Logo Logo

Mudah, Ketahui 13 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori yang besar bikin tekstur wajah jadi terlihat saat mengenakan makeup. Biar terlihat mulus, terapkan 16 cara mengecilkan pori-pori wajah berikut, yuk!

Niat pakai makeup biar wajah terlihat mulus, tapi pori-pori malah terlihat jelas. Pernah merasakan hal tersebut? Jika iya, pasti menyebalkan sekali, bukan, Teman Senka. Soalnya, pori-pori besar dan terbuka bikin makeup kurang maksimal akibat tekstur kulit yang nggak rata. Untuk mengatasinya, banyak orang mencari cara agar pori-pori wajah tersamarkan. Entah itu melakukan treatment di klinik kecantikan atau membeli produk dengan biaya yang mahal. Padahal, kamu bisa menerapkan cara mengecilkan pori-pori tanpa mengeluarkan banyak biaya dan bisa dilakukan di rumah, lho. Gimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Hal pertama kali yang wajib banget kamu lakukan adalah menjaga kebersihan kulit wajah. Soalnya, pori-pori kulit akan tertumpuk oleh kotoran, debu, minyak, dan sel kulit mati apabila nggak dibersihkan. 

Makanya, usahakan membersihkan kulit pakai pembersih wajah dua kali sehari pakai varian dari Senka Face Wash. Setelah itu, tepuk wajah secara perlahan pakai handuk yang permukaannya lembut agar kering sempurna.

2. Oleskan Pelembap

Rutin mengoleskan pelembap juga bisa mengecilkan pori-pori di wajah lho! Alasannya karena pelembap mampu menghidrasi dan mempertahankan kadar kelembapan kulit di wajah hingga kulit terlihat kencang. Kalo udah kencang, pori-pori pun otomatis mengecil deh. 

3. Pakai Produk Berbahan Clay

Cara mengecilkan pori-pori wajah berikutnya adalah menggunakan produk berbahan clay atau tanah liat. Untuk jenisnya, kamu bisa pilih White Clay atau Kaolin Clay yang ada pada Senka Perfect White Clay. pH-nya yang netral dan kaya akan silica dioxide buat sebum di wajah terangkat tanpa meninggalkan rasa kering. 

Nggak hanya itu, White Clay ini juga dapat menenangkan kulit yang iritasi sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih. So, pori-pori wajah tersamarkan deh!

4. Kompres Pakai Es Batu

Es batu yang dingin bisa mengecilkan pori-pori, kok bisa? Bisa dong, Teman Senka! Soalnya, suhu dingin pada es batu buat pembuluh darah di kulit menyempit, sehingga ukuran pori-pori jadi menyusut dan terlihat lebih kecil.Namun, apabila kamu tidak tahan dengan sensasinya, cobalah untuk menyimpan produk skincare milikmu dalam kulkas agar sensasi dingin di wajah tetap kamu rasakan.

5. Gunakan Toner Bebas Alkohol

Kalau kulitmu sensitif, cara mengecilkan pori-pori wajah yang satu ini bisa kamu coba nih, Teman Senka. Sebab, toner bebas alkohol mampu menyegarkan sekaligus menjaga kadar keseimbangan pH kulit di wajah.

Untuk formula, kamu bisa pilih toner yang mengandung Salicylic Acid dan Witch Hazel. Dua kandungan tersebut mampu mengontrol minyak secara lembut tanpa menyebabkan iritasi kulit. Sehingga, aman dipakai oleh kulit sensitif untuk jangka panjang.

6. Coba Aloe Vera Gel

Dikenal mampu menyegarkan dan mencerahkan kulit, Aloe Vera dapat kamu gunakan juga sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah, Teman Senka. Penggunaannya pun mudah. Kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya secara merata di wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Apabila dilakukan rutin, cara ini bisa bikin tampilan pori-pori wajah mengecil. 

7. Konsumsi Makanan Sehat

Tahukah kamu, asal mengonsumsi makanan ternyata bisa berpengaruh pada ukuran pori-pori wajah? Apalagi kalo makanan yang kamu santap merupakan makanan tinggi lemak dan berminyak. Pori-pori wajah pun rawan tersumbat.

Mulai sekarang, coba deh sering-sering mengonsumsi makanan yang kaya kolagen, seperti kaldu tulang, daging ayam, dan putih telur. Makanan tersebut mampu meningkatkan elastisitas kulit hingga pori-pori tampak mengecil.

