Logo Logo

Apa Saja Sih Ciri-ciri Kulit Dehidrasi?

Ternyata, kulit kering dan dehidrasi itu berbeda lho, Teman Senka. Agar tidak keliru, klik di sini untuk kenali ciri-ciri kulit dehidrasi selengkapnya!

Apakah kulit wajahmu tampak kusam dan kering, Teman Senka? Kalau iya, artinya kulitmu bisa saja dehidrasi, lho. Tak jarang kondisi ini memang membuat orang sulit menebak jenis kulit mereka yang sebenarnya. But, worry not! Dengan membaca ciri-ciri kulit dehidrasi secara lengkap di bawah ini, semoga kamu jadi bisa lebih memahaminya, ya.

 

Beda Kulit Dehidrasi dan Kering

Kulit terasa kering dan kencang, tapi begitu diaplikasikan moisturizer atau pelembap, kulit masih tetap kering? Bisa jadi, kulitmu mengalami dehidrasi, Teman Senka! Tapi, nggak jarang orang berkulit kering juga mengalami hal yang sama. Lalu, apa aja sih yang bisa membedakan kedua kondisi kulit ini? Berikut perbedaan lebih jelasnya:

 

  • Kulit Kering

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang kandungan atau lapisan minyak sedikit, sehingga kelembapannya mudah hilang. Biasanya, kulit kering memiliki ciri-ciri berupa tampilan pori-pori yang hampir tak terlihat, kurangnya elastisitas, garis halus pada wajah yang lebih terlihat, dan permukaan kulit yang kasar. Kulit kering ini bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, diantaranya pengaruh genetik, hormon dan usia pada faktor internal, serta perubahan cuaca atau musim pada faktor eksternal.

  • Kulit Dehidrasi

Berbeda dengan kulit kering, kulit dehidrasi bisa dialami oleh siapapun. Bahkan pemilik kulit berminyak sekalipun bisa kondisi kulit yang dehidrasi. Sama seperti anggota tubuh lainnya, terjadinya kulit dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh yang disebabkan oleh faktor eksternal.

 

Gimana, Teman Senka? Jadi, sudah tau ya perbedaan antara kulit dehidrasi dengan kulit kering. Selanjutnya, kita akan membahas ciri-ciri kulit dehidrasi, penyebab kulit dehidrasi, hingga produk yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit dehidrasi. Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis, ya!

 

Ciri-ciri Kulit Dehidrasi

Meskipun memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan kulit kering, tapi mengenali ciri-ciri kulit dehidrasi itu mudah kok, Teman Senka! Biasanya, kulit dehidrasi bisa dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:

 

  • Kulit kusam

Ya, faktanya kulit yang dehidrasi cenderung terlihat lebih kusam dibandingkan dengan kulit normal. Hal ini dikarenakan lapisan sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat kulit kehilangan fungsi untuk meluruhkan sel kulit mati yang ada.

  • Berminyak tapi terasa kering

Kulit yang dehidrasi biasanya daya serap kelembapannya akan berkurang. Hal ini mengakibatkan kulit kita kehilangan kelembapan dan akan menghasilkan lebih banyak minyak agar kadar cairan tidak hilang. Sehingga, dampaknya memunculkan bercak kering pada kulit, dengan lapisan minyak di atasnya.

  • Kulit lebih sensitif

Skin-barrier yang rusak akibat kulit dehidrasi akan sulit melawan bakteri dan polutan yang menempel pada kulit. Sehingga, kulit menjadi lebih sensitif dan cenderung lebih mudah terkena masalah kulit seperti jerawat, bruntusan, dan masalah kulit lainnya.

