Logo Logo

Sering Minder? Begini 11 Cara Meningkatkan Percaya Diri

Membangun rasa PD memang tidak mudah. Namun, dengan memahami cara meningkatkan percaya diri yang tepat, kamu bisa bersinar di segala tempat!

Dalam menjalani hari, penting untuk tampil percaya diri, Teman Senka. Soalnya, sikap percaya diri membuatmu lebih bebas melakukan berbagai aktivitas, baik itu kehidupan sehari-hari maupun profesional, dengan memaksimalkan kemampuan yang ada. Lantas, gimana sih cara meningkatkan percaya diri yang mudah? Cek ulasan lengkapnya, ya! 

1. Bangun Mindset Positif

Cara meningkatkan percaya diri yang pertama yaitu selalu berpikir positif. Bila Teman Senka merasa gagal saat akan melakukan sesuatu, maka tindakan yang dijalani akan berujung kegagalan pula karena kurangnya rasa percaya diri. Makanya, mulai saat ini, cobalah membangun mindset positif dengan mengatakan “Saya bisa jika saya mau” tiap kamu ragu.

2. Belajar Bersyukur

Selanjutnya, cara meningkatkan percaya diri adalah dengan belajar bersyukur. Dengan bersyukur, berarti kamu telah menghargai segala yang kamu miliki. Mulai dari, fisik yang prima dengan kondisi lengkap, talenta yang dimiliki, hingga kesempatan untuk belajar. Kalaupun tiba-tiba kamu merasa minder, ingatlah bahwa ada kelebihan dibalik kekurangan. So, lets grow up and learn how to be more grateful everyday.

3. Pelajari Hal Baru

Mulailah meningkatkan percaya diri dengan mempelajari hal baru. Semakin banyak wawasan yang kamu miliki, maka lambat laun, kamu tumbuh menjadi orang yang yakin pada kemampuan diri.

4. Evaluasi Kelebihan dan Kekurangan

Saat melakukan hal baru, tentunya ada risiko gagal yang bikin kamu jadi nggak pede. Hal seperti itu nggak boleh dibiarkan, Teman Senka. Tanamkan pada dirimu bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang perlu dilakukan adalah, mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan tersebut. Selain itu, fokuslah pada kelebihan yang kamu punya. Dengan memuji dan menghargai diri lewat kelebihan yang dimiliki, kamu dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

5. Lakukan Hobi

Yes, ekspresikanlah diri lewat hobi yang kamu sukai. Misal, kamu bisa pilih les yoga, biola, piano, teater, basket, dan lain-lain. Dengan melakukan sesuatu yang kamu suka, kepuasaan diri dan rasa percaya diri pun meningkat, apalagi bila kamu menjalaninya dengan senang hati. 

6. Fokus dengan Tujuan

Teman Senka, penting untuk memiliki tujuan. Sebab, tujuan ini bisa dipakai untuk membangkitkan rasa optimisme dalam tubuh. Bila kamu belum memiliki tujuan, coba deh pikirkan sejenak apa sih yang ingin dilakukan tapi nggak berani memulai karena takut. Lalu, baru deh jadikan keinginanmu tujuanmu sebagai motivasi agar terwujud, sehingga kamu lebih pede.

7. Perbaiki Penampilan Diri

Selanjutnya, cara meningkatkan percaya dirimu adalah dengan memperbaiki penampilan. Untuk memulainya, kamu bisa mengenakan baju yang nyaman, menata rambut, dan merawat kulitmu setiap harinya, agar lembap dan merona pakai Senka Perfect Whip Berry Bright. Dengan kandungan Mixed Berries yang kaya antioksidan ini mampu hilangkan kulit kusam, wajah pun jadi cerah merona dan bikin pede jadi meningkat, deh!

8. Memulai Pertemanan

Pernah dengar pepatah bahwa “teman adalah cerminan diri sendiri”? Well, kamu perlu mempertimbangkan kebenaran pepatah itu, Teman Senka. Biasanya, orang yang percaya diri mampu berbaur dengan mudah akibat terbiasa berinteraksi dengan orang lain. Makanya, kalo kamu mau makin pede, biasakan diri untuk memulai pertemanan. Sehingga, kekhawatiran untuk tampil canggung depan orang lain pun bisa teratasi deh.

9. Perbaiki Postur Tubuh

Tahukah, Teman Senka? Postur tubuh yang tegap akan membantumu tampil lebih percaya diri, lho. Sebab, saat kamu berdiri atau duduk tegap, secara nggak langsung tubuh mengirimkan pesan positif bahwa ‘aku siap dan aku bisa’ ke seluruh sel tubuh. So, kalo kamu mau percaya diri, mulai coba ubah posturmu menjadi tegap dan tersenyumlah.

10. Rutin Berolahraga

Ternyata manfaat olahraga erat kaitannya dengan rasa percaya diri lho! Hal ini karena aktivitas fisik yang kita lakukan memancing hormon endorfin untuk bereaksi dengan reseptor di otak, yang membuat pikiran menjadi rileks dan mood baik. Sehingga, diri sendiri jadi termotivasi dan akan tampil lebih percaya diri.

 11. Jadi Diri Sendiri

Sering kali, rasa minder membuat kita meniru orang lain dan membuat diri sendiri nggak nyaman. Padahal, cara meningkatkan percaya diri yang baik adalah menjadi diri sendiri dan menerima apa pun kekuranganmu. Yakinkan diri bahwa kamu unik dan berharga. Tak perlu risau dengan pendapat orang. Selama kamu nyaman, kepercayaan diri pun akan meningkat seiring berjalannya waktu kok, Teman Senka! 

Itu dia cara meningkatkan percaya diri, Teman Senka. Dari sebelas cara di atas, mana nih yang sudah kamu lakukan?

Glosarium:

  1. Hormon Endorfin: Hormon yang mampu menimbulkan perasaan bahagia.
  2. Reseptor: Sel saraf yang berfungsi untuk mengenali rangsangan dari luar atau dalam tubuh.