfoliator yang kamu gunakan terlalu keras, kamu dianjurkan untuk memberi jeda beberapa hari hingga jadwal eksfoliasi berikutnya. Soalnya, kulit jadi memerah dan iritasi apabila terlalu sering eksfoliasi. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah eksfoliasi wajah 1-2 kali dalam seminggu.

Itu dia 8 cara eksfoliasi wajah yang bisa kamu lakukan di rumah, Teman Senka. Setelah baca info di atas, sekarang jadi makin semangat lagi untuk merawat kulit supaya halus, lembut, dan kenyal, seperti kulit wanita Jepang! Hihi. Tapi ingat, sebelum melakukan eksfoliasi, kamu perlu memperhatikan dulu kondisi kulitmu, ya. Bila timbul jerawat atau iritasi, Senka sarankan untuk menunda rencana eksfoliasi agar wajah tidak semakin sensitif.

Apabila kamu ingin mengetahui rekomendasi produk Senka sesuai tipe kulit, kamu bisa mengunjungi Ask Senka atau menanyakan langsung di Instagram Senka Indonesia. Last, but not least, happy double cleansing and have a great day ahead, Teman Senka!

Glosarium:

  • Glycolic Acids: Asam yang mampu mengikis sel kulit mati sehingga tidak terasa kasar.  
  • Retinoid: Golongan vitamin A yang digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit.
  • Sunscreen: Produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV.
  • Sunburn: Permasalahan kulit yang timbul akibat paparan sinar matahari berlebih.