Logo Logo

Sering Terpapar Matahari? Ini 10 Cara Mengatasi Wajah Belang

Kulitmu belang akibat paparan sinar matahari berlebih? Cari tahu 10 cara mengatasi wajah belang di sini!

    Salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami remaja adalah perbedaan warna antara area kulit yang satu dan lainnya alias belang. Nah, permasalahan ini terjadi biasanya akibat paparan sinar matahari berlebih. Kalau kulit belang, tentunya akan mengganggu rasa percaya dirimu, bukan? Makanya, yuk ketahui penyebab dan cara mengatasi wajah belang pada artikel berikut!

Apa Penyebab Wajah Belang?

    Teman Senka, kulit belang ditandai dengan perbedaan warna yang jelas antara satu area dengan area lain. Nah, kondisi ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Untuk faktor internal, perubahan hormon menjadi pemicu hiperpigmentasi di wajah, seperti melasma. Masalah kulit ini kerap dialami wanita hamil akibat peningkatan kadar estrogen dan progesteron, sehingga timbul bintik kebiruan dan terkadang berwarna cokelat di wajah. 

    Sedangkan, faktor eksternal dapat disebabkan oleh permasalahan kulit (jerawat, luka, eksim), penggunaan kosmetik, atau paparan sinar matahari. Untuk faktor paparan sinar matahari, pada dasarnya, kulit memang membutuhkan vitamin D yang berfungsi untuk kesehatan tulang. Namun, kalau terlalu lama terpapar, kulit jadi terbakar dan gampang belang. Hal ini karena sinar matahari memicu kulit memproduksi lebih banyak melanin, sehingga kulit jadi kering, kusam, dan timbul belang. Biar nggak terlalu parah, kamu perlu mencari cara mengatasi wajah belang ya, Teman Senka!

Cara Mengatasi Wajah Belang

    Kabar baiknya, kamu bisa meratakan kembali kulit wajah yang belang, lo, Teman Senka. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

1. Gunakan Masker dan Topi

Situasi pandemi memaksa kita untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Namun, ternyata, selain untuk melindungi virus, masker juga mampu melindungi wajah dari sinar matahari berlebih, lo. Jadi, area wajah nggak gampang belang deh karena paparan UV A dan UV B terhalang masker.

2. Pilih Skincare yang Mencerahkan Kulit

Sekarang, ada banyak sekali skincare yang dapat mengatasi permasalahan kulit. Namun, untuk problem kulit belang, kamu perlu mencari produk dengan kandungan pencerah, seperti Vitamin C, Mineral Clay, Asam Kojic atau Fuji Sakura Essence yang terdapat pada Senka Perfect Whip Vibrant White. Kandungan tersebut mampu mempercepat regenerasi sel kulit dan memperlambat produksi melanin, sehingga kulit gelap pun tersamarkan.

Baca juga: Intip 5 Cara Membuat Kulit Wajah Lembap dan Glowing Ini, Yuk!

3. Aplikasikan Pelembap

Selain rutin pakai sunscreen, kamu nggak boleh melewatkan pelembap sebagai salah satu cara mengatasi wajah belang. Nah, kamu dianjurkan untuk memilih tekstur pelembap sesuai dengan tipe kulit. Bagi pemilik kulit kering, kamu bisa pakai pelembap bertekstur krim. Sementara itu, bagi pemilik kulit berminyak, bisa pakai produk berbahan dasar air, non-comedogenic, dan bebas minyak ya, Teman Senka.

4. Rutin Pakai Sunscreen

Tak hanya beraktivitas di luar ruangan, kamu juga perlu menggunakan sunscreen saat di dalam ruangan, lo, Teman Senka. Hal ini karena sinar UV A dan UV B mampu menembus kaca jendela dan meningkatkan risiko hiperpigmentasi pada wajah. Dengan rutin pakai sunscreen yang ringan di kulit, kamu telah menerapkan salah satu cara mengatasi wajah belang.

