Logo Logo

Beberapa Cara Membaca Expired Date yang Wajib Diketahui!

Memakai skincare kedaluwarsa faktanya bisa memicu timbulnya masalah kulit. Agar terhindar dari hal itu, intip cara membaca expired date dengan tepat, yuk!

Ketika hendak membeli produk, khususnya perawatan wajah, seringkali kita hanya terfokus hanya pada ingredients-nya. Padahal ada hal penting lainnya yang juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Yup, tidak lain dan tidak bukan adalah expired date atau tanggal kedaluwarsa.

Well, mungkin terlihat sepele, tapi hal ini penting banget, Teman Senka! Karena bisa mengakibatkan beragam masalah kulit, seperti munculnya jerawat, iritasi, alergi, kasar, kemerahan, dan sebagainya. Nah, agar terhindar dari masalah kulit tersebut, ada baiknya kamu mengetahui cara membaca expired date dan jenis-jenisnya di bawah ini!

Apa Itu Expired Date?
 

Tanggal kedaluwarsa atau expired date adalah kode berisi informasi mengenai batas maksimal produk aman digunakan. Penulisan kode tersebut berguna agar konsumen aware dalam penggunaan produk setelah dibuka.

Biasanya produk yang telah melampaui tanggal kedaluwarsa akan mengalami perubahan warna, bentuk, hingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kalau dipakai, dapat menimbulkan masalah kulit yang tidak diinginkan lho seperti gatal, kemerahan, alergi, hingga iritasi yang mengganggu. Makanya, penting banget untuk Teman Senka tahu cara membaca expired date supaya terhindar dari dampak buruk tersebut.

Jenis-jenis Expired Date
 

1. Tanggal “Sell by
Pelabelan “Sell by” biasanya menginformasikan tanggal yang ditetapkan produsen untuk memberi tahu pengecer kapan produk harus keluar dari rak. Tujuan dari pelabelan ini adalah untuk memastikan konsumen memiliki produk dengan kualitas terbaik, mulai dari hitungan hari hingga minggu, tergantung pada itemnya. Misalnya, susu, dengan asumsi pendinginan yang tepat, seharusnya dapat bertahan lima hingga tujuh hari setelah tanggal penjualan sebelum berubah menjadi asam.

2. Tanggal “Best if Used by” atau “Best Before
Tulisan yang tercantum di kemasan dengan keterangan ini menandakan kualitas produk tersebut masih sangat baik digunakan sebelum tanggal tersebut. Misal, produk telah melewati tanggal, namun tidak berubah warna/bau, maka masih aman untuk digunakan.

3. Tanggal “Use by
Apabila kamu menemukan produk dengan tulisan “Use by”, itu penanda bahwa tanggal terakhir sebaiknya produk digunakan. Setelah tanggal ini terlewati, Teman Senka, (terutama pemilik kulit sensitif) tidak dianjurkan untuk menggunakannya kembali, sebab kualitas produk sudah menurun jauh.

4. Tanggal Kedaluwarsa atau “Expired
Makna “expired” atau “expiration date” berarti produk tidak layak dikonsumsi setelah melewati tanggal ini, sehingga wajib untuk dibuang. Apabila masih ingin digunakan, risiko yang timbul bisa berupa purging dan breakout.

 

Cara Membaca Expired Date
 

Setelah mengetahui jenis expired date, maka hal yang wajib Teman Senka ketahui adalah cara membaca expired date. Biasanya, petunjuk expired date akan diawali dengan kalimat “sebaiknya digunakan sebelum” atau “exp.” dan diikuti dengan kode terbuka dan tertutup. Bedanya, bila kode terbuka menyertakan tanggal secara jelas, sedangkan kode tertutup perlu pengetahuan khusus untuk memahami informasinya.

Format penulisan tanggal kedaluwarsa dengan kode terbuka bisa bermacam-macam, seperti:

  • Tanggal, bulan, tahun
  • Bulan, tanggal, tahun
  • Tahun, bulan, tanggal.

Contoh ketika kamu memiliki produk pembersih wajah yang sebaiknya digunakan sebelum tanggal 12 November 2023. Maka, penulisan kode pada produk kemasan bisa seperti:

  • 12 November 2023/12 Nov 2023/121123
  • 111223
  • 231112

Selain contoh di atas, bisa jadi kamu akan menemukan tanggal kedaluwarsa yang hanya menyertakan bulan dan tahun saja. Misal, “sebaiknya digunakan sebelum November 2023” atau hanya sekedar “Nov 2023”.

Sedangkan, pada kode tertutup, penulisan tanggal kedaluwarsa lebih rumit lagi karena melibatkan ‘kode sandi’ yang menarik untuk dipecahkan.

Contohnya nih, bulan Januari-Desember kerap ditulis dengan huruf A-L yang diikuti dengan tanggal dan tahun. Jadi, kalo kamu menemukan kode K111123, itu berarti expired date produk jatuh pada 11 November 2023.

Tak hanya itu, expired date juga bisa dihitung berdasarkan urutan hari dalam satu tahun. Contoh, kode 212 berarti dibaca tanggal 31 Juli. Makanya, tak usah heran bila menemukan kode berbeda-beda dalam suatu kemasan. Hal itu lumrah kok, karena nggak ada aturan bakunya.

Nah, itu dia cara membaca expired date beserta jenisnya yang perlu Teman Senka ketahui. Sekarang, gimana kalau mulai sortir macam-macam skincare dan makeup kamu? Supaya kamu terhindar dari dampak buruk penggunaan produk kedaluwarsa.