Logo Logo

Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok agar Tak Salah Beli

Sebelum menyetok skincare, ada baiknya kamu mengetahui cara memilih sabun muka yang cocok agar tak salah beli. Baca artikel ini untuk info lengkapnya!

Memilih sabun muka yang tepat merupakan suatu keharusan. Soalnya, salah memakai produk sekali saja dapat membuat wajah jadi kusam dan berjerawat. Daripada menyesal di akhir, yuk, ketahui cara memilih sabun muka yang cocok pada artikel berikut.

1. Ketahui Jenis Kulit Wajah Terlebih Dahulu

Pertama-tama, kamu perlu mengetahui jenis kulit terlebih dahulu sebelum membeli sabun cuci muka. Sebab, satu sabun cuci muka belum tentu cocok dengan kebutuhan semua jenis kulit wajah.

Cara mengetahuinya, kamu bisa mencuci muka di pagi hari menggunakan air sambil dikeringkan perlahan menggunakan handuk. Lalu, diamkan kulit hingga kering sambil beraktivitas seperti biasa.

2. Cek Kandungan Produk

Setelah mengetahui tipe kulit, cara memilih sabun muka yang cocok selanjutnya adalah dengan mengecek kandungan pada produk. Soalnya, beberapa jenis kandungan tertentu bisa jadi ampuh mengatasi permasalahan kulit, tapi tidak cocok di tipe kulit lainnya.  

Jika jenis kulitmu terasa kering dan kencang, sabun cuci muka yang mengandung collagen bisa jadi opsi agar kulit wajah tetap lembap setelah dibersihkan. Sedangkan, bila kulitmu sensitif, kamu bisa memilih produk dengan kandungan Beauty Serum yang lembut dan mampu menutrisi kulit, seperti Senka Perfect Gel Gentle Wash. Psst, kamu bisa cek review Senka Perfect Gel Gentle Wash di bawah ini, ya!

3. Pilih Sesuai Permasalahan Kulit

Jika sudah mengikuti cara satu dan dua, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih sabun cuci muka sesuai dengan permasalahan kulit. Umumnya, setiap brand telah memiliki produk dengan kategori tertentu. Misal, ditujukan bagi pemilik kulit kusam, berjerawat, dan hiperpigmentasi.

Yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu apa permasalahan kulitmu dan menyesuaikan kembali dengan sabun muka yang tersedia di pasaran. Jika bingung memilih, kamu bisa mencari tahu di Ask Senka atau mengikuti cara memilih sabun muka yang cocok berikutnya. 

4. Intip Review Pengguna

Teman Senka, bisa banget mengintip review atau sekedar konsultasi dengan orang yang pernah menggunakan produk sebelumnya. Soalnya, dari pengalaman orang lain, setidaknya bisa kamu jadikan patokan apakah produk tersebut efektif di tipe dan permasalahan yang serupa dengan kulitmu atau malah sebaliknya. 

Jika baru sekadar ingin tau produk tersebut, Teman Senka bisa mencobanya dengan membeli produk dengan ukuran travel size. Jadi, kalo nggak cocok, produknya tidak terbuang sia-sia deh.

5. Hindari Sabun Muka dengan Kandungan SLS dan Paraben

Sebelum membeli sabun muka, ada baiknya kamu menghindari sabun muka dengan SLS dan paraben. Kandungan tersebut sayangnya bisa memicu iritasi dan breakout apabila kulitmu sensitif lho! Sodium Laureth Sulfate atau yang kerap diketahui sebagai detergen bertugas untuk menghilangkan minyak alami di wajah. Apabila kamu memakai produk dengan kandungan ini, lama-kelamaan, kulit akan semakin kering dan timbul sensasi tertarik. 

Sementara itu, kandungan paraben biasanya berguna sebagai bahan pengawet agar skincare milikmu dapat bertahan lama. Sehingga, tidak disarankan untuk diaplikasikan pada kulit dalam jangka waktu lama. Namun, bila kadarnya tidak melebihi 0,4%-0,8%, produk bertuliskan methylparaben, ethylparaben, dan butylparaben masih aman digunakan kok, Teman Senka.

 

Setelah membaca artikel di atas, semoga sekarang kamu jadi nggak terlalu bingung dalam mencari cara memilih sabun muka yang cocok, ya. Fyi, Senka memiliki berbagai varian facial wash yang disesuaikan dengan tipe dan permasalahan kulitmu lho! Menariknya lagi, produk tersebut bebas SLS dan paraben sehingga aman banget dipakai untuk jangka panjang.

Bila kamu tertarik untuk mendapatkan produknya, kamu bisa pesan secara online di Senka Official Store atau membeli secara offline di Guardian, Century, Kimia Farma, Sociolla, Indomaret, Alfamart, Ranch Market, dan Grand Lucky.

Glosarium

  1. SLS: Bahan skincare yang berpotensi membuat kulit iritasi dan kering.
  2. Paraben: Bahan pada skincare yang menjaga kualitas produk dengan mencegah timbulnya jamur dan bakteri.