Logo Logo

Gak Cuma Bikin Glowing, Ini 8 Manfaat Lemon untuk Wajah

Selain bikin kulit glowing, ternyata manfaat lemon untuk wajah sangatlah beragam. Penasaran apa saja manfaatnya? Cek di sini untuk selengkapnya!

Dikenal kaya nutrisi dan vitamin yang tinggi, lemon cukup sering ditemui pada produk kecantikan sebagai kandungan yang mampu mencerahkan dan menjaga kulit tetap sehat. Namun, sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat lemon untuk wajah, selain sebagai pencerah. Apa saja sih? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

1. Mengobati Jerawat

Kulitmu berjerawat? Well, kamu perlu merasakan manfaat lemon untuk wajah nih, Teman Senka. Diyakini mampu mengatasi inflamasi akibat jerawat, lemon mengandung asam nitrat dan antimikroba yang dapat membunuh Propionibacterium acnes, bakteri penyebab jerawat di permukaan wajah.

Penggunaannya pun mudah, tinggal gunakan air dari lemon yang telah diperas, lalu celupkan kapas dan diamkan di wajah selama 10 menit. Selanjutnya, bilas wajah hingga bersih dan keringkan dengan permukaan handuk yang halus. Ingat, untuk selalu bersihkan wajah setelah menerapkan cara ini. Apabila masih menempel, air lemon cenderung menyebabkan sensasi perih di wajah yang dapat memicu iritasi kulit.

2. Melembapkan Wajah

Teman Senka, tahukah kamu bahwa kandungan pada lemon juga dikenal ampuh dalam melembapkan wajah? Hal ini karena lemon mengandung senyawa kalium atau potasium yang ampuh menyesuaikan pH kulit agar lembap dan terhidrasi. 

Untuk cara pemakaiannya, Teman Senka bisa mengompres wajah dengan kapas yang telah dibasahi perasaan air lemon selama 10-15 menit. Sifat antibakteri pada lemon mampu menjadi pelembap alami bagi kulit, sehingga kulit jadi terasa lebih kenyal.

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

Setelah timbul jerawat, biasanya bekasnya pun akan tersisa di kulit dan tak kunjung hilang. Kondisi ini emang bikin dongkol dan frustasi ya, Teman Senka. Nah, kabar baiknya, ternyata lemon bisa digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat juga, lho! Kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang terdapat pada air perasan lemon mampu memudarkan bintik hitam, serta mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit, sehingga bekas jerawat tersamarkan.

4. Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat lemon untuk wajah yang telah terbukti adalah mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan lemon memiliki asam sitrat dan Vitamin C yang tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang aman bagi kulit.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kaya antioksidan dan sumber Vitamin C, kulit lemon dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati. Apabila, sel kulit mati tidak dibersihkan dengan benar, akan menyumbat pori-pori wajah dan dapat memicu permasalahan kulit wajah yang serius. 

Kamu bisa memanfaatkan lemon dengan menjadikannya masker wajah. Caranya, ubah kulit lemon jadi bubuk dengan cara ditumbuk, campurkan tepung, dan susu dingin. Lalu,eksfoliasi wajah dengan cara scrub perlahan menggunakan campuran bahan tersebut.

6. Mengatasi Penuaan Dini

Kaya kandungan Vitamin C, manfaat lemon untuk wajah berikutnya adalah mampu menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, sehingga tanda-tanda penuaan dini, seperti bercak hitam, keriput dan pigmentasi pada wajah dapat teratasi.  Selain itu, lemon juga dapat merangsang produksi kolagen di kulit. Cukup campur lemon dengan madu dan oleskan secara teratur pada wajah, kulit menjadi cerah dan kenyal. 

7. Menghilangkan Komedo

Meskipun ukuran komedo terbilang kecil, tapi jika tidak segera diatasi mampu menimbulkan permasalahan kulit, seperti jerawat dan bekas jerawat, lho. Bila tak ingin mengalami hal tersebut, kamu bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan komedo kok. 

Kandungan asam sitrat pada lemon dapat mengangkat komedo dan sel kulit mati di wajah. Caranya, oleskan perasan lemon pada permukaan wajah (dalam keadaan bersih) yang dipenuhi komedo menggunakan cotton bud. Setelah itu, lakukan secara rutin hingga komedo dapat teratasi.

8. Meminimalisir Produksi Minyak Berlebih

Teman Senka, apakah tipe kulitmu berminyak? Kamu bisa mencoba usapkan lemon pada permukaan wajah, nih. Manfaat lemon untuk wajah dalam meminimalisir produksi minyak berlebih ini didapat dari kandungan asam sitrat yang mampu menjadi astringen atau zat untuk mengurangi sekresi. Sehingga, wajah jadi bebas kilap lama deh.

Wah, ternyata manfaat lemon untuk wajah beragam sekali ya, Teman Senka. Nggak heran  lemon cukup sering dijadikan kandungan pada produk perawatan wajah.

Mengetahui hal itu, Senka juga punya produk pembersih wajah dengan aroma citrus lemon menyegarkan, yaitu Senka Perfect Gel Gentle Wash, yang bisa kamu dapatkan di Senka Official Store. Selain itu, tekstur Mild Gel non-whip dengan kandungan Beauty Serum-nya mampu mengangkat kotoran di wajah dengan lembut, sehingga kulit pun jadi bersih, lembap, dan terhindar dari iritasi deh!