Logo Logo

11 Cara Mencerahkan Wajah yang Alami dan Efektif!

Kulit wajah kusam dan belang bisa bikin nggak percaya diri. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah kok. Cek cara mencerahkan wajah di sini!

Kulit kusam dan belang seringkali bikin kita jadi nggak tampil percaya diri. Namun, Teman Senka bisa mengatasi permasalahan tersebut, kok! Mulai dari cukup penuhi asupan nutrisi dan mengikuti cara mencerahkan wajah yang telah Senka tulis di bawah ini. Agar kulit wajahmu nggak hanya cerah berseri, tapi juga lembap dan kenyal. Yuk, ikuti caranya sampai habis!

1. Kendalikan Stres

Teman Senka, stres tak hanya memicu timbulnya jerawat saja, namun ternyata dapat membuat kulit wajahmu tampak lelah dan kusam, lho. Ada baiknya, Teman Senka menyadari masalah yang mengganggu dan mencoba menenangkan diri, supaya wajah terlihat cerah dan sehat. 

Nah, supaya stres mampu dikelola dengan baik, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, meditasi, melakukan hobi yang kamu sukai di waktu senggang, atau sekedar jalan-jalan ke luar menghirup udara bebas. Kalau kamu happy, pastinya kulitmu terlihat cerah berseri.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Impian memiliki kulit cerah dan bersinar memang butuh kedisiplinan dalam merawat kulit, Teman Senka. Tak hanya sekedar memakai skincare saja, kamu juga perlu mengonsumsi makanan kaya nutrisi, terutama yang mengandung Vitamin C demi kesehatan kulit.

Cara mencerahkan wajah termudah yang bisa kamu terapkan di rumah adalah rutin mengonsumsi buah kaya Vitamin C. Misalnya, jeruk, jambu biji, kiwi, dan stroberi. Asupan Vitamin C yang cukup mampu merangsang pembentukan kolagen sehingga wajah terlihat cerah, bersinar, dan elastisitasnya pun terjaga. 

3. Konsumsi Air yang Cukup

Kebutuhan cairan setiap orang tidak bisa disamakan, ada beragam faktor yang menentukan batas asupan cairan tubuh, seperti usia, berat badan, jenis kelamin, suhu tubuh, hingga lingkungan sekitar.

Namun, kita tetap dianjurkan untuk mengonsumsi air 8 gelas sehari atau total 2 liter. Hal ini karena, asupan cairan tersebut mampu membuat sel kulit dapat bekerja dengan baik, sehingga racun dapat dikeluarkan dengan mudah dan aliran darah berjalan lancar. Dengan begitu, kulit wajah cerah dan glowing maksimal bisa kamu dapatkan deh. 

4. Aplikasikan Gel Lidah Buaya

Teman Senka, tahukah kamu bahwa lidah buaya juga dapat mencerahkan wajah yang kusam? Hal ini karena kandungan aloesin pada lidah buaya mampu mencegah pembentukan melanin, sehingga produksi pigmen sel kulit dapat terkontrol.

Nah, kamu bisa lho mengaplikasikan gel lidah buaya sebagai cara mencerahkan wajah di rumah. Cukup oles gelnya selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

5. Membersihkan Wajah secara Rutin

Kebiasaan ini sering kali lupa dilakukan. Padahal, membersihkan dua kali sehari (di pagi dan malam sebelum tidur) merupakan cara mencerahkan wajah termudah yang bisa Teman Senka praktekkan di rumah, lho! Kotoran yang menempel di pori-pori kulit membuat tampilan wajah terlihat kusam dan belang, sehingga perlu dibersihkan agar terbebas dari kotoran dan tampak cerah berseri kembali. 

Bersihkanlah wajah menggunakan jenis pembersih yang sesuai tipe kulit. Kamu bisa menggunakan varian facial wash yang mengandung beads halus, seperti Senka Perfect Whip Berry Bright. Varian tersebut mengandung Red Berries Complex yang dapat mengembalikan healthy blush di wajah, sehingga kulit terlihat tampak cerah merona alami.

