Logo Logo

5 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah Paling Ampuh!

Bruntusan di kulit wajah tak jarang membuat kita tidak percaya diri. Tenang saja! Yuk, ketahui cara menghilangkan bruntusan pada wajahmu di sini.

Penampilan permukaan kulit wajah yang beruntusan, rasanya tak nyaman dan bikin kesal. Setuju? Belum lagi kalau ditambah dengan masalah kulit wajah lainnya. Agar bruntusan tidak semakin menjadi-jadi, yuk coba cara mengatasi dan menghilangkan bruntusan dengan cepat dan alami berikut ini.

Es batu

Cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang pertama adalah menggunakan es batu. Mungkin terdengar asing, tapi ternyata sensasi dingin dari es batu dapat mengurangi rasa gatal yang muncul akibat bruntusan, lho. Caranya mudah, siapkan handuk bersih, masukkan es batu ke dalamnya, ikat ujung-ujung handuk agar es batu menyatu. Setelah itu, kamu hanya perlu menempelkan es batu ke permukaan kulit yang terasa gatal, lalu diamkan selama 30detik hingga satu menit. Eits, tapi pastikan tanganmu sudah dalam keadaan bersih ya, Teman Senka. Ulangi beberapa kali hingga gatal, bruntusan, dan kemerahan pada wajahmu mereda.

Selain untuk membantu meredakan rasa gatal, es batu juga bisa digunakan untuk mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat juga, lho.

Lemon

Tidak hanya baik untuk detoks tubuh, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini nyatanya dapat digunakan untuk mencerahkan kulit secara alami, bahan antiseptik dan anti-inflamasi. Dengan kandungannya itu, tak heran jika lemon bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan pada wajah. Caranya, campurkan lemon dengan putih telur, lalu oleskan hingga merata pada bagian wajah yang bruntusan.  Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih dan cuci dengan facial foam Senka favoritmu. Namun, penting untuk diingat bahwa lemon cenderung memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Sehingga, kurang disarankan buat kamu pemilik kulit wajah sensitif.

Tomat

Buah selanjutnya yang bisa membantumu meredakan dan menghilangkan bruntusan pada wajah, ialah tomat. Buah yang sering dijadikan jus atau salah satu bahan sup ini, ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan sekaligus. Tomat memiliki kandungan yang bersifat anti-radang, seperti beta-karoten, likopen, lutein, vitamin C, dan vitamin E. Dengan adanya kandungan itu, tomat dapat membantu meredakan inflamasi dan iritasi kulit, seperti bruntusan.

Cara menghilangkan bruntusan pada wajah sangat mudah untuk kamu lakukan di rumah. Pertama, blender tomat hingga halus. Lalu, balurkan tomat yang sudah dihaluskan pada wajah secara merata. Diamkan beberapa menit hingga kering, lalu bilas wajahmu dengan air bersih.

Madu

Serupa dengan lemon dan apel, madu adalah salah satu bahan alami yang sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan kulit. Bahan alami yang kandungannya terdapat agen anti-bakteri ini ampuh mencegah bruntusan di wajah yang meradang dan dapat membantu meredakannya. Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan, sehingga menghalau radikal bebas yang dapat memicu munculnya bruntusan dan gatal pada kulit.

Lalu, bagaimana cara madu dapat menghilangkan bruntusan pada wajah? Caranya mudah saja, yaitu dengan mengoleskan madu pada wajah sebagai masker, atau kamu bisa campurkan madu dengan bahan lain, seperti yoghurt dan lemon. Diamkan kira-kira 15-20 menit atau lebih, hingga madu terasa mengering. Setelah itu, bilas wajahmu hingga bersih. Namun, kamu perlu pastikan juga untuk menggunakan madu asli, tidak mengandung perasa, yang masih alami ya, Teman senka.

Cuka apel

Nah, cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang terakhir akan dibahas adalah dengan cuka apel! Fermentasi dari buah ini mengandung zat asetat yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Maka dari itu, cuka apel satu dikenal sebagai bahan yang cukup ampuh untuk menghilangkan dan meredakan bruntusan. Selain itu, cuka apel juga bahkan bisa menjadi toner untuk wajah dan bisa membantu menyeimbangkan produksi melanin, lho.

Cara pengaplikasiannya, teteskan cuka apel pada kapas bersih. Lalu, usapkan kapas yang sudah diteteskan cuka apel pada area kulit yang bruntusan. Selanjutnya, diamkan beberapa menit sebelum kapas diangkat. Baiknya, ulangi perawatan ini dua sampai tiga kali sehari dan lakukan secara rutin hingga masalah bruntusan di wajahmu benar-benar hilang. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa cuka apel memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Sehingga, pemakaiannya tidak disarankan untuk pemilik kulit wajah yang sensitif.

Itu dia lima cara menghilangkan bruntusan pada wajah paling ampuh yang bisa kamu lakukan di rumah selama masa pandemi ini. Semoga masalah bruntusan pada kulit wajahmu bisa mereda dan hilang dengan kelima cara di atas. Pastikan untuk membersihkan wajahmu terlebih dahulu dengan metode double cleansing, sehingga kulit wajahmu dalam kondisi bersih saat melakukannya. Selamat mencoba, Teman Senka!