Logo Logo

Ampuh! Ini 7 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Wajahmu!

Muncul komedo hitam pada wajah? Jangan khawatir, Teman Senka! Intip 7 cara menghilangkan komedo hitam agar kulit tetap bersih dan halus pada artikel ini!

Tahukah, Teman Senka? Komedo bisa dikategorikan sebagai masalah kulit yang kalau dibiarkan bisa semakin susah untuk dihilangkan, terlebih lagi komedo hitam. Berbeda dengan komedo putih, komedo hitam biasanya terjadi saat pori-pori terbuka dan tersumbat oleh sebum. Ketika hal itu terjadi, sel kulit mati dan minyak yang menumpuk akan terjadi oksidasi, sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Selain itu, apabila tidak diatasi dengan cepat dan tepat, maka komedo hitam akan menetap lebih lama, tidak seperti komedo putih biasa yang bisa hilang dalam waktu yang lebih singkat. Yuk, simak cara menghilangkan komedo hitam yang perlu kamu lakukan agar kamu tidak mengalaminya berlama-lama, serta mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat di bawah ini.

 

1. Rutin deep cleansing

Cara menghilangkan komedo hitam yang pertama adalah dengan melakukan deep cleansing atau eksfoliasi pada kulit secara rutin. Tidak hanya mengangkat sel kulit mati, melakukan deep cleansing juga mampu mengangkat komedo hitam yang menyumbat pori-pori pada wajahmu secara lembut, Teman Senka. Namun, untuk menghindari masalah kulit lain, seperti jerawat, kulit kering, dan mengelupas, kamu perlu menggunakan produk yang mampu berikan deep cleansing yang lembut pada kulit dengan tepat. Salah satunya adalah menggunakan Perfect White Clay,  facial foam dari Senka yang mengandung Mineral White Clay. Facial foam ini mampu berikan deep cleansing pada wajah dengan lembut yang dilengkapi dengan 5x Brightening Power untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo hingga ke pori-pori, dan mencerahkan kulit di waktu yang sama. Oh ya, meskipun mampu berikan deep cleansing, facial foam ini aman kamu gunakan untuk cuci muka di pagi hari serta cuci muka sebelum tidur setiap hari, Teman Senka!

 

2. Pakai produk makeup & skincare non-comedogenic

Terkadang, terdapat beberapa produk makeup maupun skincare yang dapat menyumbat pori-pori kita, sehingga kulit memproduksi minyak lebih banyak dan memicu tumbuhnya komedo hitam. Nah, apabila kamu pernah atau sedang mengalami kondisi ini, itu artinya produk makeup atau skincare yang kamu gunakan bukanlah produk non-comedogenic. Produk non-comedogenic merupakan produk makeup ataupun skincare yang tidak akan menyumbat pori-pori pada wajah yang  dapat memicu munculnya komedo hitam. Jadi, pastikan produk makeup dan skincare yang kamu gunakan memiliki sifat non-comedogenic agar terhindar dari risiko timbulnya komedo hitam pada wajah.

 

3. Aplikasikan pelembap

Memiliki kulit wajah yang terhidrasi itu banyak manfaatnya lho, Teman Senka! Selain terlihat sehat dan segar, menjaga kelembapan wajah juga bisa mencegah komedo hitam tumbuh lebih banyak pada kulit. Karena kondisi kulit yang memiliki sedikit minyak alami dapat memperparah kondisi kulit, salah satunya memicu lebih banyak komedo hitam pada kulit. Agar manfaat yang dirasakan dapat maksimal, jangan lupa juga untuk memilih jenis pelembap wajah yang sesuai dengan tipe kulitmu ya, Teman Senka.

 

4. Konsumsi makanan kaya vitamin C

Tidak hanya dari luar, menghilangkan komedo hitam juga perlu usaha dari dalam, Teman Senka! Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi dan kaya akan vitamin C seperti lemon, jeruk, stroberi, brokoli, bayam, dan sayur kale. Pasalnya, vitamin C yang terdapat dalam makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas dan menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan munculnya lebih banyak komedo hitam pada kulit.

 

5. Pilih sunscreen yang tidak berminyak

Yes, melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB itu memang penting banget! Tapi sebelumnya, kamu perlu perhatikan juga kandungan sunscreen yang kamu gunakan, ya. Hindari sunscreen dengan kandungan minyak di dalamnya yang dapat menyumbat pori-pori pada kulit, sehingga merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak/sebum berlebih. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebum berlebih pada kulit merupakan salah satu faktor utama munculnya komedo hitam pada wajah.

 

6. Lakukan treatment sederhana

Cara menghilangkan komedo hitam selanjutnya, adalah cara sederhana dan mudah dilakukan di rumah, Teman Senka. Yup, kamu bisa coba gunakan pore pack, kertas lengket seperti selotip yang dapat mengangkat komedo hitam yang umumnya tumbuh di area hidung. Namun, perlu diketahui bahwa cara ini baiknya hanya kamu lakukan maksimal satu minggu sekali, ya! Karena, pore pack yang bersifat lengket dapat menghilangkan minyak alami serta folikel rambut pada wajah. Jika hal ini terjadi, kulit bisa saja mengalami iritasi dan menjadi kering.

 

7. Perawatan medis

Terkadang, komedo hitam pada kulit bisa saja memiliki akar yang terlalu dalam, sehingga sangat sulit untuk menghilangkannya. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mendapatkan perawatan medis lebih lanjut oleh dokter kulit atau dermatologis. Komedo hitam yang tumbuh pada kulit akan diangkat menggunakan alat khusus, sehingga kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori bisa terangkat dengan optimal dan aman. Hindari juga mengangkat komedo hitam dengan akar mendalam secara paksa, karena dapat menimbulkan luka yang membekas di kulit.

 

Yes, itu dia 7 cara menghilangkan komedo hitam yang bisa kamu lakukan, Teman Senka. Jangan khawatir, masalah kulit berupa komedo hitam itu merupakan hal wajar yang dialami oleh setiap orang, kok! Untuk mencegahnya datang kembali di kemudian hari, selalu pastikan kamu lakukan double cleansing  setiap hari secara rutin, salah satunya menggunakan produk pembersih wajah yang mampu berikan deep cleansing pada kulit seperti Senka Perfect White Clay. Kabar baiknya, facial foam ini sudah bisa kamu dapatkan di Alfamart terdekat lho, Teman Senka! Jadi, nggak perlu jauh-jauh lagi deh untuk dapetin pembersih wajah yang bisa mengangkat komedo hitam di wajah ini! Hihi.

 

Oh ya, selain tips bagaimana menghilangkan komedo hitam pada wajah, banyak tips seputar kesehatan dan kecantikan kulit lainnya yang bisa kamu baca pada halaman Senka Stories, lho!