Logo Logo

7 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sering ada pada skincare, manfaat rice bran oil sangatlah beragam, terutama dalam mengatasi permasalahan kulit. Baca di sini untuk tahu selengkapnya!

Teman Senka, saat ini sudah ada banyak produk perawatan kulit yang memasukkan essential oil dalam salah satu kandungannya, ya. Mulai dari grapeseed oil, olive oil, lavender oil, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah kamu, ternyata ada satu lagi jenis minyak yang punya banyak manfaat bagi kulit lho, yaitu rice bran oil!

Lebih dikenal sebagai minyak bekatul di Indonesia, minyak ini kerap digunakan sebagai bahan pakan ternak karena berasal dari lapisan terluar bulir padi (dedak). Faktanya, negara luar, seperti Jepang dan Korea, rice bran oil ini kerap dipakai untuk berbagai produk perawatan kecantikan, lho. Proses mendapatkannya ialah, dengan mengekstraksi kulit ari padi sehingga mengeluarkan minyak yang kaya antioksidan dan dapat dipakai untuk merawat kesehatan kulit. 

Lantas, apa aja sih manfaat rice bran oil untuk kesehatan kulit wajah? Simak artikelnya di sini ya!

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat rice bran oil yang pertama ialah, bisa digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV, lho! Kandungan ferulic acid dan allantoin di dalamnya dapat digunakan sebagai tabir surya atau sunscreen alami, sehingga kulit terhindar dari efek negatif sinar UV.

2. Menutrisi Kulit

Manfaat rice bran oil selanjutnya adalah menutrisi kulit. Hal ini dikarenakan rice bran oil mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan sel dan mencegah kerusakan pada kulit dari sinar UV. Untuk merasakan manfaatnya, pijatlah wajah menggunakan rice bran oil selama 10-15 menit sebelum dibersihkan.

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Polusi, debu, dan radikal bebas merupakan penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini. Untuk mencegah efek buruknya, skincare dengan kandungan tinggi antioksidan, seperti squalene, tocotrienol, dan Vitamin E yang ada pada rice bran oil bisa digunakan untuk membantu mengurangi flek dan kerutan halus di kulit. Pst, menariknya lagi, minyak jenis ini juga ampuh dalam melembapkan area kulit yang gampang kering lho. So, bisa banget dipakai untuk mengurangi mata panda dan kantung mata.

4. Menjaga Skin Barrier Tetap Sehat

Supaya kulitmu nggak gampang breakout, penting untuk menjaga skin barrier tetap sehat nih, Teman Senka. Salah satunya adalah membersihkan kulit dengan metode double cleansing, menggunakan produk yang mengandung rice bran oil, seperti Senka A.L.L Clear Oil. Kandungan oryzanol dengan antioksidan 10x lebih banyak daripada Vitamin E mampu lunturkan makeup waterproof, mengangkat kotoran, dan menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit sekaligus lho, Teman Senka. Yuk, cek kemampuannya membersihkan wajah dengan lembut di video ini!

5. Kontrol Produksi Sebum

Kalau kulitmu berminyak atau kombinasi berminyak, penggunaan rice bran oil bisa dimanfaat untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit wajahmu lho! Kandungan squalane yang ringan dan gampang meresap di kulit, bisa mengontrol produksi sebum, sehingga wajah tetap lembap tanpa membuatnya jadi banjir minyak deh.

6. Mengecilkan Tampilan Pori-pori

Teman Senka, seperti yang kita tau, ukuran pori-pori kulit tiap manusia emang berbeda-beda. Namun, kalau ukurannya membesar, dapat memicu tumbuhnya jerawat dan bikin tekstur kulit jadi kurang mulus. Agar tidak terjadi, mulailah merawat kulit wajahmu agar pori-pori wajah tidak membesar, salah satunya dengan menggunakan produk dengan rice bran oil. Bila diaplikasikan secara rutin, minyak tersebut akan membuat kulit lebih halus hingga pori-pori pun mengecil. 

7. Bantu Atasi Hiperpigmentasi

Manfaat rice bran oil yang terakhir adalah bantu atasi hiperpigmentasi. Setelah terpapar sinar matahari, sering kali timbul belang di wajah, bintik gelap, hingga warna kulit yang tidak merata. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan rice bran oil di permukaan wajah dan diamkan selama 10-15 hari setiap harinya. Konsentrasi antioksidannya yang tinggi dapat melancarkan aliran darah, menyembuhkan luka, serta mencegah pembentukan melanin, penyebab utama hiperpigmentasi. Sehingga, warna kulit terlihat cerah merata.

That’s it! Setelah mengetahui 7 manfaat rice bran oil di atas, Teman Senka jadi tertarik buat cari skincare dengan kandungan rice bran oil nggak, nih? Jika iya, kamu bisa menggunakan produk pembersih makeup dengan kandungan rice bran oil, seperti Senka A.L.L Clear Oil, yang dapat kamu beli di Senka Official Store. Setelah dibersihkan, jangan lupa bilas wajah pakai facial wash yang sesuai tipe kulit, serta gunakan moisturizer untuk mengunci kelembapannya ya!

Glosarium:

  • Essential Oil: Minyak bersifat aromaterapi yang berasal dari tumbuhan alami dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Ferulic Acid: Kandungan antioksidan yang dapat menetralisir kerusakan akibat radikal bebas.
  • Squalane: Kandungan yang dapat melembapkan dan mempertahankan skin barrier, serta mampu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.