Logo Logo

Ini 8 Cara Membuat Wajah Awet Muda!

Siapa bilang menjaga kulit wajah tetap awet mudah susah dilakukan? Intip 8 cara membuat wajah awet muda berikut ini, yuk!

Kini nggak hanya glowing saja, tapi kulit wajah yang awet muda pun menjadi idaman bagi banyak perempuan atau bahkan semua orang. Namun, ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan juga saat menjalani aktivitas sehari-hari apabila ingin mendapatkan kulit wajah yang awet muda. Lalu, apa saja dan bagaimana cara membuat wajah awet muda? Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

 

1. Atur Jumlah Konsumsi Gula

Mengonsumsi makanan dan minuman manis seperti cake, donat, atau boba drink memang terasa nikmat. Tapi, tahukah Teman Senka jika mengonsumsi gula tidak hanya meningkatkan risiko penyakit diabetes, tapi juga menyebabkan penuaan dini pada kulit?

 

Saat tubuh mengonsumsi gula yang berlebih, molekul gula yang kita konsumsi akan menempel pada protein kolagen dan elastin, kemudian melemahkan fungsi keduanya. Padahal, dua jenis protein ini sangat penting dalam menjaga keseimbangan kulit kita agar tetap kenyal dan kencang. Jadi, sekarang atur lagi asupan gula yang kamu konsumsi agar terhindar dari berbagai penyakit dan rusaknya jaringan kolagen yang bisa sebabkan penuaan dini, ya.

 

2. Istirahat Cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan tubuh, salah satunya adalah kulit kita. Kenapa? Karena, ketika tidur kulit kita ternyata menghasilkan kolagen lebih banyak yang dapat merangsang kulit melakukan regenerasi. Proses ini sangat penting, agar kulit kita dapat dapat memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak. Sehingga, elastisitas kulit terjaga dan tetap awet muda, deh! Fyi, kurang tidur bisa membuat tubuh kehilangan banyak protein kolagen yang dapat berakibat kulit tampak kendur lebih cepat.

 

Untuk memiliki waktu tidur cukup selama 7-8 jam setiap harinya, Senka punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan, nih:

  • Hindari menggunakan gadget sebelum waktu tidur
  • Jangan berolahraga 2 jam sebelum tidur
  • Hindari konsumsi kafein setelah jam 1 siang
  • Buat suasana tidur yang nyaman: menggunakan lampu tidur yang redup, membersihkan area tidur, dan lainnya

3. Rutin Membersihkan Wajah

Cara membuat wajah awet muda yang ketiga adalah rutin membersihkan wajah setiap hari. Ternyata, rutin double cleansing tidak hanya penting dilakukan agar kulit terhindar dari berbagai masalah, tetapi juga membuat kulit tetap kencang dan terhindar dari kerutan halus, lho. Hmm, kok bisa, sih? Saat beraktivitas seharian, kulit wajah akan terpapar oleh polusi udara, berbagai jenis debu, hingga inflamasi akibat sinar UV. Akibatnya,banyak radikal bebas menempel pada wajah, sehingga dapat merusak jaringan kolagen kulit dan merusak elastisitas kulit kita. Makanya, rutin membersihkan wajah jadi penting banget dilakukan agar kulit terhindar dari radikal bebas yang dapat merusak kulit kita.

 

Oh iya, satu hal lagi yang perlu kamu ingat, nih! Pastikan juga kamu memilih produk pembersih wajah yang tepat, ya! Salah satunya kamu bisa pakai Senka Perfect Whip Collagen In yang mengandung 60% Beauty Collagen yang memiliki banyak manfaat untuk membuat wajah awet muda. Jadi, apa saja manfaat beauty collagen yang ada di dalam Senka Perfect Collagen In? Simak berikut ini:

  • Melembapkan kulit lebih optimal
  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi keriput dan garis halus
  • Meredakan bekas luka pada kulit
  • Menjaga dan enambah elastisitas kulit

 

Banyak banget kan, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Senka Perfect Whip Collagen In? But first thing first, jangan lupa untuk hapus kotoran dan makeup yang menempel dengan makeup remover sebelumnya ya, Teman Senka!

 

4. Teratur Berolahraga

Memiliki jadwal olahraga yang teratur memang membawa banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya membuat kulit tampak awet muda. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh besar dari olahraga dalam memperlambat proses penuaan. Nah, di sini Senka simpulkan dua alasan utama mengapa berolahraga dapat memperlambat proses penuaan dini, yaitu:

 

  • Ketika kita berolahraga, aliran darah pada tubuh akan meningkat drastis dibandingkan saat kita tidak melakukan aktivitas fisik. Aliran darah yang meningkat ini akan membawa lebih banyak oksigen untuk menjaga sel kulit tetap sehat.
  • Kedua, saat kita berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan melepaskan penumpukan sel kulit mati bersamaan dengan keringat. Tidak hanya sel kulit mati, keringat juga membantu membersihkan tubuh dari racun yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit termasuk tanda penuaan.

