Logo Logo

Penting! ini 7 Kandungan Skincare yang Menyebabkan Jerawat

Tidak semuanya baik, ternyata ada kandungan skincare yang menyebabkan jerawat juga, lho! Apa sajakah itu? Ketahui selengkapnya di sini!

Saat ini sudah banyak sekali beredar produk skincare yang menawarkan keampuhannya mengatasi jerawat. Hal ini pun tentu disambut baik oleh para perempuan, khususnya yang memiliki masalah jerawat.  Tapi, baiknya sebelum membeli dan memakainya, pastikan dulu kandungan yang ada pada produk skincare tersebut sudah tepat untuk tipe kulitmu, sehingga tidak memunculkan masalah baru, ya. Nah, karena itu yuk ketahui kandungan skincare yang menyebabkan jerawat di bawah ini supaya bisa jadi pertimbanganmu sebelum membeli produk.

 

1. Minyak Kelapa

Memang benar, minyak kelapa merupakan salah satu bahan dari perawatan wajah yang dielu-elukan sebagai kandungan yang bisa membantu memberikan kelembapan dan menghaluskan kulit wajah. Namun dibalik manfaat itu, sayangnya minyak kelapa bersifat cukup comedogenic (artinya dapat menyumbat pori-pori) . Sehingga, bagi kamu pemilik kulit tipe berminyak dan sedang berjerawat, sebaiknya kamu menghindari produk yang mengandung minyak kelapa. Karena minyak kelapa dapat menghasilkan sebum berlebih yang justru semakin memperparah kondisi kulit berminyak dan berjerawat.

 

Apabila kamu pemilik kulit wajah kering hingga normal, penggunaan skincare berbahan minyak kelapa tidak menjadi masalah karena pori-pori wajahmu tidak mudah tersumbat.

 

2. Lanolin

Bahan yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kamu yang suka skincare-an. Lanolin merupakan kandungan yang sering banget digunakan sebagai salah satu bahan perawatan wajah karena berfungsi sebagai pelembap yang ampuh dan dapat membantu menutrisi kulit, sehingga memberikan efek yang halus. Akan tetapi, beberapa produk perawatan wajah yang mengklaim terdapat lanolin di dalamnya, biasanya memasukkan versi sintetis (lanolin buatan). Versi sintetis adalah kandungan yang mudah menyumbat pori-pori kulitmu. Karena itu bagi Teman Senka yang lagi berjerawat atau rentan terhadap jerawat dan memiliki kulit berminyak, penting banget buat lebih waspada. Karena kalau dibiarkan, malah akan menyebabkan iritasi atau bahkan breakout.

 

Namun, kabar baiknya, kamu masih bisa merasakan manfaat bahan bertekstur kental ini, yaitu dengan memilih produk perawatan wajah yang kandungan lanolinnya 100% murni berbahan alami.

 

3. Ekstrak Alga

Kandungan skincare yang menyebabkan jerawat selanjutnya adalah ekstrak alga yang sifat serupa dengan lanolin. Keberadaan kandungan ini bisa dikatakan cukup kontroversial. Mengapa? Karena dibalik manfaatnya yang dapat membantu memberikan kelembapan dan kelembutan pada kulit, ternyata tanaman ganggang ini juga dapat menyumbat pori-pori kulit dan bikin iritasi. Apabila kulit wajahmu mengalami iritasi, seiring berjalannya waktu bisa terjadi peradangan yang bisa berpotensi memunculkan jerawat. Sementara itu, jika pori-pori kulit wajahmu tersumbat, maka otomatis akan memicu penumpukan kotoran, memunculkan komedo, yang merupakan salah satu penyebab tumbuhnya jerawat.

 

4. Alkohol

Ada testimoni yang bilang kalau alkohol itu bisa membantu mengontrol minyak, ada pula juga yang berkata sebaliknya. Lalu sebenarnya manakah yang benar?

