Logo Logo

9 Cara Mengatasi Mata Panda Secara Tepat dan Alami

Tak perlu biaya mahal, banyak cara mengatasi mata panda yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Penasaran? Cek di sini untuk tau selengkapnya!

Lingkaran bawah mata atau yang biasa disebut sebagai mata panda adalah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari kelelahan atau kurang tidur, pola hidup kurang sehat, pertambahan usia, dan sebagainya. Akibatnya, kulit di area bawah mata menghitam dan kolagen yang menjaga elastisitas berkurang. Mata panda ini rata-rata hanya bersifat sementara dan tidak berbahaya. Nah, bagi Teman Senka yang ingin menghindari dan mengatasinya, langsung simak cara mengatasi mata panda secara cepat dan alami di bawah ini.

 

 

1. Tidur Cukup

Teman Senka pasti tahu bahwa kurangnya waktu tidur di malam hari merupakan salah satu penyebab utama munculnya mata panda. Maka dari itu, cara mengatasi mata panda yang pertama adalah dengan tidur cukup di malam hari! Sesuai dengan anjuran para dokter, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap harinya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena itu, selalu ingat agar menghindari begadang atau tidur terlalu larut untuk hindari mata panda yang nampak di wajah di keesokan harinya.

 

 

2. Hindari Konsumsi Kafein dan Minuman Beralkohol

Cara mengatasi mata panda yang kedua adalah dengan menghindari konsumsi kafein atau minuman beralkohol. Karena, kedua hal ini dapat menyebabkan dehidrasi ringan dan membuatmu terjaga lebih lama di malam hari. Sehingga,  memicu munculnya kantong mata dan lingkaran hitam di sekitar mata. Namun, apabila kamu memang suka dan hobi mengonsumsi kopi atau teh, usahakan untuk meminumnya di pagi atau sore hari untuk menghindari hal di atas ya, Teman Senka!

 

 

3. Tingkatkan Asupan Kalium Tubuh

Nah, cara mengatasi mata panda yang ketiga ini mungkin belum diketahui banyak orang, Teman Senka. Pasalnya, meningkatkan asupan kalium atau biasa disebut zat mineral pada tubuh, dapat membantu mengatasi mata panda. Hal ini dikarenakan kalium dinilai mampu mengurangi cairan penyebab mata panda. Lalu, makanan atau minuman apa yang memiliki kandungan kalium tinggi? beberapa sumber makanan yang mengandung tinggi kalium yang gampang kamu cari adalah kacang-kacangan, brokoli, kentang beserta kulitnya, dan buah pisang.

 

 

4. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Kalau yang ini, pasti Teman Senka sudah tahu! Yes, mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air putih tidak hanya membuat tubuh segar dan sehat, tapi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata panda, lho. Faktanya, dengan mengonsumsi air putih yang cukup mampu mengurangi jumlah konsentrasi garam pada tubuh dan area sekitar mata yang menjadi penyebab munculnya mata panda. Untuk hasil yang optimal, pastikan untuk rutin meminum air putih 7-8 gelas per harinya supaya dapat mengurangi tampilan mata panda dapat dan  menjaga kulit tetap sehat, ya!

 

 

5. Gunakan Kantong Teh Celup dan Mentimun

Kamu bisa memanfaatkan kantong teh dan mentimun sebagai cara mengatasi mata panda selanjutnya, Teman Senka. Pertama, kantong teh celup bisa kamu gunakan untuk mengompres mata panda yang lelah karena mengandung flavonoid yang bagus untuk kulit. Pasalnya, flavonoid ini dipercaya kaya akan antioksidan yang dapat membantu kulit tampak lebih kencang, mengurangi pembengkakan pada mata panda, sekaligus mengembalikan keremajaan kulit di area mata yang cukup sensitif.

