Logo Logo

Fungsi Minyak di Wajah yang Tak Banyak Orang Tahu!

Siapa sangka minyak alami pada kulit sangat bermanfaat! Supaya lebih jelas, ketahui lebih lanjut fungsi minyak di wajah selengkapnya di sini, yuk!

Memiliki kulit berminyak ternyata tak selamanya buruk lho, Teman Senka! Sebagian besar orang, khususnya perempuan, seringkali merasa risih ketika kulit wajahnya berminyak dan terlihat mengilap di siang hari. Padahal minyak alami yang muncul itu sebenarnya bisa menjaga kelembapan kulitmu dan bahkan bisa mencegah keriput. Tidak berhenti sampai di situ, masih ada fungsi minyak di wajah yang tidak banyak diketahui banyak orang. Apa sajakah itu? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini.

 

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Pemilik kulit berminyak, biasanya memiliki lapisan sebum yang cukup banyak di wajahnya. Nah, hal itulah yang membantu melindungi kulit wajahmu dari bahaya paparan sinar UV berlebih. Karena, sebum yang ada pada lapisan wajah faktanya mengandung vitamin E alami yang cukup efektif sebagai antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas.

 

2. Memperlambat penuaan dini

Saat membaca poin ini, kamu sedikit mengernyitkan dahi atau bertanya-tanya mengenai kebenarannya. Namun, faktanya sebum atau minyak alami pada kulit merupakan salah satu anti-aging alami yang mampu mempertahankan elastisitas wajah, Teman Senka. Dengan adanya sebum itulah yang membuat tampilan wajah tampak kenyal dan lebih mudah. Selain itu, mungkin kamu cukup sering mendapati produk anti-aging yang berbahan dasar minyak. Hal itu karena memang minyak bisa dikatakan sebagai ‘booster’ bagi kulit wajah yang kadar minyak alaminya kurang. Jadi, berbahagialah kamu para pemilik kulit berminyak! Hihi.

 

3. Tampak cerah & berkilau

Fungsi minyak di wajah selanjutnya adalah tidak lain dan tidak bukan membuat kulit tampak cerah dan berkilau. Mengapa bisa begitu? Karena minyak pada wajah berminyak yang lebih banyak daripada kulit kering, membuat kondisi kulitmu cenderung lebih lembap. Itulah sebabnya wajahmu jadi lebih ‘bercahaya’ dan merona secara alami.

 

4. Terhindar masalah dehidrasi kulit

Di poin-poin sebelumnya kamu tentu telah membaca bahwa minyak alami berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Dengan begitu, kelembapan kulit wajahmu akan terjaga dan terhindar dari masalah dehidrasi. Selain itu, adanya sebum pun bisa membantu mengontrol kadar air pada kulit wajah untuk memastikan bahwa kulit memiliki cukup cairan. Eits, bukan berarti kamu tidak mengonsumsi air karena merasa dengan kulit wajah berminyakmu sudah cukup, ya. Memenuhi cairan tubuh merupakan hal wajib untuk dilakukan. Selain itu, kamu juga dapat melengkapi perawatan kulit wajahmu dengan pelembap, biasanya bertekstur gel supaya mudah menyerap, yang diperuntukkan kulit berminyak.

 

5. Perawatan yang minimal

Kamu bisa jadi akan semakin bersyukur dengan fungsi minyak di wajah pada poin ini. Hihi. Dengan kondisi wajah yang berminyak, kamu bisa meminimalisir risiko terjadinya iritasi, gatal-gatal, dan kulit terkelupas yang sering dijumpai oleh pemilik kulit kering. Hal ini dikarenakan kelembapan ekstra dari minyak tersebut. Selain itu, pemilik kulit berminyak saat berdandan tidak terlalu membutuhkan foundation yang terlalu tebal sebagai base atau dasar makeup. Cukup memakai concealer atau bedak foundation atau cushion dan lipstik saja kamu sudah siap tampil!

 

Gimana? Menarik sekali bukan fungsi minyak di wajah di atas? Semoga setelah membaca poin-poin di atas Teman Senka yang memiliki kulit berminyak jadi lebih bersyukur dengan kulit yang dimiliki, ya. Hihi. Walaupun begitu, kamu tetap perlu menjaga perawatan wajah berminyakmu juga lho, Teman Senka. Karena, apabila produksi minyak berlebih tidak dijaga, dapat memunculkan permasalahan pada kulit wajah. Nah, salah satu cara untuk pencegahan adalah menjaga kebersihannya dengan double cleansing. Untuk hal ini, kamu bisa mempercayakan rangkaian pembersih wajah dari Senka[1]  Indonesia yang lembut dan memiliki formulasi khusus yang bermanfaat bagi pemilik kulit wajah berminyak. Bagi kamu pemilik kulit normal to oily saja, bisa menggunakan Perfect Whip Fresh.  Di dalamnya, terdapat kandungan Ekstrak Green Tea dari Uji, Kyoto yang mampu membantu mengontrol produksi minyak pada wajah dan menjaga tampilan wajah menjadi matte lebih lama. Lalu, apabila kamu yang ingin sekaligus mencerahkan wajah secara alami, Perfect White Clay adalah jawaban yang tepat untukmu. Sementara itu, apabila kamu ingin facial wash yang ringan dan tanpa whip, artinya Perfect Gel Gentle Wash bisa kamu jadikan andalan. Semuanya itu bisa kamu dapatkan langsung ke Senka Official Store.