 

Keberadaan alkohol dalam skincare merupakan sebuah hal yang bisa dikatakan cukup tricky. Kenapa? Karena memang pada dasarnya alkohol khusus untuk kosmetik mampu membantu mengendalikan minyak pada kulit dan bahkan bisa membuat jerawat cepat kempes. Namun, perlu diperhatikan, apabila kamu pemilik kulit berminyak yang sensitif, sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan skincare yang mengandung alkohol. Mengetahui sifat alkohol yang cukup keras dapat membuat kulit sensitifmu malah menjadi iritasi. Selain itu, apabila terlalu sering digunakan justru akan memperbesar pori-pori dan malah memunculkan jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu bagaimana concern kulit wajahmu sebelum memakai skincare berbahan alkohol.

 

5. Sodium Lauryl Sulfate

Kandungan ini adalah bahan yang membuat sebuah produk menghasilkan busa, biasanya sering ditemukan pada produk facial foam dan shampo. Sodium lauryl sulfate atau biasa disingkat SLS ini sebenarnya berfungsi untuk membersihkan kulit wajah atau bagian tubuh lainnya menjadi benar-benar bersih. Namun, saking bersihnya, sayangnya SLS juga ikut menghilangkan minyak alami pada kulit wajah. Sehingga, memancing produksi minyak pada kulit wajah semakin banyak lagi yang dapat mengakibatkan kulit jadi berminyak dan berjerawat. Tak jarang, bagi Teman Senka yang berjerawat dan memakai skincare yang mengandung SLS biasanya, setelah pemakaian, timbul jerawat pada kulit wajahnya. Untuk itu, sodium lauryl sulfate ini cenderung diklasifikasikan sebagai kandungan skincare yang menyebabkan jerawat. Fyi, mengetahui hal ini, semua produk Senka diformulasikan SLS-free! Sehingga, aman untuk kamu jadikan skincare andalan dan dimasukkan dalam skincare routine setiap hari!

 

6. Isopropyl Myristate

Melembapkan, melembutkan, dan menyegarkan kulit. Kira-kira itulah manfaat yang diberikan oleh kandungan isopropyl myristate. Sayangnya, dibalik kemampuannya yang sangat baik itu, kandungan yang langganan menjadi salah satu bahan pada produk skincare ini justru memiliki sifat comedogenic yang tinggi, Teman Senka. Bahkan, pada kondisi tertentu bisa langsung memicu pertumbuhan jerawat pada permukaan kulit wajahmu. Ironi juga, ya? Berharap wajah dapat terawat, eh malah harus menghadapi konsekuensi yang cukup serius. Untuk menghindari masalah itu terjadi, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu kandungan skincare yang menyebabkan jerawat seperti isopropyl myristate ini pada produk yang hendak kamu beli, ya.

 

7. Mineral Oil

Minyak mineral atau mineral oil ini juga bisa dikatakan sebagai kandungan skincare yang menyebabkan jerawat. Karena, minyak mineral ini merupakan turunan dari petroleum, yaitu minyak bumi atau bahan bakar fosil. Bahan yang memiliki sifat tidak berwarna, tidak berbau, tidak mudah teroksidasi dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama ini, kabarnya mampu membantu menjaga kadar air dalam jaringan kulit. Sehingga, baik untuk kulit (khususnya bagi kamu pemilik kulit kering) karena menjadi lembap. Namun, sayangnya kemampuan tersebut tidak cukup baik bagi Teman Senka yang memiliki kulit berminyak. Dengan sifat  minyak-nya, kandungan ini justru membuat kulit semakin berminyak dan apabila itu terjadi minyak tersebut justru akan bercampur dengan tumpukan sel kulit mati, serta menyumbat pori-pori kulit yang dapat memicu timbulnya jerawat.

 

Itu dia 7 kandungan skincare yang menyebabkan jerawat yang bisa Senka kumpulkan. Semoga dengan informasi ini Teman Senka bisa jadi lebih waspada sebelum memilih dan menggunakan skincare, ya. Selain, mengetahui kandungan-kandungan skincare pemicu jerawat ini, pastikan kamu juga tetap menjaga kebersihan kulit wajahmu ya, Teman Senka. Sehingga, kulit wajahmu terhindar dari tumpukan kotoran dan minyak berlebih yang memicu tumbuhnya jerawat. Kamu bisa melakukan double cleansing setelah beraktivitas seharian setiap harinya dengan rangkaian makeup remover dan facial foam Senka kesayanganmu yang dapat kamu temukan di Senka Official Store.