Kedua, mentimun. Serupa dengan teh celup, kamu bisa menggunakan potongan mentimun yang dingin untuk mengompres mata bisa kembali segar. Karena, timun yang dingin, ternyata mampu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak serta menjaga kelembapan di sekitar kulit. Jadi, matamu dapat terasa segar kembali dan mata panda pun perlahan hilang.

 

 

6. Oleskan Krim Khusus Mata

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu bahwa kulit di area mata lebih tipis apabila dibandingkan dengan kulit di area wajah lainnya. Hal Inilah yang membuatnya rentan dan mudah kering, sehingga memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan krim pelembap khusus mata untuk menjaga kelembapan kulit di area mata dan menghilangkan kantung mata atau lingkaran hitam penyebab mata panda. Tapi, perlu digarisbawahi, bahwa pemakaian krim khusus mata juga memakan waktu untuk proses. Jadi pastikan untuk melakukannya secara rutin dan konsisten agar mendapatkan hasilnya, ya.

 

 

7. Kurangi Durasi Menatap Layar Gadget

Yup, kamu tidak salah membaca, Teman Senka. Sadly, but true terlalu lama menatap layar laptop atau handphone juga menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda. Hal ini dikarenakan mata yang terlalu lama menatap layar gadget kelelahan, akibat sinar yang dipantulkan oleh gadget yang kamu gunakan. Apalagi, kalau kamu menggunakannya dengan tingkat kecerahan yang terlalu terang. Maka dari itu, mengurangi durasi menatap layar gadget menjadi cara mengatasi mata panda yang perlu kamu lakukan. Mungkin kamu bisa alokasikan waktu khusus untuk bermain gadget atau memanfaatkan fitur yang ada pada media sosial? Karena, sekarang hampir semua smartphone dan bahkan media sosial pun memiliki fitur screen time yang bisa kamu atur untuk mengingatkan durasi maksimal kamu melihat layar per harinya. Pun bila memang perlu menatapnya dalam waktu yang lama, pastikan bisa mengistirahatkan matamu setiap satu jam sekali agar mata kembali segar.

 

 

8. Pijat Area Mata dengan Lembut

Cara mengatasi mata panda selanjutnya adalah dengan memijat area mata dengan lembut. Cara ini kamu bisa lakukan ketika hendak tidur. Pijat area lingkaran mata dan area sepanjang alis, serta bagian atas tulang pipi selama 30 detik. Pastikan kamu memijatnya dengan perlahan, sehingga peredaran darah di sekitar mata dapat berjalan dengan lancar.

 

 

9. Gunakan Lidah Buaya

Aloe vera atau gel lidah buaya memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat bagi kulit. Lidah buaya mengandung vitamin A, C dan E yang dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit di sekitar mata. Nggak heran, lidah buaya bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata panda yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Nah, mengetahui hal tersebut Senka memasukkan aloe vera ini sebagai salah satu kandungan utama di varian sheet mask-nya. Yup, apalagi kalau bukan Perfect Aqua White Mask - Soothing Mask! Varian sheet mask ini mengandung Aloe Vera Extract dan Active Brightening agents yang mampu melembapkan dan mencerahkan kulit di sekitar mata. Sehingga, bisa menjadi solusi untuk mengatasi mata panda dengan praktis deh. Tapi, ada sedikit catatan untuk kamu, nih! Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kulit wajahmu sudah bersih sebelum pemakaian dan pakai setiap 2x setiap minggu ya, Teman Senka!

 

Itulah dia 9 cara mengatasi mata panda yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah! Dijamin deh, jika kamu melakukannya dengan rutin, lingkaran hitam di area mata penyebab mata panda dapat hilang dengan sempurna. Oh iya, selain memiliki rangkaian sheet mask yang siap menutrisi kulitmu, Senka juga memiliki rangkaian face cleanser dan facial foam yang dapat merawat kulit wajahmu agar tetap bersih lho, Teman Senka. Untuk info selengkapnya dan supaya kamu nggak ketinggalan berbagai promo menarik, cus ikuti Instagram Senka Indonesia, ya! And, last but not least, have a great day ahead, Teman Senka!