Logo Logo

Ciri-Ciri Kulit Kombinasi dan Cara Merawatnya

Kulit wajahmu terkadang terasa kering atau berminyak? Mungkin saja kulitmu kombinasi! Yuk, ketahui ciri-ciri kulit kombinasi dan cara merawatnya di sini!

Berbeda dengan jenis kulit lainnya, kulit wajah kombinasi memang perlu perhatian khusus dalam perawatannya. Jenis kulit kombinasi itu sendiri memiliki beberapa macam, seperti kombinasi cenderung berminyak, cenderung kering, dan kombinasi sensitif. Bahkan, terkadang bisa saja wajah terasa sangat berminyak dan kering di saat yang bersamaan. Namun, menurut sejumlah penelitian jenis kulit wajah kombinasi ini merupakan kondisi paling umum yang dimiliki banyak orang, khususnya di negara tropis seperti Indonesia. Lalu, bagaimana cara mengetahui kalau kita memiliki kulit wajah kombinasi? Yuk, simak ciri-ciri kulit wajah kombinasi dan cara merawatnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Kulit Kombinasi

Untuk mengetahui apakah kulit wajahmu kombinasi atau tidak, ada beberapa ciri yang bisa kamu kenali, antara lain:

  1. Pori-pori kulit besar, khususnya pada area dahi, hidung, dan sisi dekat hidung.
  2. Area kulit bagian dahi, dagu, dan dahi atau T-zone cenderung berminyak dan tampak berminyak.
  3. Kulit bagian bawah mata dan pipi cenderung kering.
  4. Ketika menuju dan saat haid berlangsung, kulit cenderung berjerawat karena produksi minyak meningkat.
  5. Setelah siklus haid, jerawat biasanya hilang dan kulit menjadi terasa kering.

Cara Merawat Kulit Kombinasi

1. Pilih facial wash yang sesuai

Agar kulit kombinasi tetap terawat dan sehat, salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah memilih facial cleanser yang tepat. Karena apabila kamu keliru memilih, sangat mungkin membuat kulit wajahmu mengalami perubahan. Misal, dari yang tadinya kombinasi berminyak, bisa semakin berminyak atau sebaliknya malah jadi mengering. Untuk itu, pastikan tekstur yang dimiliki facial cleanser lembut, ringan, dan mengandung formula yang aman bagi kulit wajahmu ya, Teman Senka. 

Senka Indonesia memiliki deretan varian makeup remover dan facial wash lembut dan cocok untuk double cleansing kulit wajah kombinasi, yaitu:

Makeup remover:

  • A.L.L. Clear Water White: untuk kulit wajah kombinasi cenderung kering dan sensitif.
  • A.L.L. Clear Water Fresh: untuk kulit wajah kombinasi cenderung berminyak.

Setelah membersihkan wajahmu dengan makeup remover, lanjutkan pembersihan kedua, yaitu dengan facial wash.

Senka Facial Wash

Facial wash:

  • Senka Perfect Whip: untuk kulit kombinasi cenderung kering.
  • Senka Perfect Whip Fresh: untuk kulit kombinasi cenderung berminyak.
  • Senka Perfect Gel Gentle Wash: untuk kulit kombinasi cenderung berminyak dan sensitif. 
  • Senka Perfect White Clay: untuk kulit kombinasi cenderung berminyak dan kusam.

Perlu diketahui, seluruh produk facial wash dari Senka Indonesia telah terdaftar BPOM, serta diformulasikan dengan kandungan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami dan animal test-free. Jadi, sudah pasti aman untuk digunakan. Untuk mendapatkannya kamu bisa kunjungi Senka Official Store ya, Teman Senka!

Cuci Muka dengan Air Hangat

2. Cuci muka dengan air hangat

Setelah mengaplikasikan facial cleanser, kamu bisa membasuhnya dengan air hangat. Faktanya, air hangat mampu merelaksasi otot-otot di sekitar wajah dan membantu melebarkan pori-pori kulit. Sehingga, kamu bisa lebih mudah untuk membersihkannya. Oh iya, nggak hanya itu, cuci muka dengan air hangat juga membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah. Dengan begitu, nutrisi bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh sel-sel kulit dan membuat kulit wajah pun tetap lembap dan sehat.

3. Gunakan toner

Double cleansing, checked! Sekarang waktunya untuk mengaplikasikan toner, Teman Senka. Kenapa perlu pakai toner? Karena toner bisa membantu membersihkan kulit wajah dari sisa kotoran, bekas makeup, dan minyak yang nggak terangkat saat kita double cleansing. Selain itu, toner juga bisa menghilangkan minyak berlebih dan di waktu yang sama menjaga kulit tetap terhidrasi. Sehingga, kulit wajah siap untuk menerima rangkaian skincare selanjutnya. 

Psst, agar nggak bikin kulit berjerawat, pastikan memilih toner dengan formula yang mengandung bahan alami, asam yang ringan, tanpa alkohol, dan sesuai dengan tipe kulit kombinasi-mu, ya.

Aplikasikan Sunscreen

4. Aplikasikan sunscreen

“Kalau kulit kombinasiku cenderung berminyak, bukannya kalau pakai sunscreen malah bisa bikin jadi semakin berminyak?”. Jawabannya, nope! Faktanya sudah banyak banget pilih sunscreen yang bisa digunakan untuk beragam tipe kulit kombinasi, termasuk yang cenderung berminyak. Pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulitmu dari dampak buruk paparan sinar UV berlebih, seperti penuaan dini. Pro tip, agar tidak semakin berminyak, khusus pemilik kulit kombinasi pilih sunscreen dengan kandungan yang non-comedogenic dan bebas minyak, ya!

5. Lakukan eksfoliasi

Last but not least, untuk merawat kulit kombinasi-mu dengan optimal lakukan eksfoliasi kulit setidaknya seminggu sekali. Tujuannya, agar mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah tetap bersih, serta menjaga kelembapan area wajah yang kering. Kamu bisa gunakan eksfoliator yang mengandung scrub dari suatu produk atau scrub DIY, seperti oatmeal dan madu, bubuk kopi dan facial oil, minyak kelapa dan gula, dan sebagainya sesuai preferensi-mu.

Kulit kombinasi memang cukup perlu diperhatikan lebih untuk merawatnya, karena merupakan gabungan dari dua tipe kondisi kulit. Namun, semoga dengan penjelasan ciri-ciri kulit kombinasi dan lima dasar cara merawatnya di atas bisa membantu kamu ya, Teman Senka! Selain kelima poin di atas, kamu juga perlu memperhatikan gaya hidup sehat juga, khususnya istirahat yang cukup dan asupan makan yang sehat agar kulit tetap sehat dari dalam.