Logo Logo

Ketahui Ciri-ciri Purging Ini, Biar Nggak Salah Kaprah!

Kulit wajahmu berjerawat? Mungkin saja kamu dalam fase purging, Teman Senka! Yuk, intip ciri-ciri purging selengkapnya di bawah ini.

Baru saja mencoba produk skincare, tapi tiba-tiba kulit wajah menjadi kering atau berminyak, dan disertai jerawat. Apakah kamu pernah merasakan hal tersebut? Kalau iya, mungkin saja kamu sedang mengalami purging, Teman Senka! Singkatnya, purging adalah suatu fase di mana kulit sedang melalui proses penyesuaian terhadap produk yang kamu gunakan. Nah, salah satunya ditandai dengan munculnya jerawat pada wajah. Nah, supaya lebih jelas, gimana kalau kita langsung cari tahu ciri-ciri purging di bawah ini? Namun, sebelum itu yuk kita kenalan terlebih dahulu definisi dari purging itu sendiri.

 

Apa itu purging?

 

Purging adalah proses penyesuaian kulit di mana sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit baru atau semacam regenerasi kulit atau detoks. Pada proses ini, sebelum kulit baru muncul ke permukaan, biasanya kulit akan cenderung kering atau muncul minyak berlebih. Nah, minyak yang dihasilkan di fase ini berpotensi menyumbat pori-pori sehingga jerawat pun bisa saja timbul. Apakah kita akan selalu jerawatan setiap mencoba skincare baru? Tidak. Namun, kalau kamu mengalami fase di mana kulit tiba-tiba jerawatan, itu terjadi karena skincare yang kamu gunakan memiliki kemampuan mempercepat regenerasi kulit. Terlebih kalau pori-pori kulit dalam kondisi tersumbat kotoran dan minyak. Rata-rata waktu proses purging terjadi selama 4-6 minggu atau selama 28 hari.

 

Ciri-ciri purging

 

1. Mengelupas

Tanda pertama paling mudah kamu perhatikan kalau kamu mengalami purging adalah terjadinya pengelupasan kulit tipis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, proses pergantian sel kulit mati ke sel kulit yang baru akan mengakibatkan pengelupasan khususnya lapisan kulit pertama. Namun, kamu nggak perlu khawatir, karena justru ini merupakan tanda produk yang kamu gunakan sedang bekerja dan sedang memberikan reaksi.

 

2. Kemerahan

Kalau kulit wajahmu bereaksi setelah memakai skincare dengan kemerahan pada kulit, tak usah khawatir, karena bisa saja itu merupakan salah satu ciri-ciri purging. Kemerahan pada kulit merupakan salah satu tanda kamu mengalami purging yang tergolong ringan. Kamu bisa meminimalisir dengan menghindari menyentuh area kulit wajah yang kemerahan dan melakukan pemakaian skincare secara bertahap.

 

3. Gatal

Selanjutnya, ciri-ciri purging yang biasanya akan kamu rasakan adalah gatal pada kulit wajah. Rasa gatal yang muncul diduga karena kulit sedang bereaksi terhadap racun yang berasal dari kulit wajah. Tak dapat dipungkiri, rasa gatal yang muncul pasti akan membuatmu merasa nggak nyaman. Tapi, biasanya rasa gatal yang muncul masih tergolong ringan, kok.

 

4. Muncul jerawat

Nah, fase ini merupakan fase yang bisa dibilang paling nggak nyaman karena cukup sering terjadi oleh banyak orang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, munculnya jerawat disebabkan oleh skincare yang memiliki kemampuan proses regenerasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan cepat. Hal ini biasanya akan terjadi pada kulit wajah yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Tapi, perlu diketahui bahwa jerawat yang dikarenakan proses purging, biasanya muncul pada area yang memang sering ditumbuhi oleh jerawat. Jadi, kalau ada jerawat yang muncul di area lain, kamu perlu memperhatikan lebih lanjut ya, Teman Senka.

 

5. Kulit terasa lebih cerah & bersih

Well, proses purging tak dapat dipungkiri memang sangat menyebalkan dan tidak nyaman. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena dibalik proses yang tidak nyaman itu, kulit wajahmu akan terlihat lebih bersih dan cerah, lho. Karena setelah lapisan kulit yang kotor itu keluar akan muncul kulit baru yang sehat.

 

Nah, itu dia ciri-ciri purging yang bisa kamu jadikan panduan mengenai kondisi kulitmu yang sedang menggunakan skincare baru, Teman Senka! Apabila sedang merasakan ciri-ciri purging yang telah dijabarkan pada poin-poin di atas, tak perlu khawatir! Karena proses tersebut masih dalam kategori normal, kok. Untuk membantu meredakan proses purging, kamu bisa melakukan beberapa, seperti membersihkan kulit wajah dengan double cleansing pakai gentle cleanser, menghindari eksfoliasi kulit, mengonsumsi makanan yang memenuhi nutrisi, dan tidur cukup. Selain itu, ada baiknya juga untuk mengurangi intensitas atau jumlah penggunaan skincare. Eits, tapi bukan berhenti, ya! Melainkan dikurangi saja, agar setelah proses purging selesai dan kamu akan mendapatkan kondisi kulit yang diinginkan.

 

Nah, untuk gentle cleanser yang bisa kamu gunakan dalam proses mendapatkan kulit wajah yang lembap dan cerah, kamu bisa mencoba menggunakan rangkaian pembersih Senka sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Kamu bisa mengecek produk mana yang cocok untuk kulitmu di Ask Senka atau langsung ke Senka Official Store untuk mendapatkannya.