6. Lakukan Deep Cleansing

Cara mencerahkan wajah berikutnya adalah dengan melakukan deep cleansing secara rutin. Sebab, deep cleansing mampu membersihkan pori-pori, mencegah pembentukan jerawat, serta mencerahkan kulit wajah. 

Untuk melakukan deep cleansing, kamu bisa menggunakan Senka Perfect White Clay. Kandungan Mineral White Clay-nya mampu membersihkan kulit secara menyeluruh, sehingga dapat menggantikan sel kulit yang kusam. Kulitmu pun akan terlihat bersih, halus, dan cerah. Namun, perlu diingat bahwa, deep cleansing tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari ya, Teman Senka. Soalnya dapat merusak skin barrier, sehingga kulit gampang breakout. Tentunya kamu nggak mau kan kulit jadi rewel akibat over exfoliating?

7. Gunakan Sheet Mask dengan Kandungan Madu

Faktanya, madu dapat mencerahkan kulit wajah lho, Teman Senka! Karena kandungan Vitamin E yang kaya antioksidan di dalamnya mampu melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga kulit jadi ternutrisi dan lembap alami. 

Untuk itu, kamu bisa pilih sheet mask dengan kandungan madu, seperti varian Bouncy Bright Mask dan gunakanlah secara rutin, setidaknya dua minggu sekali sehari. Kandungan ekstrak Royal Jelly dari lebah madu berkualitas, serta ekstrak Sakura dan Licorice-nya mampu mencerahkan kulit sekaligus melembapkan. Tak hanya itu, Silk Cocoon Essence dan Double Hyaluronic Acid-nya juga mampu menutrisi kulit kusam, sehingga wajah tampak cerah berseri kembali. 

8. Rutin Pakai Sunscreen

Umumnya, kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari berlebih dapat memudar dengan sendirinya. Namun, hal ini membutuhkan waktu untuk melakukan proses regenerasi sel kulit. Guna mempercepat prosesnya, pastikan kamu memproteksi kulitmu dengan menggunakan sunscreen agar terhindar dari paparan sinar UVA dan UVB ya, Teman Senka.

9. Rajin Berolahraga

Teman Senka, olahraga dapat membuat kulitmu jadi lebih cerah, lho. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan melancarkan sirkulasi darah. Alhasil, produksi dan distribusi oksigen yang cukup mampu membuat kulit wajah jadi cerah merata sekaligus lembap.

10. Tidur yang Cukup

Setelah seharian beraktivitas, wajah jadi terlihat lelah akibat terkena sinar matahari dan polusi. Untuk mengatasinya, kamu perlu memastikan jam tidurmu cukup agar kulit bisa beristirahat.

Dengan tidur yang cukup, tubuh memperoleh kesempatan untuk meregenerasi sel kulit dan merangsang pembentukan kolagen. Selain itu, asupan oksigen yang dibawa oleh aliran darah saat tidur pun meningkat, sehingga kulit mendapatkan nutrisi. Untuk itu, pastikan jam tidurmu terpenuhi minimal 7 jam sehari ya, Teman Senka.

Yup, itu dia cara mencerahkan wajah yang bisa kamu lakukan selama di rumah. Biar hasilnya maksimal, jangan lupa terapkan 11 cara di atas dengan rutin, serta gunakan rangkaian pembersih dan sheet mask yang bisa kamu dapatkan di Senka Official Store 

Glosarium:

  • Aloesin: Kandungan dalam lidah buaya yang dapat mengurangi pigmentasi kulit. 
  • Beads: Butiran halus menyerupai scrub yang berguna untuk mengeksfoliasi sel kulit mati.
  • Essence: Produk perawatan kulit bertekstur cair dan ringan dengan bahan aktif berkonsentrasi tinggi. 
  • Deep cleansing: Proses membersihkan kulit hingga pori-pori untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Over exfoliating: Pengelupasan berlebihan pada kulit