Logo Logo

Penting! Ini 7 Manfaat Glycerin untuk Wajah Cantik & Sehat

Sering menemukan kandungan glycerin pada skincare-mu, tapi nggak tau apa manfaatnya? Cek manfaat glycerin untuk wajah di sini yuk, Teman Senka!

Mendengar kata glycerin, rasanya sudah tak asing ya di dalam dunia produk perawatan wajah. Tapi, apakah kamu sendiri sudah mengetahui glycerin itu apa dan manfaatnya bagi kulitmu? Kalau belum, pastikan kamu baca artikel sampai habis ya, Teman Senka! Sehingga, kamu bisa tau apa dan manfaat glycerin untuk wajah, serta mengaplikasikannya secara optimal! Hihi.

 

Apa itu Glycerin?

Glycerin atau dikenal dengan glycerol, merupakan kandungan atau cairan tidak berwarna dan tidak berbau yang berasal dari sumber nabati. Kandungan ini sering digunakan pada berbagai produk skincare, yang fungsi utamanya untuk melembapkan kulit wajah. Pada dasarnya, glycerin bekerja seperti spons yang menarik air ke lapisan terdalam kulit, serta membantu memperlambat penguapan air dari kulit supaya kondisi kulit tetap lembap.

 

Lantas, apa saja manfaat Glycerin untuk wajah selain melembapkan kulit? Ketahui jawabannya di bawah ini yuk!

 

Manfaat Glycerin untuk Wajah

Sebelum mengetahui apa saja manfaat yang dapat diberikan glycerin pada kulit kita, ada satu hal yang perlu kamu ketahui lebih dulu nih, Teman Senka! Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, glycerin merupakan salah satu kandungan yang aman digunakan pada skincare dan dapat digunakan oleh semua tipe kulit, termasuk kulit sensitif atau acne-prone sekalipun. Hal ini dikarenakan sifat glycerin yang tidak menyumbat pori-pori dan tidak menimbulkan iritasi. Jadi, apapun tipe kulit yang kamu miliki, kamu tetap bisa merasakan banyak manfaat glycerin. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menjaga kekenyalan

Manfaat glycerin untuk wajah yang pertama adalah kemampuannya dalam menjaga kekenyalan. Yes, menggunakan skincare dengan kandungan glycerin di dalamnya mampu membuat dan menjaga kulit jadi kenyal dan lembut. Hal ini dikarenakan glycerin bertindak sebagai emolien, atau pelembut pada kulit. Bahan ini membuat kulit kita terhindar dari kulit kasar atau bersisik, dan menjaga kekenyalan alami yang dimiliki oleh kulit kita.

 

2. Mengunci kelembapan

Manfaat glycerin yang satu ini pasti sudah jelas kamu ketahui ya, Teman Senka! Glycerin mampu melembapkan dan menghidrasi kulit dengan efektif dengan menarik lebih banyak kelembapan, serta memperlambat penguapan air dari permukaan kulit yang kita miliki. Psst..kemampuan glycerin yang melembapkan kulit ini juga didukung oleh berbagai penelitian ilmiah, lho! Salah satunya dalam penelitian yang diterbitkan oleh Asian Journal of Beauty and Cosmetology, serta The Journal of Japanese Society of Balneology.

 

3. Mencegah penuaan dini

Salah satu cara menjaga kulit agar awet muda adalah menjaga hidrasi yang dimiliki oleh kulit. Kemampuan glycerin dalam mengunci kelembapan kulit wajah juga berfungsi untuk memperlambat penuaan dini, seperti kulit menjadi kasar, munculnya garis halus, dan kerutan pada kulit.

 

4. Melindungi dari radikal bebas

Munculnya kerutan dan flek hitam disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kulit yang terpapar radikal bebas berlebih. Kabar baiknya, glycerin dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga kulit terhindar dari berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

 

5. Membantu pemulihan masalah kulit

Ketika kulit mengalami luka, sel-sel pada kulit akan bekerja secara berangsur untuk menutupi luka pada kulit. Glycerin mampu mempercepat pemulihan masalah kulit, serta membantu perbaikan jaringan dan sel kulit. Tidak hanya itu, glycerin juga berfungsi sebagai obat alami pada beberapa masalah kulit seperti infeksi jamur, eksim, psoriasis dan memar.

 

6. Berperan sebagai toner

Kemampuan glycerin dalam menjaga kelembapan kulit juga menjadikannya sebagai bahan untuk dijadikan toner. Karena, selain mampu menjaga kelembapan, toner yang terkandung glycerin di dalamnya dapat membersihkan dan menjaga pH kulit sekaligus.

 

7. Mencegah timbulnya jerawat dan komedo

Sifat glycerin yang memiliki tingkat iritasi rendah juga cocok digunakan oleh kulit yang berjerawat dan memiliki komedo. Kenapa? Karena, glycerin merupakan bahan yang bebas minyak dan non-comedogenic, sehingga tidak akan memunculkan minyak berlebih pada kulit wajah yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Selain itu, glycerin juga dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat karena dapat menutrisi kulit untuk  bisa  sekaligus memperbaiki bekas luka.

 

Itu dia beberapa manfaat glycerin untuk wajah yang bisa kamu dapatkan! Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang diberikan glycerin pada kulit, pasti kamu tertarik untuk memasukkan skincare dengan kandungan glycerin untuk merawat kulit wajahmu, kan? Kabar baiknya, kamu bisa dapatkan  di rangkaian sheet mask dari Senka Indonesia! Sheet mask Senka yang tersedia dalam 3 varian berbeda, yaitu Perfect Aqua Bouncy Mask, Perfect Rich Mask, dan Perfect Aqua White Mask. Ketiganya, memiliki kandungan glycerin yang mampu menutrisi kulitmu dengan ekstra. Sehingga, kulit menjadi lembap, kenyal, awet muda, serta terhindar dari berbagai masalah kulit! Dapatkan rangkaian sheet mask dari Senka Indonesia untuk menutrisi kulit wajahmu 2x setiap minggunya di Senka Official Shop yang menyediakan pengiriman ke seluruh Indonesia,. Have a good day and don’t forget to pamper yourself with our sheet mask, Teman Senka!