Logo Logo

Jangan Keliru! Ini Cara Menghilangkan Make Up yang Benar

Sering pakai make up sehari-hari? Kamu perlu paham cara menghilangkan make up yang benar agar kulit tidak iritasi, Teman Senka. Ketahui caranya di sini!

Banyak orang beranggapan, cuci muka dengan sabun pembersih wajah sudah cukup untuk menghapus make up. Padahal, residu make up yang tertinggal di pori-pori wajah berpotensi menimbulkan jerawat, bila tidak dibersihkan dengan tepat.  Nah, supaya nggak keliru, di bawah ini terdapat beberapa cara menghilangkan make up yang benar. Langsung baca artikelnya, yuk!

Pentingnya Membersihkan Make Up di Wajah

Sebelum mengetahui cara menghilangkan make up yang benar, Teman Senka perlu mengetahui alasan dibalik pentingnya membersihkan make up di wajah nih. Jika tidak dibersihkan, kulit kurang mendapatkan waktu pemulihan, sehingga timbul berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, komedo, hingga iritasi. 

Hal ini disebabkan oleh sebum pada pori-pori wajah mengalami penyumbatan yang membuat kulit jadi kering dan proses regenerasi menjadi terhambat. Lama kelamaan, kulitmu akan muncul kerutan dan jadi tampak lelah deh. 

Lantas, gimana sih cara menghilangkan make up yang benar? Simak informasi yang sudah Senka tulis di bawah ini, ya!

4 Cara Membersihkan Make Up yang Lengkap & Benar

1. Uap Wajah dengan Air Hangat

Nggak hanya dilakukan di salon atau klinik kecantikan saja, penguapan wajah sebagai cara menghilangkan make up yang benar bisa dilakukan di rumah, lho, Teman Senka. Cukup siapkan wadah berisi air hangat dan dekatkan wajahmu hingga terkena uapnya. Lambat laun, pori-pori wajahmu akan terbuka, sehingga make up lebih mudah terangkat.

2. Gunakan Make Up Remover

Setelah diuap, langkah selanjutnya yang perlu Teman Senka lakukan adalah menghapus make up nih. Kamu bisa memulainya dengan membersihkan make up bagian mata secara perlahan agar kulit di area tersebut tidak iritasi dan semakin sensitif. 

Untuk pilihan produknya, kamu bisa pakai make up remover dengan jenis cleansing oil, seperti Senka A.L.L Clear Oil. Formula Rice Bran Oil yang mengandung antioksidan 10 kali lebih banyak dibanding vitamin E mampu lunturkan make up waterproof sekaligus menjaga elastisitas kulit. Cara pakainya pun gampang banget. Cukup tuangkan oil pada telapak tangan, lalu usap perlahan hingga riasan make up di area mata benar-benar bersih.

Selanjutnya, kamu bisa membersihkan permukaan wajahmu sekali lagi pakai A.L.L Clear Water Fresh yang efektif membersihkan 3 lapisan kotoran di wajah, mulai dari heavy make up, polusi, hingga minyak. Caranya, tuangkan produk pada kapas, lalu usap perlahan di permukaan wajahmu hingga tak ada make up yang tersisa. 

3. Cuci Muka Pakai Facial Wash

Nggak cukup hanya dibersihkan pakai first cleanser alias make up remover saja, kamu juga perlu mencuci wajahmu pakai facial wash. Metode pembersihan ganda ini dinamakan double cleansing, tujuannya agar kotoran dan minyak di wajah benar-benar terangkat. Sehingga, kulitmu terhindar dari permasalahan kulit. 

Supaya wajah bersih dan lembap alami, kamu bisa pakai facial wash dari Senka. Terdapat beragam varian yang bisa kamu gunakan sesuai dengan tipe dan permasalahan kulitmu. Psst, jangan lupa terapkan metode 210 agar busa yang dihasilkan besar, padat, dan melimpah ya, Teman Senka.

4. Usap Wajah dengan Toner

Setelah wajah bersih, kamu bisa melanjutkan tahapan hapus make up dengan menggunakan toner ya, Teman Senka. Gunanya toner ini adalah untuk memastikan kotoran tak tertinggal di wajah, melembapkan, sekaligus menyeimbangkan pH kulitmu agar proses penyerapan skincare setelahnya berjalan optimal. Cara pakainya pun kurang lebih sama seperti pakai make up remover kok. Cukup tuangkan toner secukupnya pada kapas, lalu usap ke seluruh permukaan wajah. Ingat, lakukan dengan hati-hati agar kulit wajahmu tidak iritasi ya!

Itu dia empat cara menghilangkan make up yang benar. Jangan lupa lakukan cara di atas dengan urut dan rutin agar kulitmu tetap bersih dan lembap. Bila kamu ingin mendapatkan tips perawatan kulit lainnya dari Senka, kamu bisa tonton videonya di TikTok Senka Indonesia ya. Let’s enjoy your clean makeup removal routine and get your #PerfectlyRenewedSkin with Senka!

Glosarium:

  1. Cleansing Oil: Produk pembersih wajah jenis minyak yang mampu membersihkan make up dan kotoran.
  2. Make Up Waterproof: Produk kosmetik antiair sehingga riasan lebih tahan lama. 
  3. First Cleanser: Produk pembersih wajah tahapan pertama. Bisa berupa cleansing oil dan micellar water