Logo Logo

Wajib Tahu! Ini Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur untuk Kulit

Faktanya, membersihkan muka setelah selesai beraktivitas itu penting, lho! Yuk, ketahui manfaat cuci muka sebelum tidur untuk kulit wajah pada artikel ini!

Jujur, kalian pernah nggak sih setelah seharian beraktivitas dan pas sampai di rumah rasanya mager alias males gerak buat mencuci muka? Tenang aja, hal itu wajar kok, Teman Senka! Sekali atau dua kali mungkin tak apa, tapi kebiasaan ini jangan dipelihara, ya. Karena percayalah, ada banyak manfaat cuci muka sebelum tidur yang bisa kamu rasakan, lho! Apa sajakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

1. Mencegah Infeksi Mata

Teman Senka pernah nggak sih terpikirkan kalau kita malas mencuci muka, efeknya nggak hanya bagi kulit, tetapi juga bisa ke mata kita, lho. Hmm, kok bisa? Ya, hal ini sangat mungkin terjadi, terutama kamu sedang mengenakan riasan mata seperti maskara, eyeliner, atau eyeshadow dan membiarkannya hingga esok hari tanpa mencuci muka. Lapisan maskara yang digunakan pada bulu mata mengandung bahan kimia di dalamnya. Jika dibiarkan menempel semalaman, bulu matamu dapat cepat rontok dan renggang. Serupa juga dengan pemakaian eyeliner dan eyeshadow, kedua kosmetik ini juga diformulasikan dengan bahan kimia yang dapat mengakibatkan iritasi atau infeksi pada mata jika dibiarkan terlalu lama.

 

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat cuci muka sebelum tidur selanjutnya adalah menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan sehat. Pada siang hari, kulit kita tentunya telah terpapar oleh debu, polusi, hingga sinar UV yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit wajah, salah satunya kulit kering. Dengan mencuci muka sebelum tidur, artinya kamu telah membersihkan kotoran yang menempel dan mengembalikan kadar air yang dimiliki oleh kulit wajah agar tetap lembap.

 

Tapi, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan nih, yaitu memilih sabun cuci muka atau facial foam yang lembut di kulit. Sehingga, tidak membuat kulitmu semakin kering atau memberikan sensasi ‘kencang yang berlebih atau keset’ setelah mencuci muka. Salah satunya, kamu bisa menggunakan facial foam dari Senka yang memiliki busa melimpah, untuk membersihkan kulit wajah dengan optimal dan mengurangi gesekan berlebih antara telapak tangan dengan kulit wajah yang dapat menyebabkan kulit kering. Worry not! Karena facial foam Senka tersedia dalam berbagai varian yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulitmu.

 

3. Mengurangi Risiko Munculnya Jerawat

Did you know, Teman Senka? Munculnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti pori-pori yang tersumbat serta bakteri yang menempel di wajah. Melewatkan rutinitas cuci muka sebelum tidur, apalagi dengan makeup yang masih menempel di wajah, bisa menyumbat pori-pori dan mengundang banyak bakteri untuk tumbuh, sehingga dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Nggak hanya jerawat, blackhead dan whitehead pun juga bisa muncul kalau kamu melewati rutinitas cuci muka sebelum tidur. Ugh, nggak banget, kan? Jadi, mulai sekarang, selalu pastikan kamu telah mencuci muka sebelum pergi tidur demi mengurangi risiko munculnya jerawat, ya!

 

4. Membersihkan Pori-pori Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, mencuci muka sebelum tidur dapat membersihkan kulit secara menyeluruh, bahkan hingga ke lapisan pori-pori. Hal ini penting banget, karena tersumbatnya pori-pori akibat kotoran atau produk makeup dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah produksi sebum atau minyak wajah yang berlebih, hal ini dapat mengakibatkan datangnya jerawat, komedo ataupun whitehead. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan deep cleansing menggunakan facial foam yang lembut di kulit seperti Perfect White Clay dari Senka. Varian yang satu ini diperkaya dengan Mineral White Clay yang mampu membantu bersihkan kulit wajahmu hingga ke lapisan pori-pori terdalam dan mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit bersih maksimal dan tampak lebih cerah.

 

5. Meningkatkan Proses Penyerapan Skincare

Apakah Teman Senka rutin memakai skincare sebelum tidur? Jika jawabannya ya, maka mencuci muka sebelumnya jadi hal yang nggak boleh kamu lewati, nih! Pasalnya, mencuci muka sebelum mengaplikasikan skincare seperti toner, serum, dan moisturizer dapat meningkatkan proses penyerapan skincare tersebut ke dalam kulit, lho. Untuk bekerja dengan maksimal, skincare perlu bekerja pada kulit wajah yang bersih. Adanya sisa makeup atau kotoran yang menempel pada wajah, akan membuat skincare yang kita gunakan kurang terserap sepenuhnya. Makanya, membersihkan wajah dan mencuci muka sebelum tidur jadi hal yang penting banget, salah satunya agar kulit dapat menerima nutrisi yang optimal dari skincare yang kamu gunakan. 

 

6. Melawan Kulit Kusam

Pasti Teman Senka setuju kan, kalau memiliki kulit wajah yang cerah merona merupakan impian semua orang. Nah, hal ini bisa kok kamu capai jika kamu rajin cuci muka sebelum tidur! Karena, mencuci muka sebelum tidur juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat menempelnya kotoran, debu, polusi, dan sisa makeup pada siang hari. Tapi, ingat untuk pastikan mencuci muka dengan gerakan yang lembut ya, Teman Senka! Karena, mencuci muka secara terburu-buru justru malah membuat kulit wajah menjadi kasar, kering, hingga iritasi. Lakukan dengan gerakan memutar sambil memijatnya dengan lembut, sehingga otot pada wajah menjadi rileks dan terjaga elastisitasnya.

 

Itu dia beberapa manfaat cuci muka sebelum tidur yang dapat kamu rasakan, Teman Senka. Setelah mengetahui beberapa manfaat di atas, semoga artikel ini bisa jadi pengingat supaya kamu nggak melewati cuci muka sebelum tidur sebagai rutinitas di malam hari, ya! Nah, untuk membuat rutinitas cuci mukamu jadi lengkap dan menyenangkan, kamu bisa pakai rangkaian Perfect Whip dari Senka yang sesuai dengan kulitmu dan melakukan metode 210! Selain mampu membersihkan kulit secara menyeluruh hingga ke lapisan pori-pori, Whip Senka yang besar, padat, dan melimpah ini juga dapat mengurangi friksi antara telapak tangan dan permukaan kulit wajahmu, sehingga terhindar dari kulit kering, iritasi dan kasar.  Keren banget kan?

 

So, what are you waiting for, Teman Senka? Just #WhipItPerfectly with Senka Perfect Whip to get your beautiful bare skin! Hihi.