Logo Logo

Jangan Keliru! Ini Cara Merawat Kulit Sensitif dengan Tepat

Apakah kamu yakin sudah merawat kulit wajah sensitif-mu dengan tepat? Yuk, pastikan cara merawat kulit sensitif dengan tepat di sini!

Kulit wajahmu terasa gatal, perih, bahkan memerah ketika salah menggunakan perawatan wajah dengan kandungan tertentu? Kemungkinan besar kamu memiliki kulit wajah sensitif tuh, Teman Senka. Supaya tidak terulang lagi di kemudian hari, baiknya kamu ketahui ciri-ciri dan cara merawat kulit sensitif dengan tepat di bawah ini.

Ciri Kulit Sensitif

Mudah memerah dan muncul ruam

Biasanya cara paling gampang untuk mengetahui kalau kulit wajah sensitif itu adalah dari respon kulit setelah memakai produk tertentu. Selain itu, kulit wajah yang sensitif juga akan memperlihatkan respon memerah dan muncul ruam di sekitar kulit wajah ketika kondisi cuaca tidak menentu. Tapi, kalau kulit wajahmu terus memerah, baiknya kamu langsung konsultasikan ke dokter kulit, karena bisa saja kamu mengidap rosacea.

Terasa perih saat suatu produk tidak cocok

Ciri selanjutnya dari kulit sensitif adalah kulit terasa perih ketika bereaksi atas suatu produk, paparan sinar matahari, dan lainnya. Biasanya, kulit sensitif juga mudah bereaksi saat suatu produk perawatan wajah yang mengandung bahan aktif yang kuat dan wewangian tertentu. Jadi pastikan untuk memilih produk perawatan wajah dengan kadar kandungan yang pas untuk kulit wajahmu, ya.

Alergi

Saat kamu memiliki kulit wajah yang sensitif dan kulitmu bereaksi ketika menggunakan suatu produk, jangan terburu-buru mengganti produk perawatan kulitmu sementara kulit wajah masih iritasi. Baiknya hentikan dulu sejenak pemakaiannya selama beberapa minggu, hingga kondisi kulit wajahmu membaik. Namun, apabila kulit wajahmu masih ada yang memerah, kering, ataupun perih setelah melakukan perawatan yang sama, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan apakah ini tanda reaksi alergi atau tanda kondisi lainnya.

Mengelupas

Nah, keadaan di mana kulit wajahmu mengelupas bisa menandakan ada suatu keganjilan pada kelembapan kulitmu. Biasanya pengelupasan terjadi di beberapa area wajah, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa seluruh area wajah. Apabila pengelupasan yang terjadi pada kulit wajahmu sudah berlebihan, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: terlalu sering melakukan exfoliation, kulit wajah kekurangan kelembapan, atau memang kulit wajahmu memang sensitif dan sedang bereaksi terhadap suatu produk perawatan/cuaca.

Cara merawat kulit wajah sensitif

Pilih produk yang tepat

Cara merawat kulit sensitif yang pertama adalah memilih produk perawatan wajah yang tepat. Karena sifat dari kulit sensitif itu mudah bereaksi terhadap suatu produk/cuaca, kamu perlu lebih teliti, terutama saat membaca kandungan dalam produk perawatan wajah. Usahakan untuk memilih dan menggunakan produk yang minim bahan kimia atau produk dengan formula yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, hindari juga menggunakan toner, astringen, eksfoliator berlebih serta produk yang mengandung pewangi dan alkohol berlebih.

Pilihlah produk dengan bahan dasar alami, seperti aloe vera, royal jelly, green tea, mawar, atau chamomile.

Pakai sunscreen

Setelah memilih produk perawatan yang tepat, cara merawat kulit sensitif selanjutnya adalah menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Tak jarang sunscreen dilupakan, padahal pemakaian sunscreen ini penting untuk melindungi kulit wajah dari sunburn, munculnya sunspots, hingga iritasi yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Tapi pemakaian sunscreen juga penting, walaupun sekarang kita lagi di masa pandemi dan membuat kita harus di rumah saja.

Selain itu, hindari juga paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Karena bisa menyebabkan kulit wajah semakin sensitif dan mengalami iritasi yang semakin parah. Apabila aktivitasmu mengharuskanmu di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, reapply sunscreen selama 2jam sekali, serta akali dengan topi lebar dan kacamata hitam.

Rutin double cleansing

Nah, sebelum dan setelah beraktivitas penting banget nih untuk menjaga kebersihan wajah agar tetap bersih dan sehat. Bersihkan kulit wajahmu 2x sehari, pada pagi hari dan menjelang tidur malam. Untuk mendapatkan kondisi wajah yang bersih dan sehat dengan maksimal, lakukan dengan metode double cleansing. Awali dengan membersihkan kotoran dan makeup dengan facial cleanser. Lalu, lanjutkan mencuci muka dengan facial foam untuk memastikan kotoran wajahmu terangkat dengan maksimal.

Kabar baiknya, Senka memiliki rangkaian yang tepat untuk membersihkan kulit wajahmu khususnya yang bertipe sensitif, nih! Kamu bisa pakai facial cleanser A.L.L. Clear Water White dan dua pilihan facial foam, yaitu Perfect Whip dan Perfect Whip White. Rangkaian ini memiliki kandungan yang lembut dan berbahan dasar alami, sehingga aman untuk kulit wajah sensitifmu. Pastikan untuk melakukan cara merawat kulit sensitif ini dengan rutin ya, Teman Senka!

Hindari menyentuh wajah

Cara merawat kulit sensitif yang terakhir adalah menghindari menyentuh wajahmu terlalu sering. Terdengar sepele, tapi faktanya aktivitas ini berpotensi memindahkan kotoran dan bakteri yang ada pada jari/telapak tangan ke kulit wajah, lho. Sehingga, risiko kulit wajah sensitifmu bereaksi dapat meningkat, dapat memicu munculnya jerawat, dan tentunya berbahaya di kondisi pandemi seperti ini. Apabila kamu ingin menyentuh wajah, pastikan kalau tanganmu bersih. Tidak hanya membuatmu terhindar dari masalah kulit wajah, tapi juga terhindar dari virus covid-19 yang sedang merebak saat ini. Plus, pastikan juga untuk menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan) ya, Teman Senka!

Itulah empat ciri-ciri kulit sensitif dan empat cara merawat kulit sensitif yang bisa kamu ketahui. Apabila telah melakukan keempat cara di atas dengan rutin, setidaknya kamu telah berhasil melakukan hal dasar untuk merawat kulit wajah sensitif. Pastikan juga untuk melengkapi perawatan wajahmu dengan rangkaian khusus kulit wajah sensitif dari Senka, serta tetap jaga kebersihan dan melakukan protokol kesehatan ya, Teman Senka!