Logo Logo

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Eksfoliasi Wajah

Kulit terlihat kusam dan tampak lelah? Bisa jadi karena kamu jarang melakukan eksfoliasi, Teman Senka. Yuk, ketahui 7 manfaat eksfoliasi wajah di artikel ini!

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah bikin tampilan kulit jadi kering, kusam, dan pori-pori terlihat jelas. Untuk itu, kamu perlu rutin melakukan eksfoliasi agar membantu pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk. 

Nah, ternyata masih ada manfaat lainnya dari eksfoliasi wajah untuk mencegah permasalahan kulit, lho. Penasaran ? Yuk, scrolling sampai akhir untuk tahu jawabannya, Teman Senka!

Manfaat Eksfoliasi Wajah

1. Mencegah Timbulnya Jerawat

Teman Senka, jerawat kerap kali disebabkan oleh penggunaan skincare/makeup yang kurang cocok, alergi, hingga perubahan hormon. Namun, sadarkah kamu bahwa kebersihan wajah juga menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat?

Wajah yang jarang dibersihkan membuat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan debu. Akibatnya, wajahmu jadi berjerawat karena tidak dibersihkan secara menyeluruh. Makanya, kamu perlu melakukan proses eksfoliasi untuk mempercepat proses penyembuhan jerawatmu. Selain itu, manfaat eksfoliasi wajah adalah untuk mengurangi produksi minyak, sehingga pori-pori bersih dan tidak tersumbat lagi. 

2. Mempercepat Proses Regenerasi Kulit

Faktanya, kulit melakukan regenerasi sel secara alami setiap 28-30 hari atau lebih lho!. Namun, sayangnya, apabila sel kulit mati tersebut tidak mengelupas sempurna yang berdampak pada tampilan kulit jadi kering dan memicu pori-pori tersumbat. Jika dibiarkan, kulit menjadi terlihat kusam dan lelah. 

Biar nggak gampang kusam, kamu bisa mempercepat proses regenerasi kulit dengan rutin cuci muka pakai Perfect Whip Berry Bright. Varian facial foam terbaru dari Senka yang mengandung Mixed Berries (Cranberry & Raspberry) yang kaya antioksidan dan butiran red beads-nya mampu deep cleansing kulit dengan lembut dan membuat segala jenis sel kulit mati terangkat dengan sempurna. Alhasil, kulit jadi bersih, cerah merona, dan lembap!

Psst, cek review Senka Perfect Whip Berry Bright di sini, yuk!

3. Mencerahkan Kulit

Bila sering beraktivitas di luar ruangan, biasanya ada area kulit wajah yang cenderung lebih gelap akibat sering terpapar matahari. Nah, dengan melakukan eksfoliasi bisa membantumu mencerahkan kulit wajah.

Soalnya, proses eksfoliasi dapat membuat sel kulit mati pada lapisan kulit teratas terkikis. Bila dilakukan secara berkala, mampu membuat kulit berubah dari kasar dan kusam, menjadi halus dan cerah, berkat pertumbuhan sel kulit wajah yang jauh lebih sehat.

4. Membersihkan Pori-pori

Selama beraktivitas, debu dan kotoran halus yang tidak terlihat dapat menempel di wajah. Belum lagi, tipe kulitmu berminyak dan jarang dibersihkan, wajah jadi rentan timbul jerawat, blackheads, dan whiteheads, hingga pori-pori terlihat besar akibat tersumbat.

Supaya membantu mengatasi dari masalah kulit tersebut, kamu bisa membersihkan wajah pakai Senka Perfect White Clay nih. Tak hanya mengangkat sel kulit mati saja, varian facial foam Senka yang mengandung Mineral White Clay juga mampu bertindak seakan-akan mengeksfoliasi wajah secara lembut untuk membersihkan kotoran, debu, dan sisa makeup yang tersisa hingga pori-pori. Hasilnya, permukaan kulit jadi bersih, pori-pori pun terbebas dari sumbatan dan terlihat lebih kecil deh.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Tahukah kamu, pertambahan usia membuat kulit jadi terasa lebih kasar saat disentuh? Salah satunya, itu dikarenakan penumpukan sel kulit mati yang terjadi setiap hari, membuat wajah jadi terlihat lebih tua dibanding seharusnya.

Oleh sebab itu, Senka menyarankan untuk melakukannya secara rutin agar manfaat eksfoliasi wajah dapat dirasakan secara optimal. Yang salah satunya adalah membantumu dalam mempertahankan kondisi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Hal ini bukan tanpa alasan, lho, Teman Senka! Pasalnya, eksfoliasi mendorong pengelupasan sel kulit sehingga wajah jadi kencang, kenyal, elastis, minim tampilan garis halus, hingga bebas kerutan.

6. Mengoptimalkan Penyerapan Skincare

Sel kulit mati yang menumpuk dapat membuat penyerapan skincare yang kamu gunakan tiap hari kurang optimal, lho! Bila tidak segera dibersihkan, kulitmu jadi terhambat mendapatkan nutrisi dan terlihat kusam.

Setelah selesai melakukan eksfoliasi dan kulit mati telah tersapu bersih, pori-pori wajah akan terbebas dari penyumbatan. Sehingga, produk perawatan yang kamu oleskan di wajah dapat bekerja lebih efektif dan maksimal.

7. Memperbaiki Tekstur

Teman Senka, meskipun sel kulit mati dapat mengelupas dengan sendirinya, tetap saja masih ada yang tersisa di wajah. Nah, penumpukan sel kulit mati tersebut membuat tekstur kulit jadi tidak rata dan kasar untuk disentuh.

Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, proses regenerasi sel bekerja sehingga sel kulit mati terangkat dan berganti dengan yang baru. Selain itu, wajah pun jadi terlihat bersih, segar, bercahaya, dan halus, Teman Senka!

Itu dia tujuh manfaat eksfoliasi wajah. Perlu diingat bahwa, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, Teman Senka! Pastikan kamu melakukan eksfoliasi secara berkala saja dan  menggunakan facial foam dan facial scrub yang lembut, sebanyak satu hingga dua kali saja selama seminggu bila kulitmu kering dan normal, atau tiga kali seminggu bila tipe kulitmu berminyak. Tujuannya, agar skin barrier-mu tetap terjaga dan bebas iritasi. Jangan lupa pula saat melakukan eksfoliasi, gosok wajah secara perlahan dengan gerakan memutar. After that, you can say good bye to acne and dull skin!

Glosarium:

  1. Eksfoliasi: Pengelupasan sel kulit mati sehingga wajah terbebas dari kotoran, debu, dan sisa makeup
  2. Antioksidan: Senyawa yang mampu melindungi sel kulit dari radikal bebas
  3. Blackhead: Komedo berwarna gelap dan keras yang terjadi akibat adanya penyumbatan sebum dan sel kulit mati.
  4. Whitehead: Komedo berwarna putih yang yang disebabkan oleh terperangkapnya sel kulit mati dan sebum di wajah.
  5. Kolagen: Jenis protein yang memberikan struktur pada rambut, kulit, kuku, tulang, dan tendon. 
  6. Facial Foam: Sabun muka dengan busa melimpah
  7. Facial Scrub: Sabun muka yang mengandung butiran halus, berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara digosok perlahan ke permukaan kulit wajah.