Logo Logo

5 Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Harus Kamu Hindari!

Sering dianggap sepele, tapi 1 kesalahan saat mencuci muka saja bisa mengakibatkan permasalahan wajah, lho. Yuk, ketahui kesalahan selengkapnya di sini!

Apakah Teman Senka sudah rutin menjaga kebersihan muka setiap hari? Kalau sudah, good job! Namun, untuk mendapatkan kondisi kulit wajah yang glowing dan sehat, cara mencuci muka juga harus dilakukan secara tepat. Nah, di artikel ini kamu bisa mengetahui 5 kesalahan saat mencuci muka yang perlu kamu hindari untuk mencegah masalah yang tak diinginkan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Cuci Tangan Sebelum Cuci Muka

Tidak mencuci tangan sebelum mencuci muka

Seringkali orang hanya membasuh tangan dengan air dan langsung menuangkan facial foam ke telapak tangan. Walau terlihat sepele, kesalahan saat mencuci muka tersebut bisa mendatangkan beragam masalah kulit wajah, lho. Tangan yang sebelumnya tidak dibersihkan dapat memicu transfer kotoran, tepat saat tanganmu bersentuhan dengan permukaan kulit wajah. Di mana kotoran dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri yang membawa beragam permasalahan pada kulit wajah, terutama jerawat.

 

Membasuh Muka dengan Pembersih Terlalu Keras

Kalau ada Teman Senka yang berpikir, semakin keras kamu menggosok permukaan kulit wajah, semakin bersih hasilnya, sebaiknya mulai sekarang buang jauh-jauh pikiran itu, ya! Karena caral tersebut bukanlah jaminan kulit wajahmu semakin bersih. Sebaliknya, malah akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh rambut, iritasi, dan parahnya bisa membuat kulit wajah meradang. Untuk itu, pastikan kamu melakukannya dengan lembut.  Salah satu cara agar terhindar dari gesekan berlebih antara telapak tangan dan permukaan kulit wajah, kamu bisa pilih pembersih wajah dengan tekstur foam.

Pembersih Wajah yang Tepat

Menggunakan pembersih wajah yang tidak tepat

Nah, hal ini juga tak kalah penting, Teman Senka! Karena menggunakan pembersih faktanya menjadi salah satu kesalahan saat mencuci muka yang cukup krusial. Apabila jenis, tekstur, atau ada salah satu bahan dari produk pembersih yang kurang cocok juga dapat memberikan dampak yang kurang baik pada wajahmu. Contohnya, jerawat, iritasi, keset, komedo atau justru berminyak. 

Pembersih Wajah Senka

Namun, tak usah khawatir Teman Senka, saat ini Senka Indonesia telah memperbanyak varian pembersih wajahnya untuk beragam jenis kulit wajah, antara lain:

  • Kulit wajah normal hingga berminyak-sensitif: Perfect Whip Fresh, Perfect White Clay, Perfect Gel Gentle Wash
  • Kulit wajah normal hingga kering-sensitif: Perfect Whip dan Perfect Whip White.
  • Kulit wajah normal hingga dehidrasi: Perfect Whip Collagen In.
  • Kulit wajah berjerawat: Perfect Whip Acne Care.

Selain itu, kamu tak perlu khawatir Teman Senka, karena seluruh produk pembersih wajah dari Senka Indonesia berasal dari tumbuh-tumbuhan alami, animal test-free dan tentunya sudah terdaftar BPOM. Sehingga, lembut dan aman bagi semua kulit wajah.

Mengeringkan muka secara sembarangan

Siapa yang masih suka ngeringin muka pakai handuk yang sama untuk badan? Hayo, ngaku! Kalau iya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu ya, Teman Senka! Handuk yang dipakai untuk badan cenderung masih menyimpan kotoran di serat handuk itu sendiri. Nah, apabila kamu memakai handuk tersebut untuk mengeringkan muka, maka berpotensi terjadinya transfer kotoran dari handuk ke permukaan kulit. Sebaiknya, siapkan dua handuk berbeda untuk badan dan muka, serta pastikan handuk untuk muka memiliki tekstur yang lembut. 

Selain handuk, kamu juga bisa pakai tisu khusus wajah yang bertekstur lembut untuk mengeringkan muka, kok. Ingat bukan sembarang tisu atau tisu toilet ya, Teman Senka! Ohiya, pastikan juga mengeringkannya dengan perlahan dan ditepuk-tepuk saja sampai kering, tanpa harus digosok/diusap kasar. Dengan begitu, tekstur kulit wajah pun akan jauh lebih sehat dan terjaga keremajaannya.

Terlalu Sering Cuci Muka

Frekuensi terlalu sering

Kesalahan saat mencuci muka yang satu ini sayangnya tak jarang dijadikan acuan yang keliru. Pernah dengar istilah ‘quality over quantity’? Kira-kira itulah konsep yang bisa kamu ingat dalam pemakaian pembersih wajah. Sebab, frekuensi mencuci wajah yang terlalu sering bukan bikin kulit jadi bersih, melainkan menurunkan atau menghilangkan produksi minyak alami kulit. Di mana minyak alami kulit tersebut berperan untuk menjaga keseimbangan dari kelembapan kulit.  Alhasil, pemilik kulit wajah kering justru menjadi semakin kering dan berpotensi mengalami kerutan dini. Sementara bagi pemilik kulit wajah berminyak, karena terlalu sering mencuci muka, membuat produksi minyak semakin meningkatkan dan memunculkan jerawat.


Setelah membaca 5 kesalahan saat mencuci muka di atas semoga Teman Senka jadi lebih aware dan bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat, ya! Tak lupa Senka ingatkan, pastikan untuk membersihkan kulit wajahmu tak hanya dengan facial wash saja, tapi juga dengan makeup remover agar optimal. Yup, cara tersebut adalah double cleansing atau pembersihan ganda. Untuk double cleansing, kamu bisa percayakan rangkaian pembersih wajah dari Senka Indonesia di Senka Official Store-nya, ya!