Logo Logo

Mengenal Macam-Macam Skincare yang Wajib Kamu Miliki!

Rawat kulit wajahmu dengan perawatan yang tepat, yuk! Cek macam-macam skincare yang wajib kamu miiliki dan pakai di artikel ini.

Melihat macam-macam skincare yang semakin beragam, tak jarang membuat orang-orang kebingungan. Terlebih lagi perlu mempelajari juga kandungan yang ada dalam skincare sesuai dengan kebutuhan kulit. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui jenis kulitmu sendiri dan mengenal macam-macam skincare sebelum kamu memakainya. Yuk, langsung kenalan dulu dengan macam-macam skincare yang wajib kamu miliki di bawah ini!

 

 

1. Facial Cleanser

Skincare yang paling pertama dan wajib kamu miliki adalah facial cleanser. Produk skincare yang satu ini penting banget kamu gunakan dalam rutinitas skincare kamu untuk mengangkat debu, kotoran, serta sisa makeup yang menempel pada kulit wajah setelah selesai beraktivitas. Saat ini, sudah banyak varian facial cleanser dengan tekstur yang berbeda-beda yang bisa kamu pilih menyesuaikan preferensi. Ada water-based, oil-based, dan milk-based, semuanya ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Kabar baiknya, Senka memiliki facial cleanser dengan ketiga tekstur tersebut yang bisa kamu pilih! Berikut lebih jelasnya:

 

  • A.L.L Clear Oil dan A.L.L Clear Oil Whip untuk facial cleanser yang oil-based.
  • A.L.L Clear Water White dan A.L.L Clear Water Fresh untuk facial cleanser yang water-based.
  • A.L.L Clear Milk untuk facial cleanser yang milk-based.

 

Apapun pilihanmu, seluruh facial cleanser dari Senka tetap bisa kamu andalkan kok, Teman Senka! Karena semua facial cleanser Senka mampu mengangkat segala kotoran serta waterproof makeup, dan juga eyelash extension friendly. Jadi, tinggal pilih deh, rangkaian facial cleanser dari Senka mana yang akan kamu andalkan untuk kulit wajah bersih maksimal! Hihi.

 

 

2. Facial Wash

Setelah membersihkan wajahmu dengan facial cleanser,  langkah selanjutnya adalah mencuci wajah dengan facial wash. Langkah ini penting banget untuk memastikan agar kulitmu telah benar-benar bersih dari segala kotoran yang menempel. Tapi, jangan memakai sembarang facial wash juga juga. Pastikan kamu memilih facial wash yang mampu bersihkan kulit wajah secara optimal dan lembut di kulit, ya, Teman Senka! Kamu bisa mengandalkan seri Perfect Whip dari Senka untuk kulit wajah yang lembap alami:

  • Perfect Whip: untuk semua jenis kulit.
  • Perfect Whip Vibrant White: untuk kulit sensitif atau kulit kering yang ingin mencerahkan wajah.
  • Perfect Whip Fresh: untuk kulit normal to oily dan juga kombinasi yang bisa bantu mengontrol produksi minyak/sebum berlebih pada wajah.
  • Perfect Whip Collagen In: untuk kulit kering dan dehidrasi yang ingin melembapkan wajah dan menghilngkan kerutan halus.
  • Perfect White Clay: untuk kulit normal to oily yang ingin membersihkan kulit secara mendalam dan membantu agar kulit tampak lebih cerah.
  • Perfect Whip Acne Care: untuk kulit acne-prone atau berjerawat.

 

Tenang saja, seluruh varian Perfect Whip dari Senka dibuat dari bahan-bahan alami yang aman dipakai semua jenis kulit. Jadi, tinggal kamu pilih saja sesuai dengan kebutuhanmu!

 

 

3. Exfoliating Toner

Toner yang dimaksud ini adalah jenis toner yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab garis halus pada kulit. Dengan menggunakan exfoliating toner juga dipercaya dapat melembutkan permukaan kulit dan mencerahkan di saat yang sama. Tapi, baiknya kamu menggunakannya sebanyak 2x/minggu dan menyesuaikan jenis exfoliator sesuai kebutuhan kulitmu untuk menghindari eksfoliasi berlebihan dan kulit wajah yang iritasi.

 

 

4. Hydrating Toner

Berbeda dengan exfoliating toner, hydrating toner merupakan jenis toner yang berfungsi untuk mengembalikan kelembapan dan menyeimbangkan pH kulit. Nah, makanya bisa dibilang hydrating toner sebagai skincare wajib yang perlu kamu miliki selanjutnya! Selain dapat menjaga kelembapan kulit, hydrating toner juga mampu menyiapkan kulit kita agar dapat menerima step skincare selanjutnya dengan baik. Eits, tapi pastikan harus sabar dan menunggu sampai cairan hydrating toner meresap sempurna di kulit wajah sebelum mengaplikasikan skincare berikutnya, ya!

 

 

5. Essence

Skincare wajib selanjutnya adalah essence. Memiliki tekstur yang lebih kental daripada toner namun juga lebih cair dibandingkan dengan serum, essence memiliki fungsi agar kulit mampu menyerap lebih kandungan produk skincare lain yang akan diaplikasikan setelahnya.

 

 

6. Booster

Sering disebut sebagai pre-serum, booster menjadi skincare yang wajib kamu miliki selanjutnya! Fungsi booster adalah untuk melembapkan dan mencerahkan kulit wajah dengan ekstra. Kamu bisa mengaplikasikan booster tepuk-tepuk kulit wajah secara perlahan.

 

 

7. Serum

Yup, serum merupakan tipe skincare yang memiliki kandungan tertentu untuk merawat kulit dengan kebutuhan yang lebih spesifik. Mulai dari kulit kusam, kulit kering, atau kerutan halus pada kulit, jerawat, dan lainnya. Kamu bisa memilih serum dengan fungsi khusus yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu.

