Logo Logo

Catat! Ini 4 Manfaat Salicylic Acid bagi Kulit Berminyak

Tak hanya sebagai anti-inflamasi, masih ada beragam manfaat salicylic acid bagi kulit. Apa saja? Klik di sini untuk info selengkapnya!

Apa Itu Salicylic Acid?

Sebelum membahas tentang manfaat Salicylic Acid, Teman Senka harus tahu dulu nih kelompok acid yang digunakan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Nah, ada dua jenis yang sering digunakan, yaitu Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). 

Meskipun punya nama yang mirip, kedua jenis ini memiliki struktur molekul yang berbeda lho, Teman Senka! Kelompok AHA, seperti Citric Acid, Glycolic Acid dan Lactic Acid mampu larut dalam air. Sedangkan, kelompok BHA, salah satu jenisnya adalah Salicylic Acid larut di dalam minyak.

Cara Kerja Salicylic Acid

Saat diaplikasikan di kulit, kedua kelompok acid ini punya cara kerja yang sama, yakni mengangkat sel kulit mati yang menempel di kulit dengan cara mempercepat proses pemutusan ikatannya. Kalo udah putus, sel kulit mati jadi lebih gampang dibersihkan, sehingga wajah nggak lagi terasa kasar dan kusam deh!

Karena Salicylic Acid ini bisa larut dalam minyak, makanya Ia mampu menembus lapisan minyak yang ada di pori-pori dan mengeksfoliasi kotoran, debu, polusi, dan sel kulit mati yang menyumbat di dalamnya. So, nggak usah heran bila jenis BHA yang satu ini kerap direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Soalnya, kandungan alami yang ditemukan dari kulit pohon willow ini juga punya anti-inflamasi yang mampu memperbaiki kondisi kulit wajah bila dipakai terus-terusan sih!

Manfaat Salicylic Acid

1. Mengeksfoliasi Sel Kulit Mati

Umumnya, kulit berjerawat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, bakteri, dan produksi minyak berlebih di permukaan kulit wajah. Nah, manfaat Salicylic Acid yang pertama adalah mengeksfoliasi sel kulit mati, kotoran, dan bakteri membandel yang menumpuk di pori-pori, Teman Senka. Dengan terangkatnya sel kulit mati, tampilan kulit jadi jauh lebih bersih deh!

2. Mengatasi Jerawat

Nggak hanya mampu mengeksfoliasi sel kulit mati, manfaat Salicylic Acid berikutnya adalah mengatasi jerawat berkat kemampuannya dalam mengurangi dan mengatur sekresi sebum dengan cara memecah ikatan antar sel di lapisan luar kulit. Setelah dipecah, zat iritan yang menyumbat pori-pori ini lebih mudah dibersihkan. Akibatnya, pertumbuhan jerawat jadi jauh terkontrol.

3. Menyamarkan Tampilan Pori

Teman Senka, Salicylic Acid juga efektif dalam memperkecil tampilan pori-pori berkat kandungan astringent-nya yang mampu mengangkat minyak berlebih dan mengencangkan kulit. Jadi, pori-pori pun terlihat lebih halus dan tersamarkan.

4. Membersihkan Komedo Membandel

Permasalahan kulit sering kali timbul akibat adanya komedo di wajah. Dengan Salicylic Acid, permasalahan komedo dapat teratasi karena Salicylic Acid bekerja dengan cara membersihkan debu dan sisa makeup di pori-pori yang memicu timbulnya komedo di wajah. Nantinya, kotoran tersebut akan diangkat bersamaan dengan busa yang terdapat pada facial wash yang mengandung Salicylic Acid.

So, gimana, Teman Senka? Semoga kamu lebih paham setelah membaca manfaat Salicylic Acid, ya! Nah, karena manfaatnya yang banyak banget untuk kulit, Senka membuat produk khusus yang mengandung Salicylic Acid nih. Yup, Senka Perfect Whip Acne Care! 

Facial wash ini diluncurkan khusus untuk mengurangi tampilan jerawat dan kulit berminyak, yang mana nggak hanya ada Salicylic Acid-nya aja nih. Ada pula kandungan Kyoto Chamomile Extract yang kaya antioksidan dan antibakteri juga dapat mencegah kerusakan lebih lanjut, serta White Cocoon Essence dan Double Hyaluronic Acid juga bantu jaga kelembapan kulit wajah sekaligus. Paket komplit, ya?

So, kalau kamu ingin merasakan manfaat Salicylic Acid, langsung aja jadiin Senka Perfect Whip Acne Care sebagai rangkaian skincare routine-mu. Segera dapatkan produknya di Senka Official Store ya, Teman Senka!

Glosarium:

  • Alpha Hydroxy Acid (AHA): Kelompok asam yang berasal dari makanan dan dikenal mampu mencerahkan kulit.
  • Beta Hydroxy Acid (BHA): Senyawa asam yang efektif dalam membantu pengelupasan sel kulit mati (eksfoliasi).
  • Astringent: Bahan dalam skincare yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan menghambat produksi minyak berlebih di kulit.