5. Lakukan Eksfoliasi secara Rutin

Terlalu sering terpapar sinar matahari menimbulkan efek kusam sekaligus kulit menggelap di area tertentu. Untuk itu, cara mengatasi wajah belang yang bisa kamu lakukan adalah melakukan eksfoliasi kulit secara rutin agar sel kulit mati terangkat sehingga warna kulit jadi rata dan cerah. 

6. Minum Air Putih

Teman Senka, ternyata air juga berperan dalam tampilan warna kulit, lo! Sebab, kekurangan cairan bikin tampilan kulit kering, kusam, dan belang makin terlihat jelas. Untuk mengatasi wajah belang, cara sederhananya adalah mencukupi kebutuhan asupan air sebanyak 2 liter sehari, agar tubuh terhidrasi dan cerah berseri.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

7. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Selain mencari cara mengatasi wajah belang dari luar, kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang tepat agar kulit sehat dan cerah. Nah, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti Omega-3 yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Selain itu, perbanyaklah konsumsi bayam, wortel, dan brokoli untuk agar kulit belang tampak lebih cerah.

8. Hindari Makanan Tertentu

Biar warna kulit wajah merata, kamu juga perlu menghindari makanan tertentu, seperti alkohol, makanan pedas, berlemak, dan tinggi kadar gula. Soalnya jenis makanan tersebut berpotensi menimbulkan permasalahan kulit dan membuat warna kulit tidak merata. Untuk itu, ubahlah pola makan dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang bergizi tinggi agar kulit sehat dan cerah.

9. Pakai Masker Berbahan Alami

Cara mengatasi wajah belang yang diyakini secara turun-temurun adalah menggunakan masker berbahan alami, seperti bengkuang, air lemon, madu, atau teh hijau. Keempat bahan tersebut mampu membantu produksi kolagen agar kulit wajah cerah sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas.

10. Rajin Membersihkan Wajah

Setelah seharian beraktivitas, kulit wajah jadi kotor akibat terpapar polusi, debu, dan kotoran. Jika dibiarkan, sel kulit mati pun menumpuk sehingga kulit terlihat kusam dan lebih gelap. Oleh sebab itu, kamu dianjurkan untuk rajin membersihkan wajah pakai metode double cleansing.

Senka punya rekomendasi produk facial cleanser atau makeup remover yang bisa kamu gunakan nih. Ada yang berbahan dasar minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser), dan air (micellar water). Untuk pembersih berbahan minyak, kamu bisa coba A.L.L Clear Oil yang cocok untuk semua jenis kulit. Jika tipe kulitmu normal, maka Senka A.L.L Clear Milk yang berbahan dasar susu bisa kamu pilih. Apabila kamu terbiasa menggunakan pembersih wajah yang cair, Senka A.L.L Clear Water bisa kamu gunakan. Sedangkan, kalo kamu lebih suka yang praktis, bisa coba Senka A.L.L Clear Sheet yang gampang digunakan dan bisa dibawa ke mana-mana.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan penyebab dan cara mengatasi wajah belang? Semoga cara di atas dapat membantumu agar belang di wajah dapat hilang ya, Teman Senka. Ingat, jangan terburu-buru untuk meratakan warna kulit, karena setiap kulit memiliki kondisi berbeda dan butuh waktu untuk kembali perfectly renewed. Always remember that your skin deserves all the love and kindness, so remember to take care of it wisely!

Glosarium:

  1. Melasma: Bercak hiperpigmentasi, terutama pada bagian yang terkena sinar matahari (misalnya dahi, pipi, dan bagian bawah hidung).
  2. UV A: Gelombang panjang yang mampu menembus lapisan ozon dan dapat menembus lapisan terdalam kulit, sehingga menyebabkan kulit jadi kendur, penuaan dini, dan kanker kulit. 
  3. UV B: Gelombang pendek yang dampaknya langsung terlihat oleh kulit, seperti kulit terbakar, iritasi, dan hiperpigmentasi. 
  4. Asam Kojic: Kandungan aktif pada skincare yang mampu memutihkan kulit.