Logo Logo

Penuhi 8 Nutrisi untuk Kulit agar Lembap dan Glowing

Tak hanya pakai skincare, kulit juga perlu dinutrisi dari dalam untuk jadi glowing. Cari tahu jenis nutrisi untuk kulit yang wajib dipenuhi di artikel ini, yuk!

Punya kulit yang bersih dan sehat itu sebuah anugerah ya, Teman Senka. Kulit yang lembap, sehat, dan bersinar dapat menunjang penampilan, sehingga kepercayaan diri pun jadi meningkat. Untuk mendapatkannya, tak cukup kalau hanya rutin perawatan skincare dari luar saja saja. Teman Senka perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam juga agar kulit bisa menjadi sehat secara optimal. Nah, berikut ini 8 nutrisi untuk kulit yang wajib kamu penuhi untuk menjaga kesehatan kulit. Apa saja sih? Simak infonya ya, Teman Senka!

1. Asam Lemak Esensial

Nutrisi untuk kulit yang pertama berasal dari asam lemak esensial. Dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol, jenis lemak tak jenuh ini juga mampu mengatasi jerawat, mengurangi kemerahan akibat peradangan, mencerahkan sekaligus melembapkan kulit. Apabila ingin merasakan manfaatnya, Teman Senka bisa mengubah pola makan, contohnya melakukan diet Mediterania yang banyak mengonsumsi asam lemak esensial, seperti ikan, alpukat, atau minyak zaitun. 

2. Vitamin A

Tahukah Teman Senka, ternyata Vitamin A tak hanya baik bagi mata, tapi berperan dalam memelihara kesehatan kulit, lho. Kandungan betakaroten pada Vitamin A yang kaya antioksidan membuatnya mampu memberikan efek positif bagi kulit, seperti memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencerahkan wajah, menghaluskan kulit, dan juga bantu mengontrol timbulnya jerawat. 

Supaya manfaat dari Vitamin A lebih terasa, Teman Senka bisa mengonsumsi wortel, susu, keju, telur, atau sayuran berdaun hijau tua lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk dengan senyawa aktif Retinoid (turunan dari Vitamin A) yang dapat mempercepat proses regenerasi sel. 

3. Vitamin C

Selain Vitamin A, Vitamin C juga termasuk salah satu nutrisi untuk kulit lho. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga tanda penuaan dapat dicegah sejak dini. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan Vitamin C dalam rangkaian skincare routine milikmu atau konsumsilah buah sitrus (jeruk dan lemon) atau sayuran, seperti brokoli, bayam, dan paprika merah. 

4. Vitamin D

Selanjutnya, zat gizi yang baik bagi kulit adalah Vitamin D. Sebagai vitamin yang dapat larut dalam lemak, Vitamin D erat kaitannya dengan sistem imunitas tubuh. Kalau fungsi kekebalan memburuk, skin barrier jadi lemah dan berpotensi terjadi peradangan pada kulit, Teman Senka. Demi mempercepat proses pemenuhan nutrisi untuk kulit tersebut, masukan sumber Vitamin D, seperti ikan salmon, minyak hati ikan kod, telur, sereal dan oatmeal dalam daftar makanan harianmu ya!

5. Vitamin E

Serupa dengan Vitamin C yang yang kaya antioksidan, Vitamin E diyakini mampu mengurangi peradangan, mempercepat proses regenerasi kulit, melembapkan, meningkatkan elastisitas kulit, serta menjaga kulit dari paparan sinar matahari berlebih karena dapat melawan radikal bebas. Makanya nggak usah heran kalo nutrisi ini sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Soalnya, Vitamin E dibutuhkan epidermis kulit untuk memperbaiki sel yang rusak. Biar asupan Vitamin E makin maksimal, santaplah makanan yang mengandung Vitamin E tinggi, contohnya bayam, alpukat, brokoli, serta kacang almond. 

6. Zinc

Zinc atau seng punya peranan penting bagi kesehatan kulit. Mulai dari mengatasi peradangan, memproduksi sel baru, mengatasi jerawat, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.  Namun, sayangnya, mineral yang satu ini nggak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh nih, Teman Senka. Untuk mendapatkan manfaatnya, Teman Senka dapat mengonsumsi suplemen dengan kandungan zinc, gandum utuh, atau daging merah.

7. Vitamin B Kompleks 

Bicara soal nutrisi untuk kulit, nggak lengkap rasanya kalo nggak membahas Vitamin B Kompleks. Sebagai zat dasar pembentuk sel tubuh, Vitamin B Kompleks mengandung kadar biotin yang dapat meminimalisir risiko dermatitis (peradangan pada kulit), serta memastikan kulit terhidrasi dan cerah secara alami. Untungnya lagi, Teman Senka nggak usah repot mencari asupan biotin karena Vitamin B ini bisa dijumpai pada makanan, seperti nasi, oatmeal, pisang, dan telur. 

8. Protein

Nggak cuma berfungsi sebagai pembentuk otot, protein juga berperan bagi kesehatan kulit lho, Teman Senka. Mengetahui bahwa sebagian besar struktur kulit berasal dari serat elastin yang berasal dari protein. Sehingga, saat mengonsumsi makanan berprotein tinggi, tubuh mengolahnya menjadi asam amino yang berperan untuk pembangunan jaringan tubuh, memproduksi dan meregenerasi sel tubuh, serta melindungi sel kulit dari sinar UV. Agar kulit sehat dan terhindar dari bruntusan, konsumsilah sumber makanan dalam protein, seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan. 

Nah, setelah mengetahui dan memenuhi 8 nutrisi untuk kulit lewat konsumsi makanan dan suplemen, pastikan agar kesehatan dan perawatan kulit dari luar dilakukan juga, seperti rutin membersihkan wajah pakai makeup remover dan facial wash dari Senka Indonesia, serta rajin mengaplikasikan pelembap dan sunscreen. Tujuannya, agar permukaan kulit jadi bersih dari debu, kotoran, polusi dan sisa makeup, sehingga kandungan pada pelembap dan sunscreen dapat menyerap dan memproteksi wajah secara maksimal. 

Untuk mendapatkan rekomendasi varian pembersih wajah yang sesuai tipe kulit, kamu bisa cek ke Ask Senka. Nantinya, Senka Indonesia akan menjawab permasalahanmu sekaligus merekomendasikan produk yang tepat agar kamu bisa mendapatkan #PerfectlyRenewedSkin ya!