8. Aplikasikan Sunscreen

Makin sering terpapar sinar matahari, maka elastisitas kulit pun jadi berkurang. Lama-kelamaan, kulit jadi mengendur dan pori-pori pun terlihat membesar. Maka dari itu, untuk kulit orang Indonesia, aplikasikanlah sunscreen, setidaknya, memiliki SPF 30 yang mampu dalam menghalangi sinar UVB pada kulit sebesar 97%. Tak hanya itu, SPF 30 juga melindungi kulit 30 kali lebih lama dari sinar matahari.

Eits, pakai sunscreen-nya jangan di luar ruangan saja ya. Meskipun cuaca mendung atau berada di dalam ruangan, kamu perlu memakai tabir surya dan re-apply setidaknya 2-3x untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Jangan lupa pula pakai perlindungan tambahan, seperti pakai topi, kacamata, dan memakai pakaian tertutup supaya pori-pori wajah terjaga.

9. Hindari Oil Based Skincare

Produk yang mengandung minyak dikenal mampu melembapkan kulit secara maksimal sampai pori-pori terlihat mengecil. Namun, untuk tipe kulit berminyak dan sensitif, sebaiknya menghindari skincare berbahan dasar minyak, ya. Yang dikhawatirkan, pori-pori bukannya mengecil, tapi malah timbul bumps atau jerawat di wajah.

Pilihlah produk yang gampang menyerap di kulit, seperti water based skincare. Produk jenis ini mampu menahan kilap di wajah dan membuatnya menjadi matte. So, ukuran pori-pori jadi lebih terkontrol deh.

10. Minum Air Putih yang Cukup

Memenuhi asupan air sebanyak -+2 liter per hari juga sama pentingnya agar pori-pori wajah mengecil secara alami, Teman Senka. Dengan minum air putih, racun yang terdapat dalam tubuh terbuang hingga permukaan kulit wajah jadi sehat.

11. Kurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Sering menyentuh wajah tanpa sadar? Kalau iya, artinya kamu perlu mengurangi kebiasaan yang satu ini sekarang juga, Teman Senka. Soalnya, memegang wajah dengan tangan yang kotor berpotensi membuat kuman berpindah ke permukaan kulit. Akibatnya, pori-pori jadi rentan tersumbat, tampak lebih besar, serta memicu tumbuhnya jerawat deh. Makanya, sebelum menyentuh wajah, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih dengan mencuci pakai sabun dan hand sanitizer ya, Teman Senka.

12. Eksfoliasi Wajah secara Berkala

Kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang menempel pada permukaan kulit dapat menyumbat pori-pori hingga terlihat membesar. Untuk membantu menghilangkan penyumbatan, kamu perlu mengeksfoliasi wajah secara berkala agar pori-pori tampak mengecil.

13. Disiplin Pakai Sheet Mask

Rutin memakai sheet mask ternyata bisa mengurangi tampilan pori-pori yang membesar lho, Teman Senka! Soalnya, kandungan essence pada sheet mask mampu menghidrasi dan melembutkan kulit. 

Sebagai pilihan, kamu bisa pilih sheet mask dari Senka yang mengandung Double Hyaluronic Acid untuk menjaga kelembapan kulit. Penggunaannya pun praktis banget. Pertama-tama, pastikan wajah telah bebas dari kotoran dengan melakukan double cleansing. Lalu, aplikasikan lembaran masker ke kulit selama 15 menit sambil ditepuk perlahan. Nah, cara ini memungkinkan essence terserap sempurna, sehingga kulit wajah jadi ternutrisi, lembap, dan pori-pori jadi terlihat mengecil. 

Wah, ternyata ada banyak ya cara mengecilkan pori-pori wajah? Nah, kabar baiknya, Senka Indonesia punya produk perawatan kulit yang mampu membantumu untuk mengecilkan pori-pori, seperti, Senka A.L.L. Clear Water Fresh yang mampu mengangkat kotoran di wajah, Perfect White Clay yang dapat mengangkat kotoran di pori-pori wajah secara menyeluruh, serta varian sheet mask Perfect Aqua White Mask - Soothing White mengandung Aloe Vera Extract yang baik untuk kulit wajah.

Untuk hasil yang maksimal dan terjamin originalitasnya, semua produk tersebut bisa kamu dapatkan di Senka Official Store ya, Teman Senka! Last but not least, happy pampering yourself with Senka, Teman Senka!

Glosarium:

  1. Silica Dioxide: Zat untuk mempertahankan kelembapan 
  2. SPF: Sun Protection Factor atau ukuran seberapa baik tabir surya dalam melindungi kulit dari sinar UVB.
  3. Sinar UVB: Sinar matahari yang dapat menembus dan merusak lapisan luar kulit.