Logo Logo

Wajib Tahu, Sebelum Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Bingung cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam? Yuk, ketahui 5 penyebabnya terlebih dahulu di artikel ini!

Kulit wajah kering dan kusam biasanya akan terlihat terkelupas, kemerahan, tidak cerah, saat terpapar cahaya. Nah, sebelum mengatasi kulit wajah kering dan kusam, ada baiknya kalau kamu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, kamu juga bisa mencegah dan mengurangi melakukan hal yang menyebabkan kondisi kulitmu menjadi semakin parah. Untuk selengkapnya, kamu bisa lihat rangkuman 5 penyebab kulit wajah kering dan kusam di bawah ini, ya.

Genetik

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, ingat pepatah itu? Ternyata nggak hanya sikap saja yang bisa menurun dari orang tua kita, Teman Senka. Tapi, kondisi kulit wajah juga bisa menyerupai dengan kondisi kulit dari orang tua. Hal ini tidak 100% persis, tapi secara garis besar kondisi kulit itu bisa menggambarkan dari kulit yang dimiliki kedua orang tua. Dengan begitu, kamu bisa antisipasi dan mengetahui lebih baik untuk merawat dan mengatasi kulit wajah kering dan kusam.

Faktor lingkungan

Selanjutnya, kulit wajah kering dan kusam juga bisa disebabkan dari lingkungan. Cara paling mudah untuk membuktikannya adalah ketika kamu pergi ke luar kota/negeri, atau mungkin sesederhana tinggal di daerah yang memiliki cuaca yang beda dari biasanya. Biasanya, daerah yang memiliki cuaca yang terlalu panas/dingin sangat berpotensi menjadi penyebab kulit wajahmu menjadi kering ataupun kusam. Karena saat cuaca panas/dingin, kelembapan kulit otomatis akan menurun dan mengakibatkan kulit wajah menjadi kering dan kusam. Begitu juga kalau kamu berada di sekitar dengan sumber panas, seperti api unggun, pemanas ruangan, dan di bawah sinar matahari di atas jam 10 dalam waktu yang terlalu lama tanpa perlindungan sunscreen.

Karena itu, penting sekali untuk memperhatikan lingkungan di mana kamu berada dan mempersiapkan perawatan yang tepat untuk mengatasi kulit wajah kering dan kusam dengan baik.

Facial Foam yang Tidak Sesuai

Nah, pemilihan facial foam yang tepat penting banget buat diperhatikan juga, Teman Senka. Apabila kamu memakai facial foam yang terlalu keras atau tidak cocok dengan jenis dan kondisi kulit wajahmu, maka tak heran hal tersebut bisa memicu beragam masalah kulit dan membuat kulit wajah menjadi kering dan kusam. Karena itu, pastikan kamu memakai facial foam yang tepat dengan jenis kulit wajahmu. Sehingga, kamu bisa mengatasi kulit wajah kering dan kusam dengan tepat juga.

Senka Indonesia memiliki beragam varian facial foam yang sesuai dengan tiap jenis kulit. Mulai dari Perfect Whip, Perfect Whip Fresh, Perfect Whip White, Perfect Whip Collagen In, Perfect Whip Acne Care, dan A.L.L. Clear Double Wash.

Kurang Istirahat

Tidak hanya membuat imunitas tubuh menurun, tetapi kurang istirahat juga bisa membuat kondisi kulit wajahmu kering dan kusam. Istirahat adalah waktu di mana kulit sedang melakukan proses regenerasi. Apabila kamu tidak beristirahat dengan optimal/kurang, artinya kamu sedang mengurangi waktu dari proses dari perbaikan sel kulit wajahmu. Pastikan kamu beristirahat di malah hari setidaknya 7-8jam setiap harinya. Untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit dan  mengatasi kulit wajah kering dan kusam dengan baik, pastikan kamu telah melakukan double cleansing. Lalu, gunakan sheet  mask dari Senka Indonesia, atau krim malam sebelum tidur.

Sinar UV Berlebih

Faktor terakhir yang bisa membuat kulit wajahmu kering, bahkan kusam, adalah paparan sinar UV berlebih. Terlebih, kalau kulit wajahmu tidak terlindungi dengan sunscreen sebelum terpapar sinar UV. Karena, faktanya paparan sinar UV dapat membuat kelembapan kulit wajah berkurang dan dapat merusak lapisan kulit. Sehingga, kulit wajah pun menjadi mudah kering dan kusam, serta memicu masalah kulit lainnya, seperti flek hitam, agespot, hingga kanker kulit. Maka dari itu, ingat untuk memakai sunscreen sebelum kamu beraktivitas dan reapply setiap 2-3jam. Lalu, bersihkan kulit wajah dengan double cleansing setelahnya ya, Teman Senka!

Nah, itu dia lima faktor utama yang perlu kamu ketahui sebelum mengatasi kulit wajah kering dan kusam. Dengan mengetahui terlebih dahulu, tentunya kamu bisa tahu terlebih dahulu dan dapat merawat kulit wajahmu dengan tepat. Selain itu, penting juga untuk melakukan double cleansing baik itu sebelum, maupun setelah beraktivitas ya, Teman Senka! Pilih varian cleanser dan sheet mask sesuai dengan kondisi kulit wajahmu selengkapnya di Senka Official Shop.