Logo Logo

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri Muka Alergi Kosmetik!

Mengalami kulit kemerahan, gatal, atau bengkak? Bisa jadi kulitmu alergi. Yuk, cek ciri-ciri muka alergi kosmetik selengkapnya di artikel ini!

Memang benar kosmetik merupakan salah satu instrumen bagi banyak perempuan untuk mempercantik penampilan wajahnya. Namun, sayangnya kosmetik juga dapat merusak penampilanmu apabila tidak sesuai dengan kulitmu. Nggak hanya pemilik kulit sensitif saja, tapi semua orang dengan beragam jenis kulit dapat terkena alergi kosmetik. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri muka alergi kosmetik ini, Teman Senka! Supaya kamu bisa langsung mengatasinya apabila itu terjadi. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

1. Terasa Gatal

Pernahkah kamu merasakan gatal di bagian pipi, hidung, atau dahi setelah menggunakan kosmetik tertentu? Hmm, bisa jadi, kulitmu memiliki alergi terhadap kandungan dari kosmetik yang kamu gunakan nih, Teman Senka! Pasalnya, berbagai produk kosmetik seringkali mengandung berbagai bahan campuran seperti alkohol, parfum buatan, atau pengawet berupa paraben yang bisa memicu sensitivitas pada kulit kita.  Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua alkohol dan parfum yang terdapat dalam kosmetik atau produk skincare berbahaya bagi kulit kita. Kamu masih bisa memilih produk kosmetik atau skincare dengan kandungan alkohol atau parfum yang lembut pada kulit. Karena terdapat beberapa jenis alkohol dalam skincare justru dapat melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit kita, Teman Senka. Jadi, pilihlah dengan baik, ya.

 

2. Ruam yang Tidak Biasa

Setelah beraktivitas terlalu lama di bawah matahari, wajar halnya kalau kulit kita cenderung mengalami kemerahan walaupun sudah memakai sunscreen. Namun, jika kamu mengalami ruam/kemerahan yang berlebihan disertai dengan rasa gatal atau kulit bengkak, bisa jadi kulitmu mengalami ketidakcocokan dengan produk makeup yang kamu gunakan, nih, Teman Senka!

 

Kondisi ruam yang tidak biasa ini seringkali disebut dengan dermatitis kontak alergi, yaitu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap produk kosmetik tertentu. Biasanya, reaksi ini muncul 12-48 jam setelah kamu menggunakan kosmetik yang mengandung formula/kandungan yang tidak cocok dengan kulitmu.

 

3. Bibir Bengkak

Tidak hanya kulit wajah, bibir juga bisa mengalami efek samping akibat alergi terhadap produk kosmetik yang kamu gunakan, Teman Senka. Biasanya, reaksi berupa bibir bengkak, gatal dan kering ini diakibatkan karena ketidakcocokan pada produk kosmetik bibir seperti lip balm, lipstik, dan produk bibir lainnya.

 

4. Jerawat dan Komedo

Memiliki jerawat dan komedo memang merupakan hal normal yang pasti dialami oleh banyak orang, terutama saat hormon dalam tubuh kita berubah. Namun, kedua hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kulit kita mengalami alergi pada produk kosmetik yang kita gunakan, lho. Jerawat akibat alergi seringkali disebut sebagai breakout, terasa gatal, dan akan muncul secara berlebihan pada area tertentu.

 

5. Biduran atau Berbintik-bintik

Ciri-ciri muka alergi kosmetik yang kelima adalah munculnya biduran atau bintik-bintik menyerupai bentol kemerahan pada wajah. Bintik-bintik kecil ini juga dibarengi dengan sensasi perih pada wajah, serta munculnya bengkak dan rasa gatal. Jika kamu mengalami gejala ini, jangan sampai kamu menggaruk rasa gatal yang muncul pada wajahmu agar tidak semakin parah ya, Teman Senka.

 

6. Mata Iritasi

Menggunakan eye makeup seperti mascara, eyeliner atau eyeshadow memang dapat membuat mata kita terlihat cantik. Namun, beberapa kandungan di dalamnya bisa saja tidak dapat ditoleransi oleh kulit di area mata kita sehingga menyebabkan alergi. Akibatnya, mata menjadi iritasi seperti mata memerah, berair, dan terasa gatal.

 

Itu dia 6 ciri-ciri muka alergi kosmetik yang bisa kamu ketahui, Teman Senka. Keenam ciri-ciri di atas biasanya terjadi dalam 24 jam setelah pemakaian kosmetik, bahkan bisa saja terjadi dalam waktu kurang 24 jam bagi pemilik kulit sensitif. Apabila Teman Senka mengalami satu dari keenam kondisi di atas, baiknya segera menghentikan pemakaian kosmetik tersebut dan segera konsultasikan ke dokter kulit jika keluhan yang kamu rasakan tidak kunjung hilang.

 

Nah, sama halnya dengan kosmetik, melakukan riset serta mencari tahu terlebih dahulu produk skincare yang tepat dengan kondisi kulitmu juga penting dilakukan, Teman Senka! Sehingga, kulit bisa mendapatkan perawatan yang maksimal dan meminimalisir terjadinya alergi pada kandungan dalam produk tertentu. Teman Senka nggak perlu khawatir, karena kini kamu bisa konsultasikannya di Ask Senka, untuk mengetahui produk Senka mana yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulitmu. Psst.. konsultasi ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja, kok! Segera cek sekarang untuk tau produk yang tepat untuk kulitmu, yuk! Hihi.