Logo Logo

Mudah! Ini 6 Cara menghilangkan Fungal Acne yang Ampuh

Apakah saat ini kamu sedang mengalami acne atau jerawat jamur? Kalau iya, artinya kamu wajib membaca artikel cara menghilangkan fungal acne ini!

Bagi Teman Senka yang belum tahu, fungal acne ini merupakan jerawat akibat infeksi jamur yang biasanya muncul sebagai jerawat kecil yang tumbuh berkelompok, mungkin bentuknya bisa dibilang seperti bruntusan tapi dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya fungal acne tumbuh di area kulit yang paling sering berkeringat, tempat strategis di mana banyak kotoran yang dapat memicu pertumbuhan jamur. Selain itu, tak jarang fungal acne ini juga terasa gatal dan bahkan bisa iritasi, serta membuat kulit kemerahan. Sehingga, keberadaannya bisa cukup mengganggu aktivitas.

Untuk kemunculan dari fungal acne sendiri, tentu ada penyebabnya, antara lain:

  • Kelembapan berlebih
  • Pakaian yang terlalu ketat
  • Mengonsumsi obat atau skincare tertentu
  • Sistem imun tubuh lemah

 

Nah, supaya terhindar dan tidak berlanjut semakin parah, mending langsung intip cara menghilangkan fungal acne di bawah ini, Teman Senka!

 

1. Mandi teratur

Cara menghilangkan fungal acne yang pertama ialah dengan menjaga kebersihan tubuh. Fungal acne tidak hanya tumbuh di kulit wajah saja, tetapi di seluruh bagian tubuh, terutama bagian yang sering berkeringat. Bakteri yang tumbuh oleh keringat itulah yang bisa memicu infeksi pada folikel rambut. Maka dari itu, agar menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang menempel pada pakaian dan permukaan kulit saat berkeringat, pastikan untuk membersihkan tubuh setelah beraktivitas dan lakukan secara teratur, ya!

 

2. Mengurangi skincare berbahan fatty acid

Well, tadi kamu sudah sempat membaca bahwa fungal acne adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh infeksi jamur. Pasalnya,  jamur dapat hidup dengan ‘memakan’ fatty acid atau asam lemak tertentu, lho! Contohnya, asam linoleat, asam laurat, dan minyak kelapa. Karena itu, supaya jamur tidak berkembang biak dan menjadi fungal acne, sebaiknya kamu perhatikan kembali skincare yang kamu gunakan agar tidak mengandung hal-hal tersebut dalam jumlah banyak, ya.

3. Memilih skincare dengan kandungan salicylic acid

Nah, jenis kandungan asam yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan fungal acne pada kulit wajahmu adalah salicylic acid atau asam salisilat. Asam yang satu ini memiliki kandungan anti-jamur yang mampu membantu mengobati fungal acne. Selain itu, skincare dengan kandungan asam salisilat juga dapat membantu mengurangi penumpukan folikel rambut yang berpotensi sebagai penyebab munculnya jerawat jamur. Biasanya kamu bisa dapati kandungan ini dalam sabun mandi, pembersih muka, dan perawatan kulit lainnya.

 

4. Sterilisasi tempat tidur

Tempat tidur merupakan tujuan akhir kita untuk beristirahat setelah menjalani aktivitas seharian. Setidaknya kamu menghabiskan hampir 6 - 9 jam di atasnya. Betul? Nah, apabila kasur, guling, bantal, dan area kamar tidur kotor, tentunya nggak nyaman untuk ditempati. Selain itu, kondisi tempat tidur yang kotor juga dapat memberikan wadah bagi mikroba, bakteri, dan bahkan jamur untuk tumbuh dan menempel di tubuh. Apabila sudah begitu, akan potensi tumbuh fungal acne dan memungkinkan alergimu kambuh. Untuk itu, sebaiknya gantilah sprei dalam waktu ideal, yaitu setiap 1-2minggu sekali.

 

5. Menggunakan pakaian yang lebih longgar

Selanjutnya, apabila kamu suka mengenakan pakaian yang ketat, setelah membaca ini mungkin kamu akan mempertimbangkannya kembali. Karena faktanya, pakaian yang ketat akan meningkatkan gesekan dan sirkulasi udara yang terbatas yang mampu memicu tumbuhnya jamur pada kulit. Kenakanlah pakaian yang lebih longgar, sehingga membantu kulit bernapas lebih efektif dan mengurangi pertumbuhan jamur.

 

6. Minum obat

Setelah melakukan cara menghilangkan fungal acne dari luar dan belum kunjung berhasil, kamu bisa menemui ahlinya, yaitu dokter spesialis kulit. Biasanya dokter akan memberikan resep obat oral untuk proses pengobatan dari dalam. Namun, tak menutup kemungkinan juga kalau kamu akan diresepkan obat oles juga, semuanya tergantung dari kondisi yang kamu alami saat ini.

 

 

Gimana, Teman Senka? Semoga dengan 6 cara menghilangkan fungal acne ini bisa membantu kegelisahanmu dan juga mencegah kulit wajahmu mengalaminya, ya! Bagi kamu yang sedang mencari pembersih wajah yang mampu membantu mencegah dan meredakan fungal acne, kamu bisa banget mempercayakannya kepada facial foam dari Senka, yaitu Senka Perfect Whip Acne Care. Facial foam untuk kulit berjerawat ini telah diformulasikan dengan kandungan khusus, yaitu Kyoto Chamomile Extract yang kaya akan antioksidan untuk menjaga kulit wajah menjadi lebih sehat. Adapun kandungan Salicylic Acid yang mampu membantu mengurangi dan membersihkan penumpukan folikel rambut penyebab fungal acne. Selain itu, facial foam ini juga dilengkapi dengan White Cocoon Essence dan Aqua-In-Pool yang menjaga kelembapan dan membantu mencerahkan kulit wajahmu sekaligus. Untuk mendapatkannya kamu bisa langsung ke Senka Official Store secara online atau offline di Watsons, Guardian dan Alfamart atau Indomaret di dekat rumah kamu!