Logo Logo

8 Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak, Apa Saja?

Kulitmu mudah berkilap? Cobalah untuk mengetahui kandungan skincare untuk kulit berminyak, Teman Senka. Biar gak bingung, yuk, cek panduannya di sini!

Bagi pemilik kulit berminyak, mencari skincare yang tepat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kalau sampai salah memilih kandungan, yang ada nanti bisa membuat wajah semakin berkilap hingga memicu bruntusan. Untuk itu, sebelum membeli produk skincare, yuk, cari tahu kandungan skincare untuk kulit berminyak agar permasalahan pada kulit bisa teratasi. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasi yang sudah Senka rangkum berikut ini!

1. Vitamin C

Ingin kulit cerah dan bebas kilap? Masukkan skincare yang mengandung Vitamin C pada rutinitas pagi dan sore hari. Dikenal kaya antioksidan, Vitamin C mampu melawan radikal bebas, mengurangi jerawat, dan mengatasi hiperpigmentasi, sehingga cocok dijadikan pilihan kandungan skincare untuk kulit berminyak.

2. Hyaluronic Acid

Siapa yang mengira kulit berminyak nggak perlu pelembap? Faktanya, kulit berminyak juga butuh skincare yang mampu melembapkan, lho. Hal ini dikarenakan kadar minyak berlebih di wajah disebabkan oleh kurangnya minyak alami, sehingga kulit memproduksi minyak untuk menyeimbangkannya. Makanya, Teman Senka butuh kandungan yang mampu menghidrasi dan meningkatkan kelembapan kulit, seperti Hyaluronic Acid supaya wajah jadi nggak begitu berminyak.

3. Salicylic Acid

Bila kandungan sebelumnya berfokus pada kelembapan kulit, kandungan skincare untuk kulit berminyak yang satu ini bersifat eksfoliasi karena mampu membersihkan komedo dan mengikis lapisan minyak yang menyumbat pori-pori. Makanya, nggak heran kalau Salicylic Acid sangat direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak.

4. Sulfur

Apabila kulitmu sensitif terhadap Salicylic Acid, kamu bisa menjadikan Sulfur sebagai alternatif kandungan skincare untuk kulit berminyak, Teman Senka. Kandungan ini dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati sekaligus, hingga akhirnya wajah jadi cerah dan mulus deh!

5. Retinol

Kandungan ini bisa dibilang jadi pahlawan bagi pemilik kulit berminyak, nih. Apalagi kalau bukan Retinol. Memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel dengan cepat, Retinol mampu merawat wajah berminyak dengan menyingkirkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat, hingga produksi minyak berlebih jadi lebih terkontrol dan wajah jauh lebih cerah.

6. Niacinamide

Kandungan skincare untuk kulit berminyak berikutnya adalah Niacinamide. Zat aktif yang kerap ditemukan di serum ini diketahui mampu mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi sebum dan minyak di wajah, serta meningkatkan elastisitas kulit. Namun, Teman Senka tetap perlu berhati-hati menggunakan kandungan skincare yang satu ini, sebab apabila persenan kandungan Niacinamide yang terlalu tinggi dapat memicu reaksi negatif pada kulit sensitif, seperti iritasi dan timbul kemerahan.

Untuk itu, sebaiknya gunakan Niacinamide pada malam hari. Apabila ingin dipakai di siang hari, pastikan kamu rutin re-apply sunscreen yang mengandung SPF saat beraktivitas di luar ruangan, dan hindari penggunaan skincare dengan Vitamin C bila tidak ingin wajah iritasi. 

7. AHA/BHA

Dikenal ampuh mengangkat sel kulit mati, kandungan AHA dan BHA cocok digunakan bagi kulit berminyak karena efektivitasnya dalam membersihkan minyak dan komedo yang menyumbat pori. Oh ya, karena AHA dan BHA merupakan bahan aktif yang bersifat mengeksfoliasi, Teman Senka bisa mengkombinasikannya dengan kandungan yang dapat melembapkan sekaligus menutrisi. Nah, hal itu bisa kamu temukan pada Senka Perfect Skin Fit Mask HydratingEX Sea Grape yang mengandung Triple Hyaluronic Acid, sehingga dapat memberi sensasi melembapkan wajah ekstra 48 jam.

8. Green Tea

Green tea atau teh hijau sering digunakan sebagai bahan makanan atau minuman. Namun, ternyata green tea punya manfaat baik untuk kulit wajah, lho! Tingginya kandungan antioksidan pada green tea mampu membuang racun di kulit, menangkal radikal bebas, serta mengurangi kilap di wajah akibat produksi minyak berlebih. 

Supaya perawatan kulitmu semakin maksimal, ada baiknya Teman Senka mulai memasukkan kandungan skincare yang tepat untuk kulit berminyak dalam rangkaian perawatan kulitmu. Kabar baiknya, Senka punya varian produk pembersih wajah yang cocok untuk kulit berminyak, di dalamnya terkandung Salicylic Acid, serta Kyoto Chamomile Extracts dan Double Hyaluronic Acid sekaligus, lho. Apalagi kalau bukan Senka Perfect Whip Acne Care! Varian facial foam dari Senka ini bisa dipakai oleh pemilik kulit berminyak yang berjerawat. 

Selain itu, ada pula varian Perfect Whip Fresh yang diperuntukkan bagi kulit berminyak. Varian ini mengandung Uji Green Tea yang kaya antioksidan yang mampu membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak hingga ke pori-pori wajah, serta membuatnya bebas kilap lebih lama. Anyway, kedua varian ini bisa kamu dapatkan di Senka Official Store ya. So, langsung klik link-nya dan selamat mencoba, Teman Senka.

Glosarium:

  • Salicylic Acid: Zat aktif bersifat antiinflamasi untuk mengurangi peradangan.
  • Niacinamide: Bahan aktif yang dapat menyeimbangkan produski minyak dan sebum di wajah.