Logo Logo

5 Cara Memakai Masker Wajah untuk Hasil Maksimal

Selain praktis, masker juga disukai karena mampu menutrisi kulit secara optimal. Nah, supaya nggak salah, cek cara memakai masker wajah di sini, ya.

Dikenal mampu menjaga kesehatan kulit wajah, masker wajah seringkali dimasukkan dalam rangkaian perawatan kulit. Di mana memang masker wajah juga mampu membantu mencegah beragam permasalahan kulit, seperti jerawat, bekas jerawat hingga kulit kusam karena kemampuannya dalam menutrisi kulit dengan cepat. 

Namun, sayangnya, penggunaan masker wajah di sebagian orang malah tidak memberikan hasil optimal alias gitu-gitu aja. Nah, kalau kamu turut merasakan hal tersebut, artinya kamu perlu cari tahu cara memakai masker wajah yang benar dari awal hingga selesai pada artikel ini, Teman Senka!

Cara Memakai Masker Wajah

1. Bersihkan Wajah

Pertama-tama, cara memakai masker wajah yang tepat adalah diawali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu guna memastikan debu, kotoran, dan sisa makeup terangkat sempurna dari permukaan kulit wajah. Kalau wajah sudah bersih, penyerapan essence hingga pori-pori jadi lebih sempurna deh. Sehingga, Teman Senka bisa mendapatkan hasil yang maksimal pula.

2. Pilih Masker Sesuai Tipe Kulit

Cara memakai masker wajah yang ini mempertimbangkan kondisi kulit, Teman Senka. Soalnya, tiap manusia memiliki tipe kulit yang berbeda, sehingga kandungan yang digunakan pun perlu dibedakan pula. 

Pilihlah masker yang sesuai tipe kulit. Misal, kulit berminyak butuh masker yang mampu membersihkan kotoran secara maksimal. So, direkomendasikan untuk menggunakan butuh masker berbentuk clay atau peel off agar minyak terangkat sempurna. Namun, kalau kamu ingin pakai masker berjenis lembaran (sheet mask), worry not, Senka udah nyiapin rekomendasi masker yang bisa kamu cek di infografis ini, kok!

3. Aplikasikan Masker dengan Tepat

Agar Teman Senka dapat merasakan manfaatnya secara maksimal, kamu perlu tahu cara mengaplikasikannya sesuai jenis masker nih. Untuk masker berjenis cream, gel, dan clay, pakai ujung jarimu untuk meratakan masker ke seluruh wajah dan usahakan untuk menghindari daerah alis, bibir, dan mata ya, Teman Senka. Namun, untuk masker berjenis sheet mask, kamu perlu melepaskan masker dengan perlahan agar lembarannya nggak sobek. Lalu, pasang sejajar dengan wajah dan tekan perlahan deh. 

Psst, pro tip, kamu bisa lho memanfaatkan sisa essence dengan mengoleskannya ke leher, siku, lutut, dan area lainnya yang dirasa kering agar nggak terbuang sia-sia.

4. Batasi Waktu Pemakaian

Apabila masker yang kamu gunakan berjenis wash-off, clay, atau sheet mask, cukup diamkan selama 15-20 menit (hingga setengah mengering) ya, Teman Senka. Kalau kelamaan masker, skin barrier-mu dapat rusak dan berpotensi iritasi. Selanjutnya, tinggal bilas pakai air hangat dan keringkan pakai handuk lembut dengan cara ditepuk perlahan deh!

5. Pakai Pelembap setelah Maskeran

Untuk memaksimalkan penyerapan essence dari sheet mask, aplikasikanlah pelembap setelahnya, Teman Senka. Guna dari pelembap ini adalah sebagai barrier agar bahan aktif pada essence nggak menguap keluar setelah masker diaplikasikan.

Pastikan pilih pelembap yang tepat sesuai jenis masker yang kamu gunakan agar bisa bisa optimal. Contoh, bila menggunakan masker dengan Double Hyaluronic Acid, kamu bisa pakai pelembap bertekstur gel yang ringan di kulit. Sedangkan, kalau masker yang kamu gunakan tipenya clay atau wash off, pakailah pelembap bertekstur krim agar lebih lembap.

Teman Senka, itu dia 5 cara memakai masker wajah yang bisa kamu coba agar hasilnya lebih maksimal. Perlu diingat bahwa, untuk mendapatkan kulit sehat, kamu perlu konsisten karena hasil dari perawatan kulit nggak bisa terlihat dalam sehari.

So, rajin-rajinlah double cleansing pakai makeup remover dan varian facial wash yang sesuai tipe kulitmu, serta rutin pakai sheet mask dari Senka agar wajah bersih dan kelembapan kulit terjaga. Semua produk Senka bisa kamu dapatkan di Senka Official Store ya. Once again, go grab your favorite product and enjoy your ‘me time’ with us, Teman Senka!

Glosarium

  • Essence: Produk perawatan kulit dengan konsentrasi bahan aktif tinggi dan bertekstur cair.
  • Clay Mask: Masker dari tanah liat yang mampu mengangkat kotoran dan mengecilkan pori.
  • Sheet Mask: Masker berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami.
  • Skin Barrier: Lapisan terluar kulit yang berperan sebagai pelindung.