Logo Logo

7 Cara Perawatan Wajah Sehari-hari untuk Remaja yang Benar

Remaja merupakan usia yang tepat untuk merawat diri agar tetap tampil cantik. Untuk itu, yuk, intip cara perawatan wajah sehari hari untuk remaja di sini!

Meskipun terbilang muda, remaja juga membutuhkan perawatan kulit sejak dini. Soalnya, kulit terus menerus melakukan regenerasi selama 28 hari. Namun, sayangnya, tak semua perawatan bisa diaplikasikan pada kulit remaja. Ada beberapa kesalahan perawatan yang kerap dilakukan, sehingga memicu permasalahan kulit. 

Lalu, apa saja cara perawatan wajah sehari-hari untuk remaja? Baca informasi selengkapnya di sini ya!

Manfaat Merawat Wajah dari Usia Remaja

Menjaga kesehatan kulit merupakan investasi di hari tua. Makanya, kamu dianjurkan merawat kulit sejak remaja agar kulit tetap terlihat kencang, cerah, dan bersinar, meskipun menginjak usia kepala tiga. Lantas, apa saja sih manfaat lain dari merawat wajah bagi remaja?

1. Mencegah Permasalahan Kulit

Padatnya aktivitas di luar ruangan saat usia remaja membuat wajah terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. Akibatnya, wajah gampang jerawatan, kusam, dan berminyak. Bila tidak segera ditangani, kulit berpotensi mengalami permasalahan yang lebih kompleks, lo! Makanya, yuk mulai rawat kulit wajah sejak dini menggunakan produk perawatan yang tepat sesuai permasalahan dan tipe kulit.

2. Menyeimbangkan Produksi Hormon

Memasuki usia remaja, umumnya terjadi ketidak seimbangan hormon akibat pubertas. Tak jarang, kulit jadi gampang jerawatan, kusam, dan timbul banyak komedo, akibat kelenjar minyak terlalu aktif dalam memproduksi hormon. Makanya, penting untuk menggunakan rangkaian produk perawatan kulit wajah agar efek dari produksi hormon menjadi lebih seimbang. 

Kesalahan Umum yang Kerap Dilakukan Remaja

Saat ini, perawatan wajah merupakan hal yang penting dilakukan remaja agar terhindar dari permasalahan kulit. Namun, sayangnya, tidak semua remaja memahami betul perawatan yang tepat untuk wajah. Masih banyak yang terkecoh dan melakukan kesalahan mendasar yang berdampak pada kesehatan kulit wajah. Apa saja kesalahan yang kerap dilakukan? Daripada penasaran, langsung simak ulasan berikut ini, yuk!

1. Jarang Melakukan Double Cleansing

Double cleansing sangatlah penting bagi remaja. Sebab, padatnya aktivitas membuat polusi, debu, dan kotoran mengendap di pori-pori sehingga harus dibersihkan dengan baik. Untuk itu, membersihkan wajah pakai cleansing oil/milk cleanser/micellar water dan melanjutkannya dengan pembersih wajah sesuai tipe kulit sangatlah penting guna memastikan kebersihan pori-pori wajah. 

2. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Remaja kerap mencuci wajah saat merasa kotor atau timbul sedikit minyak. Padahal, terlalu sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga memaksa kulit memproduksi lebih banyak minyak lagi. Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, cukup bersihkan wajah 2x sehari (sebelum dan setelah beraktivitas) supaya produksi minyak alami bisa terkontrol dengan baik.

3. Tidak Melengkapi Basic Skincare

Teman Senka, tahu nggak sih kalau remaja tak perlu menggunakan berlapis-lapis skincare? Cukup aplikasikan basic skincare, seperti pembersih wajah, pelembap, dan sunscreen, maka  kulit sehat idamanmu pun bisa kamu dapatkan. 

Cara Perawatan Wajah Sehari-hari untuk Remaja

Sekarang, kamu telah mengetahui manfaat dan kesalahan yang kerap dilakukan remaja saat merawat wajah kan? Nah, yuk ketahui bersama cara perawatan wajah sehari-hari untuk remaja agar kulit tetap sehat dan bercahaya.

1. Rutin Membersihkan Kulit

Teman Senka, selalu bersihkan kulit wajah setelah beraktivitas, meskipun kamu tidak menggunakan riasan wajah sekali pun. Sebab, kotoran dan minyak yang menempel di wajah berpotensi memicu permasalahan kulit, seperti jerawat dan kulit kusam.