 

Untuk mendapatkan kedua manfaat di atas dengan optimal, Teman Senka bisa melakukan jenis olahraga apapun yang kamu sukai 3-5 kali dalam seminggu. Kamu bisa melakukan yoga, berlari, bersepeda, zumba, atau jenis olahraga lainnya sesuai dengan preferensi kamu.

 

5. Memijat Wajah

Memijat wajah yang lelah setelah lelah beraktivitas seharian memang terasa menyenangkan. Selain membuat rileks, rutinitas satu ini juga bisa menjadi cara membuat wajah awet muda karena banyaknya manfaat yang diberikan mulai dari meredakan otot wajah yang tegang, melancarkan aliran darah, hingga memaksimalkan kerja skincare yang digunakan. Tenang saja, kamu tidak perlu datang ke salon atau spa dan membayar mahal-mahal untuk mendapatkan pijatan wajah kok, Teman Senka! Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Caranya:

 

  • Letakkan gel aloe vera, atau sisa essence dari sheet mask Senka yang kamu gunakan pada telapak tangan.
  • Aplikasikan essence di wajah secara merata.
  • Berikan pijatan pada bagian di area pipi hingga ke telinga dengan gerakan memutar.
  • Setelah area pipi selesai, berikan pijatan pada bagian mata dengan meletakkan jari-jari tangan di area bawah mata, kemudian rentangkan sudut kedua mata ke arah atas dengan perlahan.
  • Tarik bagian dahi ke atas untuk memperlancar aliran darah dan mengurangi garis halus.
  • Berikan juga pijatan pada area bibir dengan gerakan memutar.
  • Well done, you did it!

 

Langkah memijat wajah di atas bisa kamu lakukan di malam hari sebelum tidur, atau kapan pun ketika kamu membutuhkannya. Yang terpenting, tetap pastikan kamu memijatnya dengan perlahan dan lembut agar kulit tidak kendur dan iritasi.

 

6. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Menjaga sel-sel kulit dari kerusakan serta bebas dari paparan radikal bebas tidak hanya melalui luar saja, melainkan juga dalam tubuh. Salah satu caranya ialah dengan mengonsumsi makanan tinggi oksidan. Kamu dapat mengonsumsi buah dan sayuran seperti bayam, tomat, wortel, semangka dan blueberry untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit, serta menurunkan risiko penuaan dini pada kulit. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan yang tinggi Vitamin C, seperti apel dan jeruk, juga tidak kalah penting untuk merangsang pembentukan kolagen agar kulit tetap kenyal.

 

7. Hidrasi Tubuh dengan Baik

Teman Senka pasti tau kan, bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Makanya, memastikan asupan air putih yang cukup setiap harinya penting banget buat dilakukan agar tubuh dan kulit kita terhindar dari dehidrasi. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh kulit dengan mengonsumsi air putih, seperti mencerahkan kulit karena dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran yang mengendap, serta menghambat terjadinya penuaan dini. Untuk mendapat kedua manfaat tersebut, pastikan kamu mengonsumsi setidaknya 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya, ya!

 

8. Pakai Produk Skincare yang Tepat

Last but not least, cara membuat wajah awet muda yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih produk skincare yang tepat. Untuk menjaga kulit wajahmu awet muda, kamu bisa memilih skincare dengan kandungan Retinol dan collagen yang berfungsi sebagai anti-aging. Retinol atau dikenal dengan Retinoid merupakan kandungan turunan vitamin A yang dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan produksi collagen. Sedangkan, collagen ialah protein yang dapat memberikan kekuatan dan elastisitas kulit untuk membantu pergantian sel kulit mati. Meskipun demikian, pastikan juga kamu tidak menggunakan produk skincare dengan kandungan yang tidak boleh digunakan secara bersamaan di satu waktu yang sama, ya! Karena hal ini tidak hanya membuat skincare yang kamu gunakan sia-sia, tetapi juga dapat menimbulkan reaksi kulit yang tidak diinginkan seperti kulit kering, kemerahan, hingga breakout.

 

Teman Senka pasti setuju dengan pernyataan,‘usaha tidak akan mengkhianati hasil’, bukan? Begitu juga dengan mengaplikasikan 8 cara membuat wajah awet muda di atas. Apabila kamu bisa melakukan dengan rutinSenka yakin,kulit wajahmu bisa tetap sehat, lembap, terhindar dari berbagai masalah kulit dan tentunya awet muda. Oh iya, Teman Senka juga bisa mengetahui banyak tips seputar kulit wajah lainnya melalui Senka Stories yang dijamin bermanfaat!