Logo Logo

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Jangan sampai bekas jerawat bikin kamu nggak percaya diri. Ketahui cara ampuh menghilangkan bekas jerawat di sini!

Memiliki kulit wajah berjerawat, tidak hanya mengurangi penampilan terbaik seseorang, tetapi jerawat juga bisa meninggalkan bekas (cenderung menghitam) pada permukaan kulit. Kabar baiknya, kamu bisa mencegah dan bahkan menghilangkan bekas jerawat kok, Teman Senka! Caranya gimana? Yuk, simak cara selengkapnya di sini!

Pakai Produk dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat pertama yang perlu kamu lakukan adalah memakai produk perawatan yang memakai bahan alami. Adapun bahan alami yang baik untuk kulit wajah, seperti lemon, lidah buaya, tomat, mentimun, madu, oatmeal, dan putih telur. Produk skincare dengan bahan alami biasanya akan jauh lebih nyaman (lembut), aman dari rasa iritasi, mengurangi kulit terpapar racun/kimia, dan tentunya ramah lingkungan.

Kamu bisa telusuri lagi mana bahan alami yang cocok dan ampuh untuk bantu menghilangkan bekas jerawat. Karena setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda. 

Pakai Sunscreen

Selanjutnya, memakai sunscreen adalah hal penting juga untuk dilakukan agar dapat menghilangkan bekas jerawatmu, lho. Faktanya, dilansir dari Healthline, sunscreen berfungsi melindungi melanin atau pigmen alami pada kulit. Sehingga, kulit terhindar dari photoaging dan bisa bantu menyamarkan bekas jerawat yang membandel. Apabila kamu melewatkan pemakaian sunscreen, justru bisa membuat bekas jerawatmu menghitam dan lebih sulit lagi untuk dihilangkan. Jadi, jangan sampai lupa untuk pakai sunscreen, ya!

Lakukan Double Cleansing

Nah, poin ini juga nggak kalah penting, Teman Senka! Setelah memakai produk perawatan wajah berbahan alami dan sunscreen, penting untuk membersihkan kulit wajahmu kembali. Pastikan kamu melakukan double cleansing ini secara rutin baik sebelum, maupun setelah beraktivitas. Diawali dengan facial cleanser dan mencucinya dengan facial foam, pastikan kandungan pembersih wajahmu lembut dan cocok untuk kulit yang sedang berjerawat. Sehingga kotoran, debu, dan minyak yang menempel pada wajah seharian menumpuk dapat dibersihkan dengan lembut dan terjauh dari jerawat.

Mikrodermabrasi

Salah satu perawatan wajah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang cukup ampuh adalah mikrodermabrasi. Prosedur perawatan ini dilakukan dengan mengeksfoliasi lapisan terluar kulit yang secara efektif membantu mengangkat minyak yang menumpuk dan kotoran di dalam pori-pori yang berpotensi memicu timbulnya komedo dan juga jerawat. Segala hiperpigmentasi ataupun darkspot yang biasanya muncul karena bekas jerawat juga dapat dirawat melalui treatment ini.

Namun, perlu diketahui bahwa treatment mikrodermabrasi ini lebih disarankan untuk masalah jerawat yang ringan, seperti whitehead atau blackhead. Apabila jerawatmu masih aktif, kemerahan, bengkak, dan meradang, treatment ini sangat tidak disarankan. Karena, mikrodermabrasi dapat memicu yang lagi jerawat aktif tersebut justru meradang, menyebar, dan semakin parah. Sehingga, menimbulkan bekas jerawat yang semakin susah untuk dihilangkan.

Hindari Makanan Berlemak

Nah, tidak hanya memperhatikan perawatan di luar saja, tapi kamu juga perlu memperhatikan asupan tubuhmu. Khususnya bagi kamu yang sedang berjerawat, atau rentan jerawat penting untuk menghindari makanan yang berlemak. Contohnya, pizza, kentang goreng, daging berlemak, alpukat, atau coklat. Apabila kamu mengonsumsinya berlebihan, maka jerawat akan lebih mudah untuk muncul karena penumpukan lemak pada kulit.


Nah, itu dia lima cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan, Teman Senka. Apapun cara yang kamu pilih, pastikan untuk menyeimbangkan perawatan dari dalam dan luar agar lebih maksimal, ya. Khususnya untuk double cleansing dan masker, kamu bisa percayakan dengan rangkaian dari Senka Indonesia. Pilih varian yang kamu inginkan dan order langsung di Senka Official Shop untuk mendapatkannya. Apabila kamu masih bingung varian mana yang cocok untukmu, cek terlebih dahulu ke Ask Senka untuk mendapatkan rekomendasi tepat. Selamat mencoba, Teman Senka!