Untuk itu, cuci muka setidaknya sekali dalam sehari menggunakan pembersih wajah yang tepat sesuai tipe kulit sangatlah dianjurkan. Bila kulitmu berminyak, kamu bisa pakai pembersih wajah yang memiliki busa atau berbahan dasar gel, seperti Senka Perfect Gel Gentle Wash. Sedangkan, bila kulitmu kering, gunakanlah pembersih wajah yang mengandung Double Hyaluronic Acid agar tetap lembap, seperti Senka Perfect Whip.

2. Hindari Sabun Cuci Muka Berbahan Dasar Scrub

Bila kulitmu kering dan sensitif, cara perawatan wajah sehari-hari untuk remaja yang benar adalah dengan menghindari penggunaan scrub sebagai sabun wajah. Pasalnya, scrub dapat membuat kulit iritasi dan semakin kering akibat gesekan butirannya. Sebagai pengganti, kamu bisa pakai sabun cuci muka yang meminimalisir friksi/gesekan berlebih.

3. Gunakan Toner

Setelah selesai mencuci muka, cara perawatan wajah sehari-hari untuk remaja adalah melanjutkan penggunaan toner. Fungsi toner di sini adalah untuk memastikan kotoran dan minyak berlebih di wajah benar-benar terangkat dan mempersiapkan kulit sebelum kamu melanjutkan step skincare berikutnya. Jadi, jangan lupa aplikasikan toner setelah mencuci wajah ya!

4. Pakai Pelembap

Pemakaian pelembap atau moisturizer mampu membuat kulit tetap sehat dan terbebas dari permasalahan kulit wajah. Pastikan memilih pelembap dengan tekstur yang tidak berminyak atau encer supaya tidak terjadi penyumbatan pori di wajah selama beraktivitas. 

5. Rajin Pakai Tabir Surya (Sunscreen)

Cara perawatan wajah sehari-hari untuk remaja yang penting dilakukan adalah rajin pakai tabir surya. Penggunaan sunscreen atau tabir surya ini mampu mencegah bekas jerawat dan bintik kehitaman di wajah. Oleh karena itu, pilihlah produk yang mengandung SPF minimal 30 dan rutin pakai tiap hari agar bisa terbebas dari efek buruk paparan sinar matahari. 

6. Jangan Memencet Jerawat

Walau terlihat menyebalkan, jangan sampai kamu tergoda untuk memencet jerawat ya, Teman Senka! Soalnya memencet jerawat dapat menimbulkan peradangan dan kemerahan sehingga kulit semakin terinfeksi deh. Makanya, jika pertumbuhan jerawatmu sudah tidak terkendali, Senka sarankan untuk segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit ya agar bisa ditangani sejak dini.

7. Lakukan Eksfoliasi Seminggu Sekali

Selain membersihkan wajah dan menggunakan toner, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati. Namun, yang perlu diperhatikan saat eksfoliasi adalah dengan memilih produk yang lembut di kulit agar tidak semakin sensitif, bahan clay bisa jadi pilihan karena terkenal dengan kemampuannya mengangkat sel kulit mati. 

Saat pengaplikasian jangan menggosok wajah terlalu keras ya, Teman Senka. Khawatirnya, skin barrier kulitmu akan rusak sehingga jadi iritasi dan kemerahan deh. Makanya, kamu disarankan untuk memilih eksfoliator yang lembut dan membersihkan secara menyeluruh. 

 

Itu dia cara perawatan wajah sehari-hari untuk remaja. Nah, ketujuh cara di atas penting banget untuk kamu lakukan sedari dini supaya kulitmu tetap sehat hingga tua nanti.

Untuk membantumu dalam menjaga kesehatan kulit, Senka Indonesia punya beragam varian pembersih wajah yang lembut dan bisa kamu pilih sesuai tipe kulit. Ada Senka Perfect Whip Acne Care yang dapat mengatasi permasalahan kulit berjerawat, Senka Perfect Whip Berry Bright yang mampu mengembalikan rona wajah dan usir kulit kusam, Perfect Gel Gentle Wash yang cocok untuk kulit sensitif, hingga Perfect White Clay untuk deep cleansing kulit. Keempat produk tersebut bisa kamu dapatkan di Senka Official Store secara online. So, go grab yours now and get your #PerfectlyRenewedSkin with Senka sekarang!