Logo Logo

10 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Komedo yang dibiarkan bisa memicu timbulnya peradangan di kulit loh. Biar nggak jadi jerawat, yuk cari tahu cara menghilangkan komedo pada artikel ini!

Tahukah, Teman Senka? Kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dapat memicu komedo. Apabila dibiarkan, komedo yang menumpuk dapat teroksidasi dan berubah menjadi komedo hitam (blackhead) yang sulit dihilangkan. 

Biar kulit terbebas dari komedo, kamu bisa menerapkan 10 cara menghilangkan komedo yang sudah Senka siapkan. Apa saja sih? Simak caranya di bawah ini, yuk!

1. Gunakan Cleansing Oil

Nggak banyak yang tahu bahwa cleansing oil dapat menghilangkan komedo, lantaran kegunaannya sebagai first cleanser. Namun, ternyata jenis pembersih wajah yang satu ini bisa membersihkan tumpukan sebum, lho! Hal ini karena cleansing oil mampu membersihkan kotoran dan sel kulit mati berkat teksturnya yang berbasis minyak, sehingga lebih efektif dalam membersihkan pori-pori. Nggak cukup sampai di situ, cleansing oil juga mampu melembapkan kulit apabila mengandung Rice Bran Oil yang kaya antioksidan, seperti Senka A.L.L Clear Oil. Kulit bersih, kelembapan terjaga. Win win solution banget, kan?

2. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Cara menghilangkan komedo berikutnya tentunya rajin membersihkan wajah dua kali sehari (pagi dan malam hari). Tujuannya, supaya keringat beserta debu dan kotoran yang menempel di wajah setelah aktivitas seharian nggak terperangkap di pori-pori. Namun, ingat, jangan sampai over-cleansing, Teman Senka. Soalnya, membersihkan wajah secara berlebihan dapat merangsang produksi minyak berlebih. Lama-kelamaan, komedo dapat timbul deh. 

3. Terapi Uap

Cara menghilangkan komedo juga bisa dilakukan lewat terapi uap lho, Teman Senka. Pasalnya, uap panas bisa membuka pori-pori wajah. Dengan begitu, kotoran yang ada dalam pori-pori jadi lebih mudah dibersihkan deh. Caranya pun cukup gampang. Siapkan baskom berisi rebusan air mendidih, lalu tundukkan kepala di atas permukaan baskom hingga uap menyentuh wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk hasil yang efektif, kamu bisa ulangi terapi uap ini seminggu dua kali ya!

4. Bersihkan dengan Salicylic Acid

Dikenal mampu mengangkat sel kulit mati, asam salisilat atau yang lebih dikenal Salicylic Acid ampuh membersihkan komedo di pori-pori, Teman Senka. Soalnya, asam ini akan melunakkan komedo, sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah saat wajah dibersihkan. Biar kulitmu bebas komedo, gunakanlah pembersih wajah dengan kandungan Salicylic Acid, seperti Perfect Whip Acne Care. Untuk review lengkapnya, kamu bisa cek di sini, ya!

5. Pakai Pore Pack

Teman Senka, pore pack kerap dipilih untuk mengangkat komedo di hidung karena praktis dan cepat. Pemakaiannya pun mudah. Pertama-tama, basahi area yang akan ditempeli pore pack dengan air hangat dan rekatkan plester selama 10-15 menit. Kalo udah kering dan kaku, tinggal tarik pore pack dari bagian bawah ke atas. Voila! Komedo pun terangkat dan kulit jadi lebih halus!

6. Usap dengan Toner Non-alkohol

Sudah coba cara menghilangkan komedo di atas? Kini, saatnya untuk memastikan ukuran pori-pori kembali seperti semula dengan mengusapkan toner non-alkohol pada wajah. Gunanya toner ini untuk mengecilkan pori-pori yang terlanjur membesar. Jadi, debu dan kotoran nggak gampang masuk, yang  memicu timbulnya komedo deh.  

7. Lakukan Ekstraksi Wajah

Cara menghilangkan komedo dengan cepat adalah dengan ekstrasi wajah menggunakan alat khusus. Walau terkesan mudah, cara ini tidak disarankan untuk dilakukan sendirian karena dapat memicu jaringan parut (scar). So, kalo kamu tertarik untuk ekstrasi wajah, lakukanlah di klinik kecantikan tepercaya ya!

8. Oleskan Clay Mask

Kulitmu berminyak dan gampang berkomedo? Well, clay mask atau masker tanah liat bisa jadi pilihan untuk menghilangkan komedo nih, Teman Senka. Soalnya, clay mask mengandung sulfur yang membantu proses regenerasi sel kulit mati, pembentuk komedo. 

Cara penggunaannya, kamu bisa membersihkan wajah terlebih dahulu dengan metode double cleansing, baru oleskan clay mask di area wajah. Pro tip, saat proses pengolesan masker, pastikan anak rambut di sekitar dahi terangkat semua ya supaya tidak menempel di clay mask. Setelah itu, baru deh didiamkan selama 10-15 menit dan bilas pakai air hangat. 

9. Pilih Produk Non-komedogenik

Udah cobain cara menghilangkan komedo di atas tapi komedo masih ada? Bisa jadi karena kandungan skincare-mu komedogenik, Teman Senka. Sebelum membeli produk, pastikan produkmu non-komedogenik dengan cara membaca label atau bertanya pada beauty consultant

Beberapa contoh komposisi yang bisa kamu temui pada produk perawatan kulit yang bisa memicu komedo, seperti minyak, butter, dan wax. Kandungan-kandungan tersebut baiknya Teman Senka hindari dan kurangi  untuk mencegah terbentuknya komedo.

10. Eksfoliasi dan Sheet Mask

Proses pengelupasan kulit (eksfoliasi wajah) dapat mengurangi munculnya komedo karena sel kulit mati dan kotoran di pori-pori terangkat. Namun, kamu perlu berhati-hati apabila wajahmu sedang berjerawat. Sebab, eksfoliasi dapat membuat jerawat semakin meradang dan permukaan wajah menjadi lebih sensitif. Untuk itu, gunakan produk eksfoliasi yang mengandung AHA dan BHA, untuk hidrasi kulit pakai sheet mask yang mampu melembapkan, seperti Senka Perfect Aqua Rich Mask - Extra Moist supaya skin barrier tetap terjaga.

Itu dia 10 cara menghilangkan komedo dengan cepat. Biar komedo nggak menumpuk, pastikan untuk double cleansing secara rutin setiap harinya. Sebagai opsi, kamu bisa pakai produk pembersih wajah yang dapat deep cleanse dan mengangkat komedo di kulit, seperti Senka Perfect White Clay. Psst, produknya bisa dapatkan di Senka Official Store ya!