Logo Logo

5 Manfaat Hyaluronic Acid, Bikin Kulit Kenyal dan Awet Muda!

Diklaim mampu melembapkan, ternyata Hyaluronic Acid juga punya beragam efek positif bagi kulit lho! Yuk, pahami manfaat Hyaluronic Acid di sini!

Salah satu kandungan yang jadi primadona pada produk kecantikan adalah Hyaluronic Acid. Dikenal bikin kulit terlihat sehat, kandungan ini punya beragam manfaat, mulai dari senantiasa membuat wajah jadi kenyal, tampak halus, awet muda, dan masih banyak lagi. Lantas, apa lagi ya manfaat Hyaluronic Acid lainnya? Simak artikel ini untuk mengenal lebih jauh mengenai manfaatnya, yuk!

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Kalau Teman Senka ingin memiliki wajah yang lembap dan kenyal, penting banget menggunakan skincare dengan kandungan Hyaluronic Acid. Asam hialuroniat atau Hyaluronic Acid merupakan jenis gula berwarna bening ditemukan secara alami di dalam tubuh yang bertugas menahan air agar kulit tetap terhidrasi. Saking hebatnya Hyaluronic Acid, kandungan ini mampu menahan seribu kali beratnya air lho. Sehingga, cocok digunakan untuk mengunci kelembapan kulit agar tidak menguap ke udara. 

Manfaat Hyaluronic Acid

Faktanya, Hyaluronic Acid memang dapat ditemukan secara alami oleh tubuh. Namun, seiring pertambahan usia, kadarnya jadi berkurang, sehingga Teman Senka butuh pakai produk perawatan dengan kandungan tersebut agar manfaat Hyaluronic Acid dapat kamu rasakan, di antaranya:

1. Melembapkan Kulit

Manfaat Hyaluronic Acid yang pertama adalah melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan Hyaluronic Acid memiliki kemampuan dalam mengikat air, hingga dapat menghidrasi sel dalam lapisan kulit sekaligus menarik air dari permukaan kulit. So, kulit wajah jadi lembap dan kenyal deh!

2. Meminimalisir Kerutan

Bertambahnya umur bikin kulit jadi gampang keriput akibat produksi kolagen yang menurun. Namun, untuk memperlambatnya, Teman Senka bisa menggunkan produk dengan kandungan Hyaluronic Acid, seperti Perfect Skin Fit Mask - HydratingEX Sea Grape dari Senka. Triple Hyaluronic Acid-nya mampu mempertahankan kelembapan wajah ekstra 48 jam.

Selain itu, sifat Hyaluronic Acid juga mampu mengisi kekosongan antar sel akibat kekurangan kolagen bantu jaga kekencangan kulit (apabila dipakai secara rutin), serta membuat wajah jadi bebas dari garis halus dan keriput.

3. Melawan Radikal Bebas

Tahukah Teman Senka, ternyata Hyaluronic Acid mampu melawan radikal bebas lho! Tinggi antioksidan, asam hialuronat dipercaya memberikan efek positif dalam menangkal polutan dan paparan sinar UV yang membahayakan kulit. Lama-kelamaan flek jadi ogah muncul dan risiko permasalahan kulit dapat diminimalsiir. 

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kemunculan jerawat biasanya diikuti oleh timbulnya luka di area kulit wajah. Nah, manfaat Hyaluronic Acid berikutnya adalah mempercepat penyembuhan luka, Teman Senka. Ini disebabkan oleh kemampuan Hyaluronic Acid dalam memancarkan sinyal tubuh hingga kepingan darah dapat dikirim lebih banyak ke area yang luka. Sifat antibakterinya juga mampu melindungi luka terbuka sampai risiko infeksi di kulit mengecil.

5. Memperkuat Skin Barrier

Seperti yang udah kita ketahui bersama, fungsi kulit memang untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas yang membahayakan kesehatan melalui lapisan teratas kulit (epidermis). Seiring bertambahnya usia, lapisan pelindung untuk menjaga kulit dari kehilangan cairan (skin barrier) mengalami kerusakan karena terpapar oleh polusi, sinar UV, hingga gaya hidup. Makanya, adanya Hyaluronic Acid untuk membentengi skin barrier dari kerusakan sekaligus memperkuatnya, sehingga kulit nggak gampang kering, bintik hitam tersamarkan, dan kamu jadi bisa tampil percaya diri

Itu dia lima manfaat Hyaluronic Acid yang perlu kamu ketahui. Supaya manfaatnya lebih terasa, perhatikan pula hal dasar dalam perawatan kulit. Contohnya, mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, serta memilih sabun muka yang cocok dengan kulitmu. Dengan pilihan dua jenis pembersih wajah (oil-based dan water-based), Senka mampu membantumu capai impian meraih #PerfectlyRenewedSkin

Glosarium:

  • Oil-based: Skincare dengan formula utama minyak.
  • Water-based: Skincare yang mengandung air sebagai bahan utama untuk merawat kulit agar tetap terhidrasi.