Logo Logo

Catat! Ini Segudang Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Selain bagus untuk kesehatan, banyak manfaat lidah buaya untuk wajah yang wajib kamu ketahui, nih! Penasaran apa saja? Intip langsung jawabannya, yuk!

Siapa sih yang nggak tau tanaman bertangkai pendek dengan daun hijau tebal yang menyimpan air bertekstur gel di dalamnya? Yup, tebakanmu benar! Tanaman itu adalah lidah buaya atau aloe vera. Pasti Teman Senka juga sudah familiar, kalau lidah buaya ini merupakan salah satu tanaman yang cukup sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan produk skincare atau kosmetik. Gimana, nggak? Tanaman ini kaya akan kandungan vitamin A, C, E, dan B12, yang tentunya memiliki manfaat lidah buaya untuk wajahmu.

 

1. Membantu penyembuhan luka

Teman Senka tau nggak sih, bahwa tanaman lidah buaya termasuk ke dalam obat tradisional yang sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit? Ya, tidak hanya pada bagian tubuh, lidah buaya juga mampu mempercepat penyembuhan luka seperti luka bakar, lecet, hingga luka bekas jerawat pada wajah. Karena di dalamnya terdapat kandungan keratinosit, senyawa glukomanan dan zat sterol yang berfungsi untuk merangsang regenerasi sel kulit, menyusun lapisan epidermis lebih cepat, dan merangsang kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

 

2. Mengurangi keriput dan garis halus

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini mungkin belum diketahui oleh banyak orang, ya. Faktanya, lidah buaya juga mampu mengurangi kerutan halus dan menjadi salah satu anti-aging agent yang baik untuk kulit. Kok bisa, sih? Tentu bisa, karena zat sterol dalam lidah buaya mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga dapat mencegah munculnya keriput pada wajah. Selain itu, lidah buaya juga diperkaya dengan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit, serta vitamin E yang kaya akan antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan membuatnya tetap kenyal.

 

3. Mencegah peradangan kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah mencegah peradangan kulit yang disebabkan oleh alergi, infeksi mikroba, dan penyakit autoimun. Karena lidah buaya memiliki sifat anti radang yang dapat menenangkan kulit yang meradang, seperti kemerahan dan munculnya rasa gatal serta panas.

 

4. Mengobati jerawat

Untuk kamu yang memiliki acne-prone skin, lidah buaya bisa membantu merawat kulit berjerawatmu, nih. Di antaranya adalah meredakan peradangan jerawat, mencegah bakteri penyebab jerawat tumbuh pada kulit, menghilangkan bekas jerawat, serta menjadi pelembap yang tepat untuk wajah berjerawat karena tidak menyumbat pori yang dapat menyebabkan munculnya minyak berlebih pada wajah.

 

5. Mencegah munculnya bintik hitam 

Munculnya bintik hitam atau dark spot memang kerap menurunkan kepercayaan diri kita. Ternyata, lidah buaya juga mampu mencegah terjadinya hiperpigmentasi pada kulit akibat paparan sinar UV atau bekas jerawat yang bisa menimbulkan bintik hitam pada wajah kita lho, Teman Senka. Karena lidah buaya memiliki senyawa bernama topikal aloesin. Senyawa ini diketahui mampu menghambat kulit dalam memproduksi melanin berlebihan yang dapat menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi pada kulit.

 

6. Melembapkan kulit

Kalau manfaat yang satu ini tidak perlu diragukan lagi ya, Teman Senka! Hihi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gel lidah buaya kaya akan kandungan vitamin E yang dapat berperan sebagai antioksidan sekaligus mampu mengunci kelembapan pada kulit tanpa membuatnya terasa berminyak.

 

7. Pembersih wajah alami

Siapa sangka, ternyata lidah buaya mampu membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati dengan lembut juga, lho! Kandungan salicylic acid atau asam salisilat pada lidah buaya berperan sebagai eksfoliator alami yang dapat membersihkan wajah tanpa membuat kulit iritasi.

 

8. Menenangkan kulit iritasi

Setelah terlalu lama beraktivitas di bawah teriknya matahari, seringkali kulit kita mengalami kemerahan dan iritasi akibat sinar UV. Dengan sifat sejuknya dan kandungan vitamin E yang dimilikinya, lidah buaya telah lama diandalkan juga sebagai bahan alami bagi kulit yang kemerahan, terbakar atau iritasi akibat sengatan sinar matahari.

 

9. Menjaga elastisitas kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang terakhir adalah menjaga elastisitas kulit agar tetap lembap, kenyal, dan terlihat awet muda. Yes, nggak salah lagi, hal ini karena kemampuan lidah buaya dalam merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit, serta kandungan vitamin E di dalamnya yang melimpah.

 

Banyak banget ya Teman Senka, manfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa kita dapatkan? Nah, Senka Indonesia punya satu lagi kabar baik untuk kalian, nih! Kabar baiknya, Teman Senka bisa mendapatkan segala kebaikan lidah buaya untuk kulit wajah lewat sheet mask Senka, yaitu Perfect Aqua White Mask - Soothing White yang mengandung Aloe Vera Extract, serta Active Brightening yang bisa kamu dapatkan melalui Senka Official Store. Selain banyak manfaatnya, sheet mask ini juga sangat praktis menemanimu melakukan kegiatan menyenangkan, seperti membaca buku, menonton film favorit, atau sekadar power nap di siang hari. Tapi, tetap ingat! Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu menggunakannya 2x seminggu selama 15-20 menit, ya. Happy pampering yourself with Perfect Aqua White Mask, Teman Senka!