Logo Logo

Bukan Jerawat Biasa, Ini Ciri-ciri Fungal Acne Sebenarnya!

Ingin menghindari kulit wajah dari fungal acne? Kenali ciri-ciri fungal acne serta penyebabnya terlebih dahulu lewat artikel ini yuk, Teman Senka!

Ketika muncul benjolan kecil berwarna merah di kulit, biasanya kita langsung menyimpulkan kalau itu adalah jerawat biasa. Padahal, bisa saja benjolan kecil itu justru akibat dari infeksi jamur yang mirip jerawat, yaitu jerawat jamur atau yang biasa disebut sebagai fungal acne. Lalu, gimana sih cara mengetahui perbedaan atau ciri-ciri fungal acne sebenarnya? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini, Teman Senka!

 

 

Apa Itu Fungal Acne?

Sebelum mengetahui ciri-ciri fungal acne, kamu perlu mengetahui lebih lengkap mengenai fungal acne itu sendiri nih, Teman Senka! Memiliki nama ilmiah pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis, fungal acne merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Nah, jenis jamur inilah yang menempel di kulit dan menimbulkan benjolan kecil berwarna merah yang menyerupai jerawat. Selain mengganggu penampilan wajah, fungal acne juga memberikan rasa gatal pada kulit wajah, lho, Teman Senka. Ugh, ga banget kan, Teman Senka? Nah, supaya kamu terhindar dari fungal acne, yuk kenali ciri-ciri serta penyebabnya di bawah ini!

 

 

Ciri-ciri Fungal Acne

Serupa dengan masalah wajah pada umumnya, fungal acne juga bisa dikenali dengan ciri-ciri yang khas. Nah, agar kamu bisa membedakan benjolan kecil pada wajahmu itu merupakan jerawat biasa atau fungal acne, yuk langsung lihat ciri-ciri fungal acne selengkapnya di bawah ini!

 

  • Jumlah

Ciri-ciri fungal acne pertama yang bisa kamu ketahui adalah dari jumlahnya. Biasanya, fungal acne tidak muncul satu per satu, melainkan berkelompok di area yang berdekatan. Hal ini dikarenakan jamur yang mengendap pada kulit wajah berada di lokasi tertentu.

  • Ukuran

Fungal acne memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jerawat biasa dan biasanya disertai nanah di dalamnya. Sedangkan, jerawat biasa atau bruntusan dapat muncul dalam berbagai ukuran mulai dari kecil hingga ke besar.

  • Lokasi Kemunculan

Nah, selain muncul berkelompok pada area wajah atau tubuh yang sama, fungal acne juga muncul pada lokasi tertentu di tubuh kita. Biasanya, fungal acne ditemukan pada area T wajah, yakni dahi, hidung dan dagu. Hal ini dikarenakan area tersebut lebih rentan berminyak dibandingkan area wajah lainnya. Selain itu, fungal acne juga dapat muncul pada lengan, dada, dan punggung.

  • Terasa Gatal

Yup! Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ciri-ciri fungal acne yang terakhir adalah terasa gatal. Rasanya akan muncul di area di mana fungal acne itu berada.

 

Itu dia empat ciri-ciri fungal acne yang perlu kamu ketahui. Setelah memahami ciri-cirinya, penting juga agar kita dapat mengenali apa saja penyebab dari fungal acne tersebut. Baca terus sampai habis ya, Teman Senka!

 

 

Penyebab Fungal Acne

Munculnya fungal acne di wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kebersihan hingga faktor eksternal seperti makanan yang kita konsumsi. Langsung saja, ini dia penyebab fungal acne lebih lengkapnya:

  • Kelembapan yang berlebih

Eits, penyebab fungal acne yang satu ini bukanlah kulit yang sehat dan lembap alami ya, melainkan, kulit lembap akibat terpapar oleh pakaian yang basah atau kulit yang berkeringat dalam waktu yang lama. Kondisi ini tentunya dapat menstimulasi pertumbuhan jamur pada kulit, yang pada akhirnya dapat menimbulkan fungal acne.

  • Pakaian yang Terlalu Ketat

Selain memastikan agar mengenakan pakaian yang kering, menggunakan pakaian yang nyaman di kulit juga penting kamu perhatikan, Teman Senka. Karena, ternyata dengan mengenakan pakaian yang terlalu ketat, kulit justru akan sulit bernafas dan berujung memproduksi keringat berlebih. Akibatnya, pertumbuhan jamur penyebab fungal acne pun meningkat.

  • Mengonsumsi Obat Tertentu

Selain penyebab dari luar, pasalnya mengonsumsi obat tertentu seperti antibiotik juga dapat meningkatkan populasi jamur, salah satunya jamur penyebab fungal acne di kulit.

  • Sistem Imun Tubuh Lemah

Tak bisa dipungkiri, imunitas tubuh juga memiliki pengaruh terhadap muncul atau tidaknya fungal acne pada kulit kita. Kok bisa? Karena apabila imunitas tubuh kita sedang rendah, membuat jamur lebih mudah berkembang biak di tubuh kita, termasuk jamur penyebab fungal acne.

 

Bagaimana? Sekarang, kamu sudah tahu ya seluk-beluk fungal acne, mulai dari pengertian, ciri-ciri fungal acne, hingga penyebabnya. Nah, selain menghindari beberapa penyebab di atas yang dapat mengundang munculnya fungal acne, kamu juga perlu melengkapi perawatan wajahmu dengan lakukan double cleansing, nih. Salah satunya dengan menggunakan facial foam khusus untuk wajah berjerawat dari Senka, yaitu Perfect Whip Acne Care. Tenang, facial foam ini fungal acne safe kok, Teman Senka! Fungal acne safe di sini artinya facial foam ini tidak akan merangsang pertumbuhan fungal acne pada kulit, melainkan membantu agar masalah tersebut dapat hilang dari kulit wajah. Karena, Perfect Whip Acne Care ini diformulasikan dengan 3 active agents (Kyoto Chamomile, Salicylic Acid, dan White Cocoon Essence) yang dapat membantu menyelesaikan masalah jerawat pada wajahmu. Bagi kamu yang ingin merasakan kemampuan Perfect Whip Acne Care, dapatkan langsung secara online melalui Senka Official Store!