Logo Logo

Catat! Ini 8 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Ternyata, banyak cara menghilangkan minyak di wajah yang praktis dilakukan! Cek selengkapnya di sini yuk, Teman Senka!

Kulit wajah berminyak adalah suatu kondisi di mana kelenjar minyak atau sebaceous memproduksi sebum (minyak alami) secara berlebihan. Memang benar minyak alami berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit. Namun, apabila berlebihan dan tidak ditangani, maka dapat meningkatkan potensi masalah kulit, seperti kulit kusam, penyumbatan pori-pori, komedo, hingga jerawat. Agar terhindar dari masalah-masalah kulit itu, langsung simak cara menghilangkan minyak di wajah berikut ini.

 

1. Rutin double cleansing

Cara menghilangkan minyak di wajah yang paling penting adalah rutin melakukan double cleansing, metode pembersihan wajah yang terdiri dari dua tahap yaitu menggunakan makeup remover dan mencuci muka dengan facial foam setelahnya. Satu hal lagi yang perlu kamu ingat nih, Teman Senka. Pastikan juga kamu menggunakan makeup remover serta facial foam yang lembut di wajah serta sesuai dengan tipe kulit kamu, ya.

 

2. Pakai pelembap

Seringkali, orang dengan kulit berminyak meyakini bahwa mereka tidak perlu menggunakan pelembap wajah lantaran memiliki produksi minyak tinggi. Ternyata, hal ini salah lho, Teman Senka. Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap wajah yang bisa mengurangi kelebihan minyak dan menjaga kulit tetap lembap di saat yang sama. Supaya nggak salah pilih, pastikan kamu memilih pelembap tanpa kandungan minyak di dalamnya serta dengan tekstur gel.

 

3. Siap sedia kertas minyak

Mungkin, Teman Senka yang memiliki tipe kulit berminyak sudah nggak asing dengan benda satu ini. Yup, kertas minyak atau face paper merupakan lembaran tipis yang bisa digunakan untuk menyerap minyak pada wajah. Meskipun tidak dapat mengurangi produksi minyak, kertas minyak bisa menjadi solusi untuk mengangkat minyak berlebih seketika agar wajah tampil matte dan bebas kilap.

 

4. Gunakan sunscreen bebas minyak

Sama seperti pelembap, mayoritas pemilik tipe kulit berminyak sering menghindari penggunaan sunscreen karena dipercaya dapat menyumbat pori dan menyebabkan wajah memproduksi lebih banyak minyak. Padahal, sunscreen adalah salah satu rangkaian skincare yang nggak boleh kamu lewati untuk melindungi kulit dari sinar UV. Sebagai solusinya, pilihlah sunscreen tanpa kandungan minyak di dalamnya serta non-comedogenic sunscreen yang tidak akan menyumbat pori, sehingga tidak memicu produksi minyak berlebih pada wajah.

 

5. Aplikasikan toner

Menggunakan toner untuk kulit berminyak adalah rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan, karena dapat mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu memilih jenis toner yang bebas minyak dan memiliki kandungan skincare seperti AHA, BHA, witch hazel, dan bahan aktif lainnya yang cocok untuk kulit berminyak.

 

6. Lakukan terapi es batu

Selain menyegarkan, es batu juga dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Hal ini karena es batu dapat mengencangkan dan memperkecil pori-pori kulit, sehingga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya, kamu bisa melakukan terapi es batu dengan mengusap es batu secara perlahan pada permukaan kulit wajah. Ingat untuk melakukannya pada wajah yang sudah bersih, ya.

 

7. Batasi pemakaian scrub

Menggunakan produk scrub terlalu sering dinilai dapat memperparah produksi minyak pada kulit wajah. Sifat scrub yang cukup keras, dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi yang akan memicu kulit memproduksi minyak lebih banyak agar kulit tetap lembap. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya kamu membatasi penggunaan scrub secara berlebihan.

 

8. Pakai skincare berbahan dasar clay

Sebagai alternatif skincare yang memiliki scrub di dalamnya, kamu bisa menggunakan skincare dengan bahan clay. Bahan dasar clay dinilai lebih efektif mengangkat minyak pada wajah, karena mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori dan mengangkat sel kulit mati dengan efektif.

 

Kamu bisa menggunakan Perfect White Clay, facial foam dari Senka mengandung Mineral White Clay, White Cocoon Essence, dan Double Hyaluronic Acid di dalamnya. Facial foam ini mampu berikan deep cleansing pada wajah, untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, mencerahkan, serta melembapkan kulit wajah.

 

Jadi, Teman Senka sudah tahu ya bagaimana cara menghilangkan minyak di wajah dengan tepat. Oh ya, selain delapan cara di atas, jangan lupa juga untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah, salah satunya dengan menggunakan sheet mask ya, Teman Senka! Salah satunya dengan varian Perfect Aqua White Mask - Soothing White yang mengandung ekstrak lidah buaya, Silk Cocoon Essence, dan Double Hyaluronic Acid berfungsi untuk menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit. Perlu diingat, meskipun kamu memiliki kulit berminyak, bukan berarti menjaga kelembapan wajah itu tidak perlu ya, Teman Senka!