Logo Logo

12 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Bekas jerawat emang mengganggu penampilan, tapi bukan berarti sulit diatasi. Yuk, cek 12 cara menghilangkan bekas jerawat ini biar makin pede jalani hari!

Salah satu faktor yang dapat mengganggu penampilan seseorang adalah memiliki kulit yang gampang berjerawat. Sebab, jerawat dapat meninggalkan noda hitam atau hiperpigmentasi, yang terjadi akibat adanya peradangan kulit. Namun, tak usah khawatir karena kamu bisa mencegah dan bahkan menghilangkan bekas jerawat kok, Teman Senka! Caranya gimana? Yuk, simak cara selengkapnya di sini.

1. Pakai Produk dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat pertama yang perlu kamu lakukan adalah memakai produk perawatan yang memakai bahan alami. Adapun bahan alami yang baik untuk kulit wajah, seperti lemon, lidah buaya, tomat, mentimun, madu, oatmeal, dan putih telur. Produk skincare dengan bahan alami biasanya akan jauh lebih nyaman (lembut), aman dari rasa iritasi, mengurangi kulit terpapar racun/kimia, dan tentunya ramah lingkungan.

Kamu bisa telusuri lagi mana bahan alami yang cocok dan ampuh untuk bantu menghilangkan bekas jerawat. Karena setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda. 

2. Rutin Double Cleansing

Nah, poin ini juga nggak kalah penting, Teman Senka! Setelah menerapkan beberapa cara di atas, penting untuk membersihkan kulit wajahmu kembali. Pastikan kamu melakukan double cleansing ini secara rutin baik sebelum, maupun setelah beraktivitas. Diawali dengan cleansing water/oil/milk dan mencucinya dengan facial foam, pastikan kandungan pembersih wajahmu lembut dan cocok untuk kulit yang sedang berjerawat. Sehingga kotoran, debu, dan minyak yang menempel pada wajah seharian menumpuk dapat dibersihkan dengan lembut dan terjauh dari jerawat.

3. Oles Madu

Teman Senka, madu dikenal sebagai bahan alami yang juga mampu menghilangkan bekas jerawat lho! Pasalnya, madu mengandung anti-bakteri dan anti-radang yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit sekaligus menutrisi, sehingga dianggap efektif dalam meminimalisir risiko pembentukan jaringan parut (scar) pada luka akibat jerawat.

Apabila Teman Senka tertarik untuk merasakan manfaatnya, kamu cukup mengoleskan madu murni pada bekas jerawat, diamkan selama 15-20 menit, dan bilas. Kalau dilakukan secara rutin, tampilan bekas jerawat pada wajah dapat tersamarkan kok! 

4. Usap Pakai Toner AHA

Tahukah, Teman Senka? Ternyata, nggak semua skincare bisa menghilangkan bekas jerawat lho! Kamu perlu selektif memilih kandungan agar permasalahan kulit cepat hilang dan wajah jadi nggak gampang breakout

Salah satu kandungan aktif yang dapat memudarkan noda di wajah adalah Alpha Hydroxy Acids (AHA). Bekerja dengan mengelupas stratum korneum atau lapisan kulit terluar, toner yang mengandung AHA dapat mempercepat proses regenerasi kulit sekaligus merangsang produksi kolagen. Sehingga, sel kulit mati diganti dengan sel kulit yang lebih sehat dan kulit kenyal seketika. Win-win solution banget, kan?

5. Aplikasikan Sheet Mask

Bicara soal bekas jerawat, kamu juga perlu menggunakan perawatan yang mampu meminimalisir hiperpigmentasi. Sebab, bekas jerawat yang umumnya timbul berupa noda menggelap di wajah. Nah, salah satu cara menghilangkan bekas jerawat di wajah adalah menggunakan sheet mask varian Perfect Aqua White Mask - Extra White dari Senka. Diformulasikan dengan Active Brightening dan Rose Essence, lembaran masker ini mampu bantu menyamarkan noda hitam dan membuat tampilan kulitmu cerah berseri apabila digunakan secara rutin. 

6. Gunakan Serum Vitamin C

Salah satu manfaat dari Vitamin C adalah meratakan warna kulit berkat sifat anti-inflamasinya yang mampu meredakan peradangan. Supaya tampilan bekas jerawatmu segera memudar, kamu bisa menambahkan serum Vitamin C ke dalam rangkaian produk perawatan kulitmu dan gunakan dua kali sehari. 

Eits, namun perlu diingat bahwa, Vitamin C sensitif pada cahaya matahari nih, Teman Senka. So, jangan lupa aplikasikan sunscreen juga, ya!