 

 

8. Moisturizer

Skincare yang satu ini pasti sudah gak asing lagi, nih! Yes, moisturizer! Skincare ini wajib banget dimiliki oleh para pemula karena punya segudang manfaat bagi kulit. Fungsinya adalah untuk mengunci kelembapan kulit sehingga kulit tampak sehat dan kenyal. Tapi terkadang, menggunakan moisturizer masih disepelekan bagi beberapa orang, khususnya pemilik kulit wajah berminyak nih, Teman Senka. Padahal faktanya, menggunakan moisturizer tetap diperlukan untuk menjaga kelembapan bagi semua tipe kulit, tak terkecuali bagi para pemilik kulit berminyak. Jadi, tidak hanya pemiliki kulit kering saja yang perlu memakai moisturizer, ya!

 

Ingat untuk menyesuaikan kembali dengan tipe kulit yang kamu miliki ya, Teman Senka.  Kamu bisa pakai moisturizer dengan tekstur gel yang direkomendasikan untuk kulit berminyak, sementara moisturizer bertekstur krim yang direkomendasikan untuk tipe kering dan dehidrasi.

 

 

9. Face Oil

Jika kamu merasa kelembapan yang diberikan oleh moisturizer kurang, kamu bisa menggunakan face oil sebagai skincare tambahan yang perlu diaplikasikan. Cukup gunakan 2-4 tetes face oil di malam hari untuk seluruh wajah agar kulit wajah menjadi lembap dan kenyal keesokan harinya.

 

 

10. Masker

Selain melakukan rutinitas skincare seperti face cleanser, facial wash, serum dan lainnya, menggunakan masker wajah juga termasuk ke dalam skincare regime yang penting dilakukan. Karena, masker wajah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit kita. Ada banyak jenis masker yang bisa kamu pilih, mulai dari face mask dengan tekstur scrub yang mampu eksfoliasi wajah, face mask dengan tekstur clay untuk membersihkan wajah secara mendalam, serta sheet mask yang mengandung banyak essence untuk menutrisi kulit wajah secara optimal.

 

Sheet mask merupakan jenis masker yang paling wajib kamu selipkan dalam rutinitasmu. Karena, selain mampu berikan nutrisi bagi kulit wajah, sheet mask juga bisa jadi teman me-time yang tepat! Kamu bisa percayakan seri sheet mask dari Senka  yang kandungannya terdapat bahan-bahan alami yang memiliki banyak nutrisi bagi kesehatan kulit wajah. Senka memiliki tiga seri sheet mask yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu:

  • Perfect Aqua Bouncy Mask Series: sheet mask yang diformulasikan dengan Royal Jelly Extract dari madu berkualitas sebagai bahan utama. Terdapat dua varian dalam seri ini, yaitu Perfect Aqua Bouncy Mask - Bouncy Bright dan Perfect Aqua Bouncy Mask - Bouncy Moist.
  • Perfect Aqua Rich Mask Series: seri sheet mask ini terbuat dari Collagen G Extract yang dapat meningkatkan kelembapan wajah sebagai bahan utama. Terdapat dua varian dalam seri ini, yaitu Perfect Aqua Rich Mask - Extra Moist Mask dan Perfect Aqua Rich Mask - Luminous Moist Mask,
  • Perfect Aqua White Mask: dilengkapi dengan Active Brightening sebagai bahan utama, seri sheet mask ini dilengkapi dalam dua varian yaitu Perfect Aqua White Mask - Extra White dan Perfect Aqua White Mask - Soothing White.

 

Banyak banget kan, varian sheet mask dari Senka yang bisa kamu pilih? Ingat, untuk hasil yang optimal, kamu bisa menggunakannya pada wajah selama 15-20 menit setiap 2x seminggu ya, Teman Senka!

 

 

11. Sunscreen

Hang on..we are almost there, Teman Senka! Skincare wajib yang terakhir adalah sunscreen yang berguna untuk melindungi kulit kita dari sinar UV. Bagi kamu yang belum tahu, paparan sinar UV yang berlebihan pada kulit dapat memunculkan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kusam, kulit terbakar, kulit kering, dan munculnya kerutan pada kulit. lho. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengaplikasikan sunscreen di seluruh bagian tubuh, terutama area wajah agar terlindungi dari sinar UV yang berbahaya, ya.

 

Itu dia macam-macam skincare yang wajib kamu ketahui manfaatnya, serta bisa kamu miliki untuk memiliki kulit yang sehat, halus, dan lembap. Namun, apabila kamu mau mengaplikasikan rutinitas skincare yang lebih sederhana, kamu bisa mengacu pada konsep minimalist beauty a la Jepang! Konsep minimalist beauty yang dimaksud adalah konsep yang menekankan tahapan skincare mendasar dan esensial untuk memiliki kulit wajah bersih dan sehat. Pertama, double cleansing. Membersihkan kulit dengan face cleanser/makeup remover dan facial foam. Kedua, maintaining. Menjaga kesehatan dengan toner, moisturizer dan sheet mask untuk menutrisi kulit wajah. Ketiga, protecting. Menjaga kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV dengan sunscreen. Gimana? Sesuai dengan namanya ya konsepnya? Hihi.

 

Apapun konsep yang ingin kamu lakukan, tetap ingat agar mengaplikasikannya sesuai dengan urutan skincare yang benar dan tepat, ya! Karena pada akhirnya deretan skincare yang akan kamu gunakan akan sia-sia apabila kamu tidak mengaplikasikannya dengan tepat. Dan tentunya juga, tetap ingat untuk lakukan double cleansing dengan varian Senka agar kulit wajah tetap lembap alami, ya!