  • Kulit terasa gatal atau bersisik

Kurangnya cairan pada tubuh juga dapat mengakibatkan kulit terasa kasar, gatal, dan bersisik. Biasanya, hal ini disebabkan oleh pergantian cuaca ekstrem atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

 

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri kulit dehidrasi, Teman Senka! Sampai di sini sudah semakin jelas, kan? Hihi. Tapi, tenang saja bila kamu belum yakin apakah kulitmu benar-benar dehidrasi, kamu bisa kok melakukan salah satu metode mudah untuk memastikannya. Caranya, kamu bisa mencubit sedikit bagian kulit pada punggung tangan, perut, dada ataupun pipi. Setelah mencubitnya, perhatikan dengan seksama pada bagian kulit yang dicubit. JIka kulitmu kembali ke posisi semula dengan cepat, artinya, kulitmu sudah terhidrasi dengan baik. Sebaliknya, apabila kulitmu terlihat membutuhkan waktu untuk kembali ke posisi semula setelah dicubit artinya kulitmu dehidrasi.

 

Penyebab Kulit Dehidrasi

Setelah mengetahui ciri-ciri kulit dehidrasi serta metode untuk memastikan kulit dehidrasi, kini saatnya kamu mengenali apa yang menjadi penyebab kulit dehidrasi nih, Teman Senka! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit dehidrasi pada umumnya disebabkan oleh berbagai faktor eksternal, diantaranya:

 

  • Kurang minum air putih

Salah satu penyebab ini pasti sudah jelas banget, ya. Kurangnya asupan air putih memberikan berdampak buruk bagi seluruh tubuh, salah satunya kulit kita. Untuk menghindarinya, pastikan kamu mencukupi kebutuhan asupan air putih kamu setiap harinya sebanyak 8 gelas per hari.

  • Cuaca

Berada di wilayah dengan cuaca yang terlalu panas dan dingin juga bisa menyebabkan kulit dehidrasi nih, Teman Senka. Karena, suhu yang terlalu panas atau dingin yang ekstrim dapat menguapkan cairan dalam kulit sehingga menyebabkan kulit dehidrasi.

  • Konsumsi Rokok dan Alkohol

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, rokok dan alkohol juga bisa mengakibatkan banyak efek negatif bagi kulit seperti kulit dehidrasi. Makanya, hindari konsumsi rokok dan alkohol agar kulitmu tetap sehat, ya.

  • Kurang Tidur

Kurang istirahat di malam hari juga bisa membuat kulitmu dehidrasi, nih. Kenapa? Karena, apabila tidur kita kurang dapat menghambat proses regenerasi. Sehingga, menyebabkan menumpuknya sel kulit mati yang membuat kulit jadi terlihat kusam dan kehilangan kelembapannya. Untuk menghindarinya, pastikan kamu memiliki tidur yang berkualitas selama 7-8 jam setiap harinya, ya.

 

Itu dia beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Agar menghindari kulitmu dehidrasi, Senka punya rangkaian produk untuk membantumu merawat kulitmu, nih. Apa aja produknya? Intip selengkapnya di bawah ini!

 

Rekomendasi Skincare Senka untuk Kulit Dehidrasi

Senka memiliki berbagai varian perawatan kulit yang lembut dan aman digunakan mulai dari remaja hingga dewasa. Untuk merawat kulit dehidrasi, ini dia rekomendasi produk Senka yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kulit dehidrasimu menjadi sehat dan lembap alami.

 

  • Makeup Remover

Apapun masalah kulitmu, perlu diingat bahwa tahap double cleansing tetap penting untuk dilakukan, Teman Senka. Nah, untuk kulit dehidrasi, kamu bisa menggunakan A.L.L Clear Milk sebagai pembersih wajah. Varian yang satu ini diformulasikan tanpa alkohol, pewarna, dan pewangi sehingga aman digunakan oleh kulit yang sedang sensitif akibat dehidrasi.

 

Namun, jika kamu tidak menyukai pembersih wajah dengan tekstur creamy, kamu juga bisa kok menggunakan seri A.L.L Clear Water dari Senka! Seri micellar water ini terdiri dari dua varian, yaitu A.L.L Clear Water Fresh dan A.L.L Clear Water White yang tidak mengandung alkohol dan sangat ringan di kulit. Terlebih lagi, seri A.L.L Clear Water juga dilengkapi dengan Double Hyaluronic Acid yang bisa melembapkan kulit wajahmu dengan ekstra.

 

  • Facial Foam  

Selah membersihkan sisa makeup dan kotoran yang menempel, saatnya melanjutkan double cleansing-mu dengan facial foam yang lembut di wajah. Ada tiga rekomendasi facial foam dari Senka yang bisa mengatasi kulit dehidrasi, nih. Kita bahas satu-satu ya, Teman Senka!

 

Pertama, Perfect Whip. Facial foam yang satu ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit dehidrasi. Senka Perfect Whip diformulasikan dengan Double Hyaluronic Acid untuk menjaga kelembapan wajah setelah mencuci muka. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan busa yang melimpah, padat, dan besar dari Perfect Whip untuk mengurangi gesekan berlebihan antara telapak tangan dan kulit wajah yang dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar.

 

Kedua, kamu bisa menggunakan Senka Perfect Whip White yang dikhususkan untuk kulit sensitif, termasuk kulit sensitif akibat dehidrasi. Facial foam ini diperkaya dengan Double Hyaluronic Acid dan Aqua-In-Pool yang berfungsi melembapkan kulit wajah dengan maksimal, serta memperkuat skin-barrier kulit sehingga terhindar dari berbagai masalah pada wajah. Nggak hanya itu, facial foam ini juga mampu mencerahkan kulit wajah di saat yang sama dengan kandungan Fuji Sakura Essence dan White Cocoon Essence di dalamnya! Hihi.

 

Last but not least, facial foam rekomendasi Senka yang dapat mengatasi kulit dehidrasi adalah Senka Perfect Whip Collagen In. Facial foam dengan kemasan pink ini, diformulasikan dengan 60% beauty collagen serum berasal dari larutan khusus kosmetik. Kandungan collagen di dalamnya ini berperan untuk melembapkan, menghilangkan kerutan halus, serta sebagai anti-aging agent pada kulit wajah. Jadi, memang cocok banget digunakan oleh kulit kering ataupun dehidrasi karena kemampuan melembapkannya yang maksimal!

 

  • Sheet Mask

Setelah kulit wajah sudah bersih, saatnya memberi nutrisi ekstra memakai sheet mask! Ya, essence yang ada pada sheet mask bisa bantu mengatasi masalah kulit dehidrasi, sehingga menjadi lembap dan sehat kembali. Bagi kamu yang ingin merawat dan mencegah kulit dehidrasi, kamu bisa menggunakan varian Perfect Aqua Bouncy Moist, Luminous Moist, Extra Moist, dan Soothing White Sheet Mask dari Senka, nih! Keempatnya diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang mampu melembapkan kulit wajah dengan ekstra serta menenangkan kulit wajah yang lelah, sehingga terlihat fresh kembali. Tapi, Senka nggak akan bosen ingetin kamu, nih! Untuk hasil yang optimal, pastikan kamu menggunakannya selama 15-20 menit setiap 2x seminggu ya, Teman Senka!

 

Itu dia info lengkap mengenai perbedaan kulit kering & dehidrasi, serta ciri-ciri hingga penyebab kulit dehidrasi yang bisa kamu ketahui. Jadi, bagi Teman Senka yang saat ini sedang mengalami kulit dehidrasi tetap tenang, ya! Selain merawat kulit dengan produk Senka di atas dan skincare pendukung lainnya, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan menjalani gaya hidup sehat, selalu mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Fyi, semua produk Senka di atas bisa kamu dapatkan secara online dengan mudah. Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil, Teman Senka! Jadi, tetap semangat dan stay positive dalam menjalani harimu, ya. Have a good day!