Logo Logo

Sayonara jerawat! Ini 8 Manfaat Teh Hijau untuk Wajahmu

Apakah kamu penggemar teh hijau? Kalau iya, kamu wajib banget untuk tau segudang manfaat teh hijau buat wajah di artikel ini!

Saat mendengar teh hijau di dunia kecantikan pastinya kalian sudah familiar, bukan? Faktanya bahan alami yang satu ini memang penuh dengan manfaat untuk kecantikan kulit wajahmu. Salah satu alasannya, teh hijau atau green tea ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Nah, antioksidan-nya itulah yang bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Tapi, nggak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari teh hijau. Yuk, baca selengkapnya manfaat teh hijau untuk wajah di bawah ini.

 

1. Meredakan jerawat

Percaya nggak, kalau teh hijau mampu meredakan jerawat pada kulit wajah. Hmm..kok bisa sih? Tentu bisa dong, Teman Senka! Teh hijau memiliki kandungan senyawa bernama katekin, yaitu senyawa polifenol yang kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri. Nggak heran deh, kalau kandungan teh hijau mampu meredakan jerawat yang meradang!

 

2. Melawan penuaan dini

Ngomong-ngomong soal menjaga kulit supaya awet muda, ternyata kamu bisa memanfaatkan kehebatan dari teh hijau ini lho, Teman Senka. Pasalnya, teh hijau diperkaya dengan molekul antioksidan bernama epigallocatechin gallate atau biasa disingkat dengan EGCG, yang dapat melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Antioksidan bernama EGCG ini berfungsi memperbaiki sel kulit wajah yang rusak, mengangkat sel kulit mati untuk mengganti kulit kusam menjadi kulit cerah dan sehat.

 

Nah, selain EGCG, terdapat satu kandungan dalam teh hijau lagi yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah nih, Teman Senka. Kandungan tersebut adalah vitamin B2 yang dapat menjaga kadar protein kolagen pada kulit. Sehingga, kulit tetap terjaga elastisitasnya, kencang dan awet muda.

 

3. Mengontrol produksi minyak

Memiliki minyak berlebih, apalagi sampai menyumbat pori-pori pada wajah itu memang nggak banget! Setuju kan, Teman Senka? Untungnya, masalah ini juga bisa diatasi dengan kandungan teh hijau, lho. Yes, kandungan polifeno di dalamnya berfungsi mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih di kulit. Jadi, kulit wajah menjadi lembap tanpa sebum berlebih yang dapat menyumbat pori, deh!

 

4. Menenangkan kulit iritasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang baik bagi kulit berkat senyawa polifenol di dalamnya. Nah, ternyata manfaat polifenol tidak berhenti pada meredakan peradangan jerawat saja, tetapi anti-inflamasi pada teh hijau juga efektif untuk menenangkan kulit iritasi yang ditandai dengan kemerahan, rasa gatal, hingga pembengkakan, lho.

 

5. Melembapkan kulit

Yes! Meskipun mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, teh hijau tidak akan membuat kulitmu kering dengan sensasi ‘ketarik’, Teman Senka. Di sisi lainnya, Teh hijau memiliki kandungan vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi, serta mengurangi tekstur kulit yang kasar.

 

6. Mencegah potensi kanker kulit

Mungkin bisa dibilang hal ini sudah familiar, kalau salah satu cara umum untuk mencegah potensi kanker kulit adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari. Namun, Teman Senka tau nggak sih, kalau teh hijau juga mampu mencegah risiko penyakit ini?? Hal ini karena kandungan epicatechin gallate atau ECH. Pasalnya, kandungan ini mampu melawan radikal bebas, di mana hal itu menjadi salah satu penyebab sel DNA pada kulit rusak akibat sinar UV  yang dapat mengakibatkan munculnya sel kanker pada kulit.

 

7. Membantu menghilangkan kantung mata

Apakah Teman Senka memiliki kantung mata berupa lingkaran hitam pada area sekitar mata? Tenang aja, masalah ini juga bisa diatasi oleh teh hijau. Kandungan antioksidan dan senyawa katekin dalam teh hijau juga mampu merevitalisasi kulit di sekitar area mata sehingga dapat mengurangi kantung mata, mengurangi bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam di area mata.

 

8. Mengatasi masalah jerawat

Nah, manfaat teh hijau untuk wajah yang terakhir adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah jerawat pada kulit. Selain dapat meredakan jerawat yang meradang, teh hijau juga mampu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah jerawat datang lagi. Lagi-lagi, hal ini berkat sifat teh hijau yang kaya akan antioksidan, anti-bakteri dan anti-inflamasi yang disebabkan oleh senyawa polifenol di dalamnya. Sayang banget deh sama teh hijau! Hihi.

 

Tak disangka, ternyata selain nikmat untuk dikonsumsi, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah ya, Teman Senka! Nggak heran deh, kalau teh hijau dijadikan sebagai bahan utama pada banyak skincare. Setelah melihat berbagai manfaat teh hijau untuk wajah di atas, kamu pasti mau dong bisa mendapatkannya? Nah, nggak usah jauh-jauh, kamu bisa mendapatkanya di dalam produk Senka, nih! Hihi.

 

Pertama adalah A.L.L Clear Water Fresh, makeup remover berbahan dasar air yang ringan, tanpa pewarna dan aroma tambahan yang diformulasikan dengan Uji Green Tea atau Teh Hijau Uji dari Kyoto, Jepang. Makeup remover ini mampu membersihkan 3 lapisan kotoran di wajah: heavy makeup, polusi, hingga minyak berlebih pada wajah. Selain diformulasikan dengan Uji Green Tea, makeup remover ini juga dilengkapi dengan Double Hyaluronic Acid dan White Cocoon Essence yang berfungsi untuk menjaga kelembapan wajah dan mencerahkan di saat yang sama tanpa meninggalkan kulit wajah terasa kering dan tertarik.

 

Kedua merupakan facial foam dari Senka bernama Perfect Whip Fresh. Serupa dengan makeup remover-nya, facial foam yang lembut di kulit ini juga diformulasikan dengan Uji Green Tea yang kaya akan antioksidan untuk membersihkan wajah dari debu, minyak berlebih dan sisa makeup hingga ke dalam pori dan membuat tampilan wajah bebas kilap atau matte lebih lama. Perfect Whip Fresh juga tetap dilengkapi dengan Double Hyaluronic Acid serta White Cocoon Essence untuk menutrisi kulit dengan sempurna agar tetap lembap dan cerah.

 

Kenapa sih, kedua produk Senka di atas menggunakan teh hijau atau green tea yang berasal dari Kyoto, tepatnya pegunungan Uji di Jepang? Hal ini karena kota kecil yang terletak di Uji, terkenal sebagai produsen teh hijau terbaik di Jepang dari segi kualitas bagi tubuh dan kulit, maupun rasanya. Nah, khasiat dari teh hijau asal Uji ini, hanya bisa kamu dapatkan melalui A.L.L Clear Water Fresh dan Perfect Whip Fresh, Teman Senka! Satu lagi, Kedua produk Senka di atas sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki tipe kulit normal to oily dan bisa didapatkan melalui Senka Official Store secara online. Namun, jika kamu ingin mendapatkannya secara offline, kamu bisa membelinya di cabang Guardian, Watsons, atau Sociolla terdekat. Happy cleansing and have a nice day ahead, Teman Senka!