7. Pakai Sunscreen

Selanjutnya, memakai sunscreen adalah hal penting juga untuk dilakukan agar dapat menghilangkan bekas jerawatmu, lho. Faktanya, dilansir dari Healthline, sunscreen berfungsi melindungi melanin atau pigmen alami pada kulit. Sehingga, kulit terhindar dari photoaging dan bisa bantu menyamarkan bekas jerawat yang membandel. Apabila kamu melewatkan pemakaian sunscreen, justru bisa membuat bekas jerawatmu menghitam dan lebih sulit lagi untuk dihilangkan. Jadi, jangan sampai lupa untuk pakai sunscreen, ya!

8. Hindari Makanan Berlemak

Nah, tidak hanya memperhatikan perawatan di luar saja, tapi kamu juga perlu memperhatikan asupan tubuhmu. Khususnya bagi kamu yang sedang berjerawat, atau rentan jerawat penting untuk menghindari makanan yang berlemak. Contohnya, pizza, kentang goreng, daging berlemak, alpukat, atau coklat. Apabila kamu mengonsumsinya berlebihan, maka jerawat akan lebih mudah untuk muncul karena penumpukan lemak pada kulit.

9. Mikrodermabrasi

Salah satu perawatan wajah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang cukup ampuh adalah mikrodermabrasi. Prosedur perawatan ini dilakukan dengan mengeksfoliasi lapisan terluar kulit yang secara efektif membantu mengangkat minyak yang menumpuk dan kotoran di dalam pori-pori yang berpotensi memicu timbulnya komedo dan juga jerawat. Segala hiperpigmentasi ataupun dark spot yang biasanya muncul karena bekas jerawat juga dapat dirawat melalui treatment ini.

Namun, perlu diketahui bahwa treatment mikrodermabrasi ini lebih disarankan untuk masalah jerawat yang ringan, seperti whitehead atau blackhead. Apabila jerawatmu masih aktif, kemerahan, bengkak, dan meradang, treatment ini sangat tidak disarankan. Karena, mikrodermabrasi dapat memicu yang lagi jerawat aktif tersebut justru meradang, menyebar, dan semakin parah. Sehingga, menimbulkan bekas jerawat yang semakin susah untuk dihilangkan. Selain itu, penting untuk diingat bahwa treatment ini butuh dilakukan di bawah pengawasan dokter. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu sebelum memulainya ya!

10. Chemical Peeling

Kalau tadi sheet mask bisa digunakan sambil maraton Netflix, Chemical Peeling nggak bisa dilakukan sendiri di rumah, Teman Senka. Mengandung asam yang dapat mengangkat sel kulit mati, Chemical Peeling bekerja dengan cara merusak lapisan teratas kulit agar sel kulit yang sehat dapat timbul kembali. Mengingat cara ini super powerful dalam menghilangkan bekas jerawat, Senka sarankan untuk lakukan treatment ini di bawah pengawasan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk meminimalisir efek buruknya ya!

11. Konsumsi Makanan Tinggi Gizi

Makanan tinggi gizi yang kaya Zinc dan Omega-3 berperan dalam menghilangkan bekas jerawat. Sebab, makanan tinggi antioksidan, seperti ikan salmon, daging unggas, dan kacang almond dapat mendorong proses penyembuhan kulit akibat jerawat sampai tampilan bekas jerawat dapat diminimalisir.

12. Laser

Kalau Teman Senka ingin menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, well, prosedur laser di klinik kecantikan bisa jadi opsi yang dapat kamu pilih. Panas dari laser dapat ditargetkan pada pembuluh darah yang terdapat pada bekas luka hingga sel kulit mati terangkat. Jadi, jangan heran kalau melihat orang yang melakukan treatment laser, kulitnya jadi kemerahan.

Penting! Mengingat tindakan ini bersifat ablatif (merusak lapisan kulit teratas), Senka ingatkan untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk meminimalisir efek samping yang timbul ya, Teman Senka.

Nah, itu dia 12 cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan, Teman Senka. Apapun cara yang kamu pilih, pastikan untuk menyeimbangkan perawatan dari dalam dan luar agar lebih maksimal, ya. Khususnya untuk double cleansing dan masker, kamu bisa percayakan dengan rangkaian dari Senka Indonesia. Pilih varian yang kamu inginkan dan order langsung di Senka Official Store untuk mendapatkannya. Apabila kamu masih bingung varian mana yang cocok untukmu, cek terlebih dahulu ke Ask Senka untuk mendapatkan rekomendasi tepat. Selamat mencoba, Teman Senka!

Glosarium:

  • Double Cleansing: Kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan dua bahan berbeda. 
  • Mikrodermabrasi: Tindakan untuk mengatasi bekas luka di wajah dengan menghaluskan bagian terluar dari permukaan kulit. 
  • Chemical Peeling: Pengelupasan menggunakan cairan asam pada permukaan kulit.
  • Laser: Prosedur kecantikan menggunakan energi cahaya gelombang untuk meregenerasi sel kulit yang rusak.