Logo Logo

Ampuh! Ini 8 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah

Kulit kusam bikin wajah jadi kelihatan lelah ya, Teman Senka. Biar kembali fresh yuk, gunakan kandungan skincare untuk mencerahkan wajah yang ada di sini!

Memiliki produk dengan klaim pencerah bisa menjadi salah satu cara untuk memiliki kulit wajah glowing bersinar, Teman Senka. Soalnya, produk tersebut memiliki beragam kandungan yang bekerja untuk mengurangi pigmen melanin, sehingga membantu permasalahan kulit, seperti penuaan dini, bekas jerawat, hingga kulit kusam.    

Namun, sebelum menggunakannya, penting banget untuk mengetahui kandungan skincare untuk mencerahkan wajah supaya kamu nggak asal pilih. Lantas, apa saja sih jenis kandungan yang bisa bantu kamu untuk merawat dan mencerahkan kulit kusam? Simak pada artikel di bawah ini, yuk! 

1. Alpha Arbutin

Tahukah Teman Senka, ternyata produksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit ittu merupakan aspek yang menentukan tingkat kecerahan kulit seseorang, lho! Jika produksi melanin di tubuh terlalu banyak, maka warna kulit akan terlihat lebih gelap. Begitu juga sebaliknya. Semakin sedikit melanin yang dimiliki, maka semakin cerah pula warna kulit. 

Biar produksi melanin dapat terhambat, Teman Senka bisa memasukkan Alpha Arbutin sebagai kandungan skincare untuk mencerahkan wajah. Kandungan aktif ini bekerja dengan cara menghambat produksi tirosinaze (enzim yang bertugas untuk memproduksi melanin kulit), sehingga permasalahan kulit, seperti wajah kusam, hiperpigmentasi, dan bintik hitam bisa teratasi.

2. Kojic Acid

Selain Alpha Arbutin, Kojic Acid juga mampu menghambat produksi melanin, penyebab kulit kusam. Kandungan skincare untuk mencerahkan wajah ini kerap digunakan karena mampu menghambat pembentukan tirosin, asam amino penghasil pigmen melanin. 

Eits tapi mengingat sifat asamnya, Teman Senka perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah yang mengandung Kojic Acid. Usahakan untuk tidak melebihi batas aman, yakni sebesar 1%, berlabel hypoallergenic dan non-comedogenic untuk menghindari reaksi over sensitif pada wajah. 

Pro tips, lakukan tes alergi di kulit leher terlebih dahulu sebelum dioles ke wajah ya. Jika timbul reaksi negatif, seperti gatal dan kemerahan, ada baiknya penggunaan produk tidak dilanjutkan ya, Teman Senka! 

3. Bunga Sakura

Sering digunakan wanita Jepang sebagai bahan dasar perawatan kulit, bunga sakura diketahui mampu memudarkan bintik kusam. Jenis bunga ini memiliki senyawa yang mirip dengan Vitamin C dan berfungsi untuk mengontrol produksi melanin pada kulit. 

Bila Teman Senka tertarik untuk merasakan manfaat dari bunga sakura, kamu bisa menggunakan Senka Perfect Whip Vibrant White yang mengandung ekstrak bunga sakura. Nggak hanya itu, facial foam ini juga memiliki White Cocoon Essence dan Double Hyaluronic Acid hingga kulit jadi bersih, bebas kusam, dan lembap. 

4. Red Berries Complex

Kulitmu gampang kusam? Well, Red Berries Complex cocok banget masuk dalam list kandungan skincare untuk mencerahkan wajah nih, Teman Senka. Soalnya, kandungan ini kaya Vitamin C, Vitamin K, Vitamin E dan serat yang ampuh cerahkan kulit wajah dan usir kulit kusam.

And the good thing is, Senka memiliki varian produk yang mengandung Red Berries Complex nih, yakni Senka Perfect Whip Berry Bright. Terdiri dari Mixed Berries (Cranberry & Raspberry), pembersih wajah yang mengandung Red Beads ini bantu hadirkan efek healthy blush di wajahmu, sehingga kulit jadi terlihat segar sepanjang hari deh!

5. Salicylic Acid

Kandungan skincare untuk mencerahkan wajah selanjutnya adalah Salicylic Acid. Asam yang dikenal mampu meminimalisir jerawat dan komedo di wajah ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Sebab, kandungan ini bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati, penyumbat pori-pori wajah. Sehingga, produksi sel kulit baru dapat cepat diregenerasi dan rona wajah yang kusam kembali cerah apabila digunakan secara rutin.

Untuk awal pemakaian, Teman Senka bisa menggunakan varian pembersih wajah yang mengandung Salicylic Acid, seperti Senka Perfect Whip Acne Care. Diperkaya dengan Kyoto Chamoile Extract, White Cocoon Essence, dan Double Hyaluronic Acid, kandungan Salicylic Acid dapat bekerja dengan maksimal karena sifat antioksidan dan antibakteri dapat mencegah kerusakan kulit lebih lanjut dan menjaga kelembapan kulit wajah sekaligus.

6. Licorice Extract

Teman Senka, salah satu penyebab kulit kusam akibat paparan sinar matahari berlebih. Untuk mengatasinya, Teman Senka perlu melindungi wajah pakai sunscreen dan menggunakan produk dengan kandungan yang mampu menghambat pigmentasi kulit, seperti Licorice Extract.

Mengandung Glabridin, Licorice Extract dapat menekan produksi enzim tirosinase dalam sel menalosit yang membuat kulit jadi menggelap setelah beraktivitas seharian di bawah terik sinar matahari. Selain itu, ada pula senyawa liquritin yang memecah kelebihan melanin, sehingga pigmentasi berlebih di wajah jadi berkurang.

Kalau Teman Senka tertarik untuk mencoba produk dengan kandungan Licorice Extract, Teman Senka bisa menggunakan varian sheet mask Perfect Aqua Bouncy Mask - Bouncy Bright. Kombinasi formulasi dari Ekstrak Licorice, Sakura dan Royal Jelly dari lebih madu berkualitas yang kaya antioksidan mampu menetralisir radikal bebas dan menutrisi kulit agar tetap cerah.

7. Azelaic Acid

Selanjutnya, kandungan skincare untuk mencerahkan wajah adalah Azelaic Acid. Kandungan yang dapat ditemukan pada ekstrak biji gandum ini dikenal kaya antioksidan dan memiliki pH yang seimbang, sehingga baik digunakan untuk kulit yang gampang memerah, tidak merata, rosacea, dan melasma.

Selain itu, Azelaic Acid juga bersifat anti-bakteri yang mampu mengeksfoliasi dan mengangkat tumpukan sel kulit mati. Makanya, sangat disarankan untuk memasukkan kandungan ini dalam produk perawatan kulitmu.

8. Mineral White Clay

Kandungan Mineral White Clay bisa banget digunakan untuk mencerahkan wajah, Teman Senka. Di mana kandungan ini diketahui memiliki kemampuan membersihkan kotoran, mengangkat minyak berlebih di wajah dan merangsang sel kulit, sehingga wajah terbebas dari kusam. And the good news is, kandungan ini terdapat pada varian Senka Perfect White Clay, lho!

Perlu diingat bahwa efek mencerahkan nggak bisa dirasakan secara instan, Teman Senka. So, pastikan kamu menggunakannya secara teratur supaya mendapatkan hasil yang maksimal ya. 

Itu dia delapan kandungan skincare untuk mencerahkan wajah. Setelah tau kandungannya, kini Teman Senka dapat memilih produk dengan kandungan yang berfungsi untuk mencerahkan wajah, seperti di atas dong ya, hihi.

Walau begitu, Senka sarankan untuk menyesuaikan kembali kandungan yang digunakan dengan jenis dan Kkondisi kulitmu ya, Teman Senka. Sebab, tiap orang punya tipe dan kondisi kulit yang berbeda-beda. 

Guna memudahkanmu dalam memilih produk, kamu bisa cek tipe dan rekomendasi produk di Ask Senka. Tinggal isi pertanyaannya dan voila! hasilnya pun bisa segera kamu dapatkan. Go get our #PerfectlyRenewedSkin together, Teman Senka!

Glosarium:

  • Hypoallergenic: Produk yang diformulasikan agar tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

  • Non-comedogenic: Produk perawatan kulit yang diformulasikan agar tidak menyumbat pori-pori.

  • Red Beads: Butiran halus menyerupai scrub yang berasal dari red berries.

  • Healthy Blush: Kulit